multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Kandungan Katekin Dalam Teh Hijau Untuk Amandel

Kandungan Katekin Dalam Teh Hijau Untu Amandel
Katekin Dalam Teh Hijau
Artikel Informasi Kesehatan Kandungan Katekin Dalam Teh Hijau Untuk Amandel - Radang amandel bisa dialami oleh siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan seseorang untuk mengurangi radang amandel yang dialami, salah satunya dengan mengonsumsi teh hijau.

Amandel terletak di belakang mulut, melapisi sisi tenggorokan. Jika ada bakteri atau virus yang menginfeksi, maka amandel jadi sakit yang sering disertai dengan iritasi, kemerahan, peradangan dan tenggorokan terasa gatal.

Meski begitu studi menemukan teh hijau bisa membantu melawan bakteri dan virus sehingga mengurangi peradangan dan menenangkan iritasi yang ada, seperti dikutip dari Livestrong, Sabtu (24/3/2012).

Kandungan katekin dalam teh hijau. Peneliti dari Iowa State University menuturkan teh hijau mengandung katekin, yaitu antioksidan yang bisa meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan protein khusus yang menyerang virus dan bakteri.

Teh hijau bisa membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan memerangi infeksi bakteri dan virus yang bisa menyebabkan amandel bengkak. Dan peneliti dari University of Maryland Medical Center merekomendasikan untuk konsumsi teh hijau bebas kafein untuk tingkatkan imunitas.

Selain itu teh hijau juga bisa bertindak sebagai anti-inflamasi dan berpotensi mengurangi rasa sakit pada amandel. Antioksidan Epigallocatechin gallate atau EGCG bisa membantu mengurangi peradangan dalam tubuh termasuk amandel.

Serta teh hijau memiliki sifat dapat menghambat pertumbuhan bakteri serta membantu mengurangi dan menetralisir bakteri yang terjebak dalam kantong amandel yang bisa menyebabkan infeksi.

Direkomendasikan untuk mencampur 1 sendok teh teh hijau dengan 1 cangkir air mendidih dan didiamkan selama 10 menit. Untuk memaksimumkan kekebalan tubuh dan meningkatkan manfaatnya disarankan konsumsi 2-4 cangkir teh hijau setiap hari - Kandungan Katekin Dalam Teh Hijau Untuk Amandel.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive