multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Ingin Cepat Hamil Kurangi Olahraga Berlebihan

Ingin Cepat Hamil Kurangi Olahraga Berlebihan
Hamil
Artikel Informasi Kesehatan Ibu dan Anak Ingin Cepat Hamil Kurangi Olahraga Berlebihan - Olahraga yang berlebihan selama ini diketahui menjadi salah satu faktor pemberat bagi wanita yang ingin punya anak. Penemuan baru menunjukkan meski dalam porsi yang kecil olahraga dengan kategori kuat pun bisa mempengaruhi kesuburan.

 "Kami terkejut menemukan bahkan dalam jumlah yang relatif kecil dari aktivitas fisik yang kuat tampaknya memiliki dampak pada kesuburan," kata Lauren A. Wise, ScD, seorang profesor epidemiologi di Boston University School of Public Health seperti diansir dari WebMD, Jumat (16/3/2012).

Aerobik, senam, berenang, dan bersepeda secara rutin dianggap sebagai olahraga berat. Sedangkan jalan cepat, bersepeda santai, golf, dan berkebun dianggap olahraga tingkat sedang.

Maka itu jika ingin cepat hamil, disarankan kurangi dulu jumlah olahraga yang berlebihan tapi hanya melakukan olahraga dengan kategori sedang saja seperti jalan cepat.

Aktivitas fisik tingkat sedang ditemukan menguntungkan perempuan dari semua jenis tubuh dalam sebuah studi baru yang meneliti dampak berolahraga pada kesuburan.

Sedangkan olahraga secara rutin tampaknya dapat meningkatkan waktu untuk konsepsi bagi wanita dengan berat badan normal, tetapi tidak bagi wanita yang kelebihan berat badan.

Bagi wanita dengan berat badan normal yang melakukan olahraga penuh semangat selama 5 jam atau lebih dalam seminggu memiliki kemungkinan sekitar 42 persen lebih kecil untuk dapat hamil dalam setiap bulan daripada wanita yang tidak berolahraga sama sekali.

Semakin kuat atau berat olahraga yang dilakukan pada wanita dengan berat badan normal, maka kemungkinan untuk terjadi pembuahan dan kehamilan lebih rendah.

Penelitian tersebut telah melibatkan sekitar 3.000 wanita yang mencoba untuk hamil dan tidak menerima perawatan kesuburan. Tingkat aktivitas diukur dengan kuesioner tunggal yang diisi oleh para peserta penelitian setelah masuk dalam penelitian.

Ingin cepat hamil kurangi olahraga berlebihan. Hasil penelitian tersebut, antara lain:

1. Olahraga berat tampaknya tidak menunda waktu pembuahan pada wanita dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

2. Melakukan olahraga berat selama 5 jam atau lebih dalam seminggu mengurangi hampir setengah kemungkinan hamil pada bulan tertentu.

Hal tersebut berlaku di antara wanita yang telah mencoba namun gagal untuk hamil selama beberapa bulan sebelum masuk dalam penelitian.

3. Olahraga tingkat sedang untuk waktu yang lama dikaitkan dengan sedikit penurunan untuk kehamilan bagi wanita dari semua jenis tubuh.

Pesan yang berguna untuk wanita dengan kelebihan berat badan dan obesitas adalah bahwa olahraga apapun tampaknya lebih baik daripada tidak sama sekali. Kelebihan berat badan merupakan faktor risiko infertilitas, dan temuan ini menunjukkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kesuburan pada wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas.

"Wanita yang tidak berolahraga sama sekali, harus didorong untuk mau beroloahraga ketika mencoba untuk hamil. Kebanyakan wanita yang sudah aktif secara fisik harus dapat terus berolahraga tanpa khawatir bahwa hal itu akan berdampak negatif kesuburan. Wanita yang berolahraga untuk menghilangkan stres tentu harus tetap berolahraga ketika ingin hamil kecuali ada alasan medis untuk melakukannya," kata Robert Brzyski, MD, PHD, seorang ahli kandungan di Texas - Ingin Cepat Hamil Kurangi Olahraga Berlebihan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive