Cara Mengetahui Masa Subur Wanita Secara Alami

Cara Mengetahui Masa Subur Wanita Secara Alami atau cara menghitung masa subur sang istri, dan bagi anda yang belum mengetahuinya, maka ini akan menjadi informasi yang sangat menarik buat Anda, tentunya bagi wanita ataupun laki-laki yang ingin mengetahui masa subur pasangannya.


Bagi anda yang belum memiliki momongan ataupun menunda untuk memiliki momongan atau menghindari dari kehamilan pasangan, hal ini sangat penting untuk anda ketahui. Dengan cara mengetahui siklus masa subur pasangan, maka anda bisa menentukan kapan waktu terbaik untuk melakukan hubungan untuk dapat mencapai kehamilan.




Begitu juga bagi anda yang sedang menghindari kehamilan dengan cara alamiah, anda pun dapat mengetahui dan mengerti kapan waktu yang aman untuk berhubungan intim.
Masa subur sangat berarti bagi mereka yang menginginkan hamil dan bagi yang ingin menunda kehamilan. Bagi pasangan suami yang menginginkan kehamilan istri, masa subur bisa dijadikan patokan untuk melakukan hubungan seksual karena masa tersebut ovulasi sedang terjadi sehingga kemungkinan hamil sangat besar.


Sedangkan bagi yang mau menunda kehamilan, masa subur merupakan masa yang harus dihindari untuk mencegah terjadinya kehamilan. Dan cara menghitung masa subur wanita secara alami dengan menggunakan sistem kalender, antara lain ada dua cara sebagai berikut:


Bagi Anda wanita yang memiliki siklus haidnya teratur, masa subur berlangsung 14 +/- 1 hari haid berikutnya. Artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.


Bagi Anda wanita yang siklus haidnya tidak beraturan, maka pertama-tama harus Anda catat panjang siklus haid sekurang kurangnya selama 6 siklus. Dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut.


Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut. Sebagai contoh: siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 – 11 = 20, dan 26 -18 = 8, maka masa subur berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20.


Seperti itulah cara menghitung masa subur pasangan Wanita Anda, masa subur kandungan merupakan masa yang paling baik bagi Anda yang menginginkan kehamilan. Dan jika anda tidak menginginkan kehamilan, masa tersebut merupakan masa yang harus Anda hindarkan untuk berhubungan badan, atau disebut juga dengan KB kalender.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...