NO | DIAGNOSA KEPERAWATAN | TUJUAN & KRITERIA HASIL (NOC) | INTERVENSI (NIC) |
1. | Kerusakan komunikasi verbal berhubungan dengan perubahan persepsi, kondisi emosional. DS : - DO : Saat berkomunikasi klien tidak kontak mata, klien menunduk, kadang berkata tanpa arti dan tidak berhubungan. Klien cenderung diam/autistik | TUPAN : Klien tidak mengalami kerusakan komunikasi vebal dan menunjukkan kemampuan melakukan komunkasi verbal dengan orang lain dengan cara yang sesuai dan dapat diterima. TUPEN : 1. Setelah berinteraksi selama 3xpertemuan, klien mampu bertahan pada satu topik pembicaraan denan indikator/kriteria hasil : a. Kata-kata/kalimat-kalimat yang digunakan tepat/sesuai dengan topik pembicaraan. b. Kontak mata baik, mau menatap lawan bicara 2. Setelah dilakukan interaksi selam 3xpertemuan, klien mampu menerima pesan komunikasi dengan indikator/kriteria hasil : a. Klien dapat menginterpretasikan pembicaraan orang lain. b. Klien dapat menginterpretasikan bahasa non verbal 3. Setelah berinteraksi dengan keluarga selama 1xpertemuan, klien mendapat dukungan dan dapat memanfaatkan dukungan keluarga dalam perawatan dirinya dengan indikator/kriteria hasil: a. Klien mendapat dukungan keluarganya selama dalam perawatan. b. Keluarga mengunjungi klien secara periodik/teratur. c. Klien mampu mengungkapkan perasaan dan pikirannya. | 1. Mendengar Aktif (Active Listening) a. BHSP b. Buat tujuan interaksi yang jelas c. Buat suasana tenang. d. Hindari hal-hal yang negatif selama interaksi e. Dengarkan pembicaraan klien f. Gunakan teknik validasi dan klarifikasi g. Gunakan teknik mengatakan secara tidak langsung h. Fokuskan pembicaraan pada satu topic. i. Anjurkan untuk berbicara pelan-pelan, tenang dan jelas j. Gunakan bahasa yang konsisten pada saat berinteraksi k. Anjurkan klien untuk mempertahankan kontak mata 2. Stimulasi Kognisi dan Restrukturisasi Kognisi a. Kaji kemampuan klien menangkap dan menerima isyarat non verbal dari orang atau lawan bicara. b. Bantu klien mengidentifikasi informasi yang diterima c. Bantu klien mengidentifikasi interpretasi yang salah terhadap pesan/informasi yang diterima. d. Bantu klien memperbaiki interpretasi yang salah. e. Berikan informasi yang tepat, singkat dan berurutan dari yang sederhana sampai dengan yang kompleks. f. Kuatkan dan ulangi informasi/pesan yang diberikan g. Minta klien untuk mengulang pesan/informasi yang diterimanya terebut. h. Beri reinforcement kepada klien. i. Libatkan klien dalam TAK 3. Tingkatan keterlibatan keluarga (Family Involvement Promotion) a. Kaji perepsi keluarga terhadap kejadian dan situasi yang menjadi factor pencetus. b. Kaji pengetahuan keluarga tentang cara merawat klien c. Berikan informasi tentang kondisi klien kepada keluarganya. d. Jelaskan pentingnya keterlibatan keluarga dalam perawatan klien. e. Jelaskan strategi/cara merawat dan berkomunikasi f. Dorong klien untuk mengungkapkan keinginan dan harapannya dari dukungan keluarga g. Fasilitasi pertemuan klien dan keluarga secara periodik/teratur. h. Libatkan klien dalam TAKS. |
2. | Gangguan persepsi sensori berhubungan dengan ketidakseimbangan biokimia penyebab distorsi sensori (halusinasi) DS : Klien mengatakan pernah melihat makhluk aneh, besar dan berwarna merah saat magrib. Klien mengatakan bahwa dirinya adalah orang lain. DO : Kadang klien terlihat bicara dan tersenyum-senyum sendiri, konsentrasi kurang, perubahan pola komunikasi | TUPAN : Klien mampu menetapkan dan menguji realita/kenyataan, serta menyingkirkan kesalahan persepsi sensori. TUPEN : 1. Setelah dilakukan interaksi selama 3xpertemuan klien mampu membina hubungn saling percaya dengan indikator/kriteria hasil : a. Menunjukkan pemahaman verbal b. Menunjukkan gerakan dan ekspresi wajah yang rileks. c. Menunjukkan kontak mata, mau menjawab salam, menyebutkan nama, mau duduk berdampingan/berhadapan. 2. Setelah dilakukan tindakan interaksi selama 3xertemuan klien mampu mengenal halusinasi dengan indikator/kriteria hasil : a. klien mampu memnyebutkan waktu, isi, frekuensi munculnya halusinasi b. klien mampu menyebutkan perilaku yang biasa dilakukan saat halusinasi muncul. c. Klien mampu menebutkan akibat perilaku yang biasa dilakukan saat halusinasi terjadi. 3. Setelah dilakukan interaksi selama 3xpertemuan klien mampu mengendalikan halusinasi dengan indikator/ kriteri hasil: a. Klien dapat menyebutkan cara baru mengendalikan halusinasi. b. Klien dapat memilih dan melaksanakan cara baru mengendalikan halusinasi c. Klien melaksanakan cara yang dipilih untuk mengendalikan halusinasi. | 1. Bina Hunbungan Terapeutik dan Saling Percaya (Complex Relationship Building) a. Perkenalkan diri dengan sopan. b. Tanyakan nama lengkap klien dan nama pangilanyang disukai c. Buat kontrakpersetujuan tentang tujuan dan cara pertemuan yang saling dapat diterima dengan cara yang tepat. d. Pelihara postur tubuh terbuka. e. Berespons pada pesan nonverbal klien dengan yang tepat. f. Tunjukkan ketertarikan pada klien 2. Manajemen Halusinasi (Halusination Management) a. Observasi tingkah laku yang berhubungna dengan halusinasi b. Bantu klien mengenal halusinasi : c. Diskusikan dengan klien waktu, isi frekuensi, dan situasi pencetus munculnya halusinasi. d. Diskusikan dengan klien apa yang dirasakan jika halusinasi muncul e. Beri klien kesempatan untuk mengungkapkan perasaannya. f. Identifikasi dan diskusikan dengan klien perilaku yang dilakukan saat halusinasi muncul. g. Diskusikan manfaat dan akibat dari cara/ perilaku yang dilakukan klien h. Libatkan klien dalam TAK SP : Halusinasi 3. Manajemen Halusinasi (Halusination Management) a. Diskusikan cara baru untuk memutuskan/ mengendalikan halusinasi b. Bantu klien memilih dan melatih cara memutus/ mengendalikan halusinasi secara bertahap c. Beri klien kesempatan melakukan cara mengendalikan atau memutus halusinasi yang telah dipilih dan dilatih. d. Evaluasi bersama klien cara baru yang dipilh dan diterapkan dibandingkan dengan cara yang biasa dilakukan. e. Berikan reinforcement kepada klien terhadap cara yang dipilh dan diterapkan. f. Libatkan klien dalm TAK Orientasi Realita, TAK SP Umum, TAK SP Halusinasi |
3. | Gangguan proses pikir DS : Klien mengatakan bahwa namanya bukan Sumitri DO : Flight of idea, blocking, tidak konsentrasi, tatapan mata kosong | TUPEN : 1. Setelah dilakukan interaksi 3xpertemuan, klien mampu mengingat kejadian/masalah-masalah di masa lalu dengan indikator/kriteria hasil : Klien mampu mengingat kembali kejadian jangka pendek, menengah dan jangka panjang. 2. Klien mampu meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan sekitar, setelah dilakukan interaksi selama 3xpertemuan dengan indikator/kriteria hasil :
3. Setelah dilakukan interaksi selama 3xpertemuan, klien mampu mempertahankan konsentrasi dengan indikator/kriteria hasil :
4. Setelah dilakukan interaksi selam 3xpertemuan, kesadaran klien terhadap identitas personal, waktu dan tempat meningkat/baik, dengan indikator/kriteria hasil :
| 1. Latihan Mengingat (Memory Training) a. Monitor daya ingat klien. b. Kaji kemampuan klien dalam mengingat sesuatu. c. Ingatkan kembali pengalaman masa lalu klien d. Implementasikan teknik mengingat dengan cara yang tepat e. Bantu dalam tugas pembelajaran yang berkaitan f. Latih orientasi klien g. Bari kesempatan kepada klien untuk melatih, konsentrasinya 2. Stimulasi Kognitif (Cognitive Stimulation) a. Monitor interpretasi klien terhadap lingkungan b. Tempatkan objek/hal-hal yang familiar di lingkungan/di kamar klien c. Buat jadwal aktivitas/kegiatan harian bersama klien. d. Dorong klien untuk melakukan aktifitas sesuai jadwal e. Berikan Terapi Kognitif. f. Libatkan klien dalam TAK Orientasi Realita. 3. Fasilitasi Kebutuhan Belajar (Learning Facillitation) a. Observasi kemampuan klien berkonsentrasi. b. Kaji kemampuan klien memahami dan memproses informasi c. Tetapkan tujuan pembelajaran yang berguna dan realistis d. Berikan instruksi setelah klien menunjukkan kesiapan untuk belajar atau menerima informasi. e. Atur instruksi sesuai tingkat pemahaman klien f. Gunakan bahasa yang familiar dan mudah dipahami g. Dorong klien menjawab pertanyaan dengan singkat dan jelas. h. Koreksi interpretasi yang salah i. Dorong klien untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. j. Beri reinforcement pada setiap kemajuan klien 4. Orientasi Realita (Reality Orientation) a. Monitor orientasi klien terhadap realita. b. Sapa klien dengan namanya pada saat interaksi c. Berikan informasi kepada klien terhadap orang, tempat, waktu sesuai kebutuhan. d. Tanyakan satu pertanyaan pada satu waktu. e. Beri satu perintah pada satu waktu. f. Berikan/libatkan klien dalam aktifitas yang konkrit/nyata. g. Hindari stimulasi yang berlebihan yang dapat meningkatkan disorientasi. h. Fasilitas kunjungan keluarga dan orang-oang yang familier dengan klien. i. Libatkan klien dalam TAK Orientasi Realita. |
RENCANA ASUHAN KEPERAWATAN APLIKASI NANDA, NIC, NOC
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Blog Archive
-
▼
2012
(7421)
-
▼
March
(1346)
- Game Permainan Berdandan
- Kumpulan Situs Pemerintah Daerah Provinsi
- Kumpulan Situs Lembaga-Lembaga Pemerintah Non-Depa...
- Kumpulan Situs Kementerian/Lembaga Setingkat Menteri
- Kumpulan Situs Lembaga Departemen RI
- Kumpulan Situs Lembaga Komisi Negara RI
- Kumpulan Situs Lembaga Negara Indonesia
- Tentang KIA
- Tips dan Triks Kesehatan dan Pekerjaan
- Panduan Budidaya Ternak dan Perikanan
- Download Game Gratis
- Kumpulan Buku/Media Pembelajaran
- Software dan Jaringan Komputer
- Kumpulan Novel/Cerpen/Kisah
- Kumpulan Murotal Al-Qur'an MP3
- Persyaratan Pendaftaran Program Bidikmisi
- PROTAP DIARE
- Kumpulan Download Buku/Kitab Islami
- PROTAP PENANGANAN CEDERA KEPALA
- PROSEDUR TETAP PERAWATAN BAYI BARU LAHIR
- PROSEDUR TETAP TINDAKAN / PEMBERIAN ANASTESI LOKAL...
- PROSUDUR TETAP AMNIOTOMI
- PROSEDUR TETAP MANAJEMEN AKTIF KALA III
- Biografi Biodata dan Profil Alberto Goncalves
- Lirik Lagu Ungu – Sayang
- Lirik Lagu Rindu – Pacarku Beristri
- Lirik Lagu Minni – I’m In Love With You
- Lirik Lagu Mikki – Oh Baby Please
- Apa Artinya Mimpi Di Gigit Ular
- Motor Klasik Vespa dan CB 100 berwibawa di jalanan
- 10 Tempat Terindah Di Asia
- Air terjun tertinggi di Indonesia
- 7 Pemain Sepak Bola Yang Pernah Membela Inter Mila...
- Contoh Paragraf Argumentasi Sebab Akibat
- Contoh Paragraf Argumentasi Bahasa Indonesia
- Cara Meningkatkan Kinerja Laptop dengan 10 Softwar...
- Download Software Game PC PS 2 EMULATOR
- 5 Manfaat Olahraga Bagi Otak
- Perubahan Pola Makan (Diet) Pada Remaja
- Sms Lucu
- Dakwah Kiyai Paling Lucu (MP3)
- Kumpulan Terjamahan Al-Qur'an Semua Bahasa
- Kumpulan Kitab Para Ulama Besar
- Macam-macam Tarian Adat Indonesia
- Proposal HKN Tahun 2011
- Murotal MP3 Mustafa al-`Azawi
- Murotal MP3 Muhammad Siddiq al-Minshawi
- Murotal MP3 Muhammad Hassan
- Murotal MP3 Muhammad Abdul-Kareem
- Contoh Pidato Kelulusan Perpisahan Siswa Kelas VI
- Murotal MP3 Mahmoud Khalil Al-Husary
- Murotal Al-Qur'an Maher al-Muaiqly
- Surat kegiatan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS)
- Murotal MP3 Ibrahim Al-Jibrin
- Murotal MP3 Hamad Sinan
- Murotal MP3 Dr. Shawqy Hamed [Murattal]
- RANCANGAN PEMBELAJARAN HIDUP SEHAT USIA LANJUT
- SURAT PERMOHONAN ABATE
- Murotal MP3 Ali Abdur-Rahman al-Huthaify
- Murotal MP3 Abdur-Rahman as-Sudais
- Murotal MP3 Abdur-Rashid Sufi [Soosi]
- ASUHA KEPERAWATAN HIPOGLIKEMIA
- LAPORAN PENDAHULUAN HIPOTENSI
- Muroral Al-Qur'an MP3 AbdulMuhsin al-Qasim
- LAPORAN PENDAHULUAN DIABETES MELITUS
- Murotal MP3 Abdullah Basfar
- Murotal MP3 Abdullah Ali Jabir [Studio]
- Murotal MP3 Abdul Baset Abdul Samad [Warsh]
- Murotal MP3 AbdulBaset AbdulSamad [Mujawwad]
- MUROTTAL AL-QUR’AN MP3 ( Abdul Azeez al-Ahmad)
- Download Kajian Kitab Aqidah Washitiyah
- Kajian Kitab Bahasa Arab
- Kajian kitab Durusul Muhimmah Li ‘ammatil Ummah
- MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA USUL KECAMATAN BATANG G...
- PRE PLANING PENYULUHAN CUCI TANGAN
- Contoh Batasan Masalah Dalam Skripsi
- Tips Menghemat Baterai BlackBerry
- KATA PENGANTAR PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)
- PRE PLANNING KEGIATAN PENGOBATAN MASSAL DI DESA US...
- Kantor Aneh Dibalik Tumpukan Kayu
- Top 10 Jersey Terpopuler Premier League
- Pesisir Kalimantan Ternyata Masih Banyak Dihuni “M...
- Saat Patung Liberty Disambar Petir !!!
- HTC Wind, Hp Android 4.0 Dua Kartu
- Lirik Lagu Reff - Kamu
- Lirik Lagu Ajeng - Jika Ini Bukan Cinta (JIBC)
- 10 Pekerjaan Paling Berbahaya di Dunia
- Lirik Lagu Sandhy Sondoro - Another Suicide Bomb
- 5 Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Earth Hour
- Lirik Lagu Piyu Feat. Inna Kamarie - Firasatku
- FORMAT PENGKAJIAN KEPERAWATAN GERONTIK
- Asus Eee PC Flare Series, Netbook Dengan Power Sta...
- FORMAT TABULASI DATA
- Kumpulan Buku Kajian Fiqih dan Pengajian
- FORMAT PENGKAJIAN KEPERAWATAN KOMUNITAS
- FORMAT PENGKAJIAN KEPERAWATAN KELUARGA
- Kumpulan Kitab/Ilmu Tafsir
- Kumpulan Kitab-Kitab Islam
- Google Buka Kantor di Indonesia, Mantan Direktur R...
- Prudential Life Assurance
-
▼
March
(1346)
No comments:
Post a Comment