multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Arti Galau


Kalau ada kata paling populer di Twitter, bisa jadi kata itu adalah Galau.
Hampir setiap buka timeline di Twitter, saya menemukan kata ‘galau’ entah dengan hashtag ataupun tidak. Sepertinya,Twitter tempat pas bagi orang-orang yang sedang galau.
Banyak hal membuat orang jadi galau. Diputus pacar, bikin galau. Bertengkar dengan pacar, galau. Kelamaan menjomblo, juga sering jadi galau. Diomelin orangtua atau atasan, juga bikin galau. Ini itu galau. Apa-apa bikin galau.
Tapi benarkah kata ‘galau’ telah digunakan dengan tepat sesuai peruntukkannya?  http://wanharwan.blog.com
Cara terbaik menelisiknya adalah berpaling ke Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi IV (2008), dikatakan ‘galau’ berarti kacau (tentang pikiran); ‘bergalau’ berarti (salah satu artinya) kacau tidak keruan (pikiran); dan ‘kegalauan’ berarti sifat (keadaan hal) galau. http://wanharwan.blog.com
Merujuk ke defenisi menurut kamus Keadaan Galau adalah saat pikiran sedang kacau tak keruan. Orang yang tengah galau pikirannya sedang kacau.
Kacau dalam kamus diartikan (salah satunya, terutama berkaitan dengan pikiran) kusut (kalut) tidak keruan. Contoh kalimatnya: ‘Pikirannya bertambah kacau mendengar berita itu’.
Menurut saya, galau bukan kata yang pas untuk menunjukkan sebuah keadaan pikiran yang tengah tidak dalam keadaan baik. Karena kata ‘kacau’ yang terdapat dalam makna ‘galau’ lebih tepat dengan suasana kalang kabut dan kusut. http://wanharwan.blog.com
Mengecek ke Google Translate dan buku Kamus Indonesia-Inggris John M. Echols dan Hasan Shadily, bahasa Inggris galau adalah hubbub dan confusion. Artinya, galau lebih dekat dengan suasana pikiran yang tengah bingung.
Bahasa Indonesia menyediakan kata lain yang lebih tepat, ‘gundah’. Di KBBI, ‘gundah’ berarti sedih, bimbang, gelisah. Dilengkapi jadi ‘gundah gulana’ berarti keadaan sangat sedih atau sedih dan lesu.
Untuk suasana hati yang sering disebut tengah ‘galau’ rasanya lebih pas bila mengatakannya tengah ‘gundah’. http://wanharwan.blog.com
Lantas, bagaimana mengatasi hati yang gundah alias galau? Jawabannya, mengutip dari twitter @Poconggg, ‘bershowerlah. Eaaa…. ‘
Dan dibawah ini merupakan kata-kata galau
    • Kapan sih lo bisa ngehargain gue? kapan lo bisa nganggep gue ada?
    • Semoga pacar baru kamu bisa jagain kamu lebih baik dari aku. Take care. http://wanharwan.blog.com
    • Berikan senyum terbaikmu sebelum kamu menghapus namaku dihatimu, karna mungkin dengan begitu aku akan dengan mudah memberikan maaf suatu hari nanti
    • Gue cemburu karna gue sayang sama lo,NGERTI!
    • Nangis, kesel, putus asa, kecewa, marah, patah hati, cemburu itu yang gw rasain ke lo !
    • Gila diatur-atur mulu. Pacaran sama orang apa rambu lalu-lintas?
    • Bukan perpisahan yang ku tangisi, tapi pertemuan yang ku sesali
    • Padahal lo sering BEGETE bikin gue nyesek, tp kenapa gua msh sayang sama lo yah ?
    • Bintang ngga akan bersinar tanpa kamu disisiku :-D
    • Angin…sampaikan sejuta salamku padanya dan rindu yg mendalam . http://wanharwan.blog.com
    • Menunggu CINTA mu itu seperti menunggu KOPAJA jurusan kuburan, yang gak akan pernah datang..
    • Lo dulu ngebuang gue kayak sampah , sekarang lo sujud-sujud minta balikan lagi sama gue ?? EGP !!
    • Cinta itu kaya kembang api, bersinar indah tapi gak tahan lama.
    • Jangan ngomongin keadilan deh, kalo masih banyak jomblo yang belum kebagian cinta.
    • Cinta gak bisa dipaksa..itu kenyataannya !!
    • Aku ngga cemburu, aku cuma ngga suka ada orang yang bikin kamu ketawa selain aku !!!
    • Cinta bagai Matahari. Ia tetap terangi bulan walau malam menjelma. Terkadang gerhana, namun cerah nya kembali.
    • Belajar kejujuran dari kebohongan, belajar kesetiaan dari sebuah pengkhianatan !!
    • Sebut namaku jika kau rindukan aku.
    • Gue sayang Lo melebihi apapun, jadi peliss jangan sia-siakan gue !! http://wanharwan.blog.com
    • Mendingan nahan laper deh dari pada nahan kangen :-D
    • T.W.I.T.T.E.R = (T)his (W)onderful (I)nternet (T)hing (T)hat’ll (E)ventually (R)uin your Life.
    • Cinta adalah caraku bercerita tentang dirimu, caraku tersenyum saat menatapmu dan caraku menatap kepergianmu.
    • Aku punya celengan rindu, yang menunggu kau pecahkan.
    • Hanya kau yang bisa mengubah semua tuk menjadi indah !
    • Mencintai itu butuh waktu, begitu juga untuk melupai. Tapi lebih susah melupai daripada mencintai.
    • Hanya air mata dan sesal kurasa didepanku kau bercinta.
    • Galau adalah masa transisi dari keterpurukan menuju sesuatu yg lebih baik. :) http://wanharwan.blog.com
    • Cinta memang butuh pengorbanan tapi ada 3 hal yang tak perlu kamu korbankan untuk cinta: 1. Agama (Tuhan), 2. Keluarga, 3. Harga diri.
    • Saat gue sedih.. Gue mau lo selalu ada buat nyeka air mata gue.
    • Paling kesel kalo suka sama sahabat dan pasti di bilang ‘Cukup jadi sahabat aja’
    • Aku telah kecewa, lelah ku tersenyum, lelah ku bersandiwara. Aku ingin pergi dan berganti hati.
    • Nyesek ketika harus membohongi perasaan kalau hati ini masih butuh dia. http://wanharwan.blog.com
    • Cinta kita itu kaya bulan sama matahari, meski ada dilangit yang sama, tapi ga akan pernah bertemu.
    • Dulu aku memfollow hatimu dengan tulus, dan kamu memfollbacknya, namun sekarang apa? kau telah unfollow hatiku lalu memblocknya. (Twitter kali akh :) )
    • Aku ga ngerti sama kamu kenapa jadi dingin gini, aku udah kasih semuanya buat kamu, tp kamu selalu masih anggap aku sebelah mata.
    • Di malam yang dingin ini cuma satu harapan aku, yaitu bisa dipeluk erat olehmu. Tapi apa daya, kau telah memeluk orang lain.
    • Tidak hanya es yang dingin dan hancur, tapi hatiku juga dingin membeku dan hancur saat kau campakkan aku.
    • Makan rambutan diatas paku, angin bertiup semakin dingin dan beku. Jangan kau beri harapan padaku, seperti ingin tapi tak mau.
    • Walaupun aku tak bisa menggapai bulan dan bintang, tapi aku tetap berusaha untuk menggapai cintamu.
    • Aku sudah bilang cinta, menunggu pun aku rela, lama kau tak beri jawaban, seketika kau bilang ‘Maaf baiknya kamu pergi saja’.
    • Bis kalo di terminal udah dapet penumpang langsung pergi, sama kayak kamu udah dapet semuanya, setelah itu kamu pergi.
    • Kau boleh saja benci aku, tapi tolong jangan kau tak acuhkan diriku.
    • Ribuan hari aku menuggumu, yang aku sangka kamu beri aku harapan, tapi ternyata hanya harapan kosong, apakah tak ada sedikitpun tempat untukku di hatimu ??
    • Hatiku kau anggap kudapan, setelah habis kau biarkan dingin, buat apa kusimpan harapan, jika kau malah pergi dengan yang lain.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive