A. TUJUAN
1. Tujuan Instruksional Umum
Setelah mengikuti penyuluhan kesehatan selama 15 menit, diharapkan siswa/ siswi SMU akan mampu mengetahui dan memahami tentang perilaku seks bebas.
2. Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti penyuluhan selama 15 menit, siswa/ siswi SMU diharapkan akan mampu :
a. Menyebutkan pengertian perilaku seksual
b. Menyebutkan 3 faktor yang dapat menyebabkan perilaku seksual
c. Menyebutkan 2 akibat yang mungkin terjadi setelah melakukan hubungan seksual
d. Menyebutkan 3 cara menghindari/ mencegah terjadinya perilaku seksual
B. POKOK BAHASAN
PERILAKU SEKS BEBAS
C. SUB POKOK BAHASAN
- Pengertian perilaku seksual
- Hal yang dapat menyebabkan perilaku seksual
- Akibat yang mungkin terjadi setelah melakukan hubungan seksual
- Cara- cara menghindari/ mencegah terjadinya seks bebas
D. SASARAN
Sasaran penyuluhan adalah siswa/ siswi kelas 1SMU Darussalam
E. METODE
- Ceramah
- Diskusi
F. WAKTU DAN TEMPAT PENYULUHAN
a. Hari/ Tanggal : Senin/ 22 Agustus 2005
b. Waktu : 08.00 – 08.15 WIB
c. Tempat : SMU Darussalam
Jln. Darussalam
G. MEDIA PENYULUHAN
- Leaflet
- Poster
H. PENGORGANISASIAN
1. Penyuluh : Suprayogi, S.Kep
2. Fasilitator : Lidya, S.Kep
Nurmaningsih S, S.Kep
I. PELAKSANAAN KEGIATAN
No. | Kegiatan | Penyuluh | Peserta | Waktu |
1. | PEMBUKAAN | - Memberi salam dan perkenalan - Menjelaskan tujuan, manfaat dan cakupan materi | - Menjawab salam - Mendengarkan dan memperhatikan | 3 menit |
2 | KEGIATAN INTI | - Menjelaskan pengertian perilaku seksual - Menjelaskan hal yang dapat menyebabkan perilaku seksual. - Menjelaskan akibat yang mungkin terjadi setelah melakukan hubungan seksual. - Menjelaskan cara- cara menghindari/ mencegah terjadinya seks bebas - Memberikan kesempatan untuk bertanya jika ada yang kurang jelas | - Mendengarkan dan memperhatikan - Memperhatikan dan menyimak. - Mendengarkan dan memperhatikan - Mendengar dan memperhatikan - Bertanya jika ada yang tidak jelas. | 9 menit |
3. | PENUTUP | - Mengevaluasi pengetahuan siswa/ siswi SMU tentang materi yang disampaikan dengan memberi pertanyaan - Menyimpulkan materi yang telah disampaikan. - Memberi salam | - Menjawab pertanyaan - Mendengarkan dan memperhatikan - Menjawab salam | 3 menit |
J. EVALUASI
a. Evaluasi Struktur
- Kesiapan mahasiswa memberikan materi penyuluhan
- Media dan alat memadai
- Setting sesuai dengan kegiatan
b. Evaluasi Proses
- Kegiatan penyuluhan dilakukan sesuai jadwal yang direncanakan
- Peserta penyuluhan kooperatif dan aktif berpartisipasi selama proses penyuluhan
- Seluruh mahasiswa berperan aktif selama proses penyuluhan
c. Evaluasi Hasil
80% siswa/ siswi SMU Darussalam dapat menjawab pertanyaan yang diajukan
No comments:
Post a Comment