A. Latar Belakang
Sehubungan dengan hasil pengkajian komunitas kepada anak usia kanak-kanak yang telah dilaksanakan Mahasiswa Akademi Kesehatan Dinas Kesehatan Propinsi Riau di TK Pembina pada tanggal 11 juli 2011 didapatkan hasil bahwa dari 46 anak sekolah 26 diantaranya mengalami masalah kebersihan . dan hasil wawancara kapada beberapa anak sekolah bahwa mereka tidak mencuci tangannya menggunakan sabun setelah bermain, BAB, makan. Untuk itu perlu diberikan penyuluhan tentang cara mencuci tangan yang benar.
Dari hasil kesepakatan bersama guru pengajar di TK PEMBINA P.reba bahwa pada tanggal 12 juli 2011 diadakan penyuluhan dan demonstrasi tentang mencuci tangan yang benar dengan menggunakan sabun.
B. Proses Keperawatan Komunitas
1. Tujuan Umum
Setelah mengikuti penyuluhan dan demonstrasi kesehatan, anak-anak mampu mengetahui tentang cara mencuci tangan yang benar.
2. Tujuan Khusus
Setelah mengikuti penyuluhan dan demonstrasi kesehatan, kanak-kanak TK PEMBINA P.Reba mampu :
a. Menyebutkan pengertian cuci tangan yang benar
b. Menyebutkan alasan harus mencuci tangan yang benar
c. Menyebutkan waktu mencuci tangan yang benar
d. Menyebutkan cara cuci tangan yang benar
e. Menyebutkan penyakit yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang benar
f. Mempraktikkan cara cuci tangan yang benar
C. Pelaksanaan Kegiatan
1. Topik atau Judul Kegiatan
Penyuluhan dan demonstrasi tentang cuci tangan yang benar.
2. Sasaran atau Target
Kanak-kanak TK NEGERI PEMBINA P.Reba.
3. Metode
a) Ceramah
b) Praktek
b) Tanya Jawab
4. Media dan Alat
a) Infocus
b) Leaflet
5. Waktu dan Tempat
Hari/Tanggal : Selasa, 12 juli 2011.
Waktu : 08.30 s.d 09.30 WIB
Tempat : Di lapangan TK PEMBINA P.Reba
6. Setting Tempat
Keterangan :
: Moderator :
: Presenter
: Fasilitator
: Observer
7. Susunan Kegiatan
No. | Acara | Metode | Waktu |
1. 2. 3. 4. 5. | Pembukaan Persentasi Demonstrasi Tanya jawab Penutup | Ceramah Ceramah Praktek Diskusi Ceramah | 5 menit 10 menit 15 menit 10 menit 5 menit |
D. Uraian Tugas
Persiapan
a. Penanggung Jawab : febri arda suryadi
Tugas : Mengkoordinir acara
b. Moderator : Ika fitria sari
Tugas : 1) Membuka acara
2) Menyampaikan tujuan
3) Kontrak waktu pelaksanaan
4) Memimpin jalannya kegiatan
c. Presenter : Anggun Sasmi
Tugas : 1) Memberikan penyuluhan
2) Mempraktekkan bahan penyulahan
d. Observer : Meta Afriani
Tugas : 1) Mengamati jalannya kegiatan
2) Menyimpulkan hasil kegiatan
e. Fasilitator : Ardianto
Aprilyoni dwi wulandari
Bambang irawan
Dwi santoso
Elisa afrida
holidin
Herlina
M.Asmariansyah
E. Evaluasi Kegiatan
1. Evaluasi Struktur
a. 100 % Anak-anak TK hadir
b. Tempat dan alat tersedia sesuai dengan acara
c. Peran dan tugas mahasiswa sesuai rencana
2. Evaluasi Proses
a. Pelaksanaan kegiatan sesuai dengan waktu yang direncanakan
b. Peserta berperan aktif dalam pertemuan
3. Evaluasi Hasil
a.Anak-anak TK mampu menyebutkan pengertian cuci tangan yang benar
b.Anak –anak TK mampu menyebutkan alasan harus mencuci tangan yang benar
c. Anak-anak TK mampu menyebutkan waktu mencuci tangan yang benar
d. Anak-anak TK mampu menyebutkan cara- cara cuci tangan yang benar
e. Anak-anak TK mampu menyebutkan penyakit yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang benar
f. Anak-anak TK mampu mempraktikkan cara cuci tangan yang benar
MENCUCI TANGAN YANG BENAR
A. Pengertian
Cuci tangan yang benar adalah salah satu tindakan kebersihan diri dengan membersihkan tangan dan jari menggunakan air sabun untuk membersihkan dari kuman-kuman penyakit
B. Alasan Mencuci Tangan Dengan Sabun
1. Air bersih yang mengalir dapat membersihkan kotoran dan kuman
2. Sabun dapat membersihkan kotoran dan kuman karena tanpa sabun kotoran masih tertinggal ditangan
3. Air kotor banyak mengandung kuman dan bakteri penyakit
C. Waktu Mencuci Tangan Yang Benar
1. Sebelum dan setelah makan
2. Sebelum memegang makanan
3. Setelah bermain dan berolahraga
4. Setelah buang ingus
5. Setelah BAK dan BAB
6. Setelah menyentuh hewan peliharaan
7. Sebelum mengobati luka
D. Cara Mencuci Tangan Yang Benar
1. Basahkan rata kedua telapak tangan dengan air mengalir
2. Sabunkan sampai berbuih
3. Usapkan kedua telapak tangan hingga sabun benar-benar rata keseluruh telapak tangan
4. Ratakan sabun ke celah-celah jari.
5. Bersihkan kuku jari dengan cara menggaruk-garuk jari ketelapak tangan
6. Bilas tangan dengan air mengalir hingga hilang semua sabun
7. Keringkan tangan menggunakan lap tangan
E. Akibat Tidak Mencuci Tangan
1. Diare atau mencret
2. Infeksi cacing
3. Infeksi mata
4. Infeksi kulit
LAPORAN HASIL KEGIATAN PENYULUHAN DAN DEMONSTRASI KESEHATAN TENTANG CUCI TANGAN YANG BENAR
DI TK NEGERI PEMBINA P.REBA
1. Tahap Persiapan
Tahap pesiapan dari kegiatan ini adalah pembuatan pre planning, persiapan penyajian slide power point dan alat peraga, tempat dan alat-alat lainnya disiapkan oleh anggota kelompok sesuai dengan tanggung jawab masing-masing. Pemberitahuan penyuluhan dilakukan pada tanggal 11 juli 2011 kepada para guru dan anak-anak TK Pembina.
Pembuatan slide power point dimulai pada hari senin,11 juli 2011setelah pre planning disetujui oleh CI. Kemudian dilakukan pengecekan tugas masing-masing anggota, kendala yang ada dihadapi langsung oleh penanggung jawab kegiatan.
2. Tahap Pelaksanaan
Acara dilaksanakan hari Selasa,12 juli 2011 pada pukul 08300 WIB, dilaksanakan selama ± 1 Jam. Acara dimulai dengan penyuluhan tentang mencuci tangan yang benar kemudian di praktekkan langsung oleh presenter. Anak-anak TK mempraktekkan cara mencuci tangan yang benar.
3. Evaluasi
a. Struktur
- Anak-anak yang hadir sebanyak 80 murid yang terdiri dari murid TK .
- Setting tempat sudah sesuai dengan rencana yang telah dibuat dan perlengkapan yang digunakan selama penyuluhan (slide power point dan alat peraga), tersedia dan sudah digunakan sebagaimana mestinya.
- Peran mahasiswa sesuai dengan perencanaan, presenter, penanggung jawab, moderator, observer dan fasilitator sesuai dengan perencanaan.
- Penggunaan bahasa sudah komunikatif dalam penyampaian, siswa-siswi cukup paham dengan apa yang disampaikan dan mahasiswa memfasilitasi murid selama jalannya penyuluhan.
b. Proses
Pelaksanaan kegiatan pukul 08.30 s.d 09.30 WIB sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Anak-anak yang diberi penyuluhan mengikuti penyuluhan dari awal hinggga akhir.
c. Hasil
1) 75 % siswa-siswi dapat menyebutkan tentang pengertian cuci tangan yang benar
2) 75 % siswa-siswi dapat menyebutkan alasan mencuci tangan yang benar
3) 50 % siswa-siswi dapat menyebutkan waktu mencuci tangan yang benar
4) 50 % siswa-siswi dapat menyebutkan cara mencuci tangan yang benar
5) 50 % siswa-siswi dapat menyebutkan penyakit yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang benar
6) 100 % mempraktekkan cara mencuci tangan yang benar
No comments:
Post a Comment