multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

SATUAN ACARA PENYULUHAN PERILAKU SEKS BEBAS

A.    TUJUAN

1.       Tujuan Instruksional Umum
Setelah mengikuti penyuluhan kesehatan selama 15 menit, diharapkan siswa/ siswi SMU akan mampu mengetahui dan memahami tentang perilaku seks bebas.

2.       Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti penyuluhan selama 15 menit, siswa/ siswi SMU diharapkan akan mampu :
a.       Menyebutkan pengertian perilaku seksual
b.       Menyebutkan 3 faktor yang dapat menyebabkan perilaku seksual
c.       Menyebutkan 2 akibat yang mungkin terjadi setelah melakukan hubungan seksual
d.      Menyebutkan 3 cara menghindari/ mencegah terjadinya perilaku seksual

B.     POKOK BAHASAN

PERILAKU SEKS BEBAS

C.    SUB POKOK BAHASAN

    1. Pengertian perilaku seksual
    2. Hal yang dapat menyebabkan perilaku seksual
    3. Akibat yang mungkin terjadi setelah melakukan hubungan seksual
    4. Cara- cara menghindari/ mencegah terjadinya seks bebas

D.    SASARAN

Sasaran penyuluhan adalah siswa/ siswi kelas 1SMU Darussalam

E.     METODE

    1. Ceramah
    2. Diskusi

F.     WAKTU DAN TEMPAT PENYULUHAN

a. Hari/ Tanggal           : Senin/ 22 Agustus 2005
b. Waktu                     : 08.00 – 08.15 WIB
c. Tempat                    : SMU Darussalam
  Jln. Darussalam

G.    MEDIA PENYULUHAN

  1. Leaflet
  2. Poster
 H.    PENGORGANISASIAN
1. Penyuluh           : Suprayogi, S.Kep
2. Fasilitator          : Lidya, S.Kep
                                Nurmaningsih S, S.Kep

I.       PELAKSANAAN KEGIATAN


No.
Kegiatan
Penyuluh
Peserta
Waktu
1.
PEMBUKAAN
-     Memberi salam dan perkenalan
-     Menjelaskan tujuan, manfaat dan cakupan materi
-    Menjawab salam

-    Mendengarkan dan memperhatikan
3 menit
2
KEGIATAN INTI
-     Menjelaskan pengertian perilaku seksual
-     Menjelaskan hal yang dapat menyebabkan perilaku seksual.
-     Menjelaskan akibat yang mungkin terjadi setelah melakukan hubungan seksual.
- Menjelaskan cara- cara menghindari/ mencegah terjadinya seks bebas
- Memberikan kesempatan untuk bertanya jika ada yang kurang jelas
-    Mendengarkan dan memperhatikan
-    Memperhatikan dan menyimak.

-    Mendengarkan dan memperhatikan


-    Mendengar dan memperhatikan

-    Bertanya jika ada yang tidak jelas.


9 menit
3.
PENUTUP
-     Mengevaluasi pengetahuan siswa/ siswi SMU tentang materi yang disampaikan dengan memberi pertanyaan
-     Menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
-     Memberi salam
-    Menjawab pertanyaan




-    Mendengarkan dan memperhatikan

-    Menjawab salam
3 menit

J.      EVALUASI
a. Evaluasi Struktur
-          Kesiapan mahasiswa memberikan materi penyuluhan
-          Media dan alat memadai
-          Setting sesuai dengan kegiatan

b. Evaluasi Proses
-     Kegiatan penyuluhan dilakukan sesuai jadwal yang direncanakan
-     Peserta penyuluhan kooperatif dan aktif berpartisipasi selama proses   penyuluhan
-     Seluruh mahasiswa berperan aktif selama proses penyuluhan

c. Evaluasi Hasil
80% siswa/ siswi SMU Darussalam dapat menjawab pertanyaan yang diajukan

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive