Resep Mie Ramen

Pernah menonton film kartun Naruto? Kalau Anda pernah menonton, Naruto sangat suka sekali makan Mie Ramen. Penasaran dengan makanan yang disukai Naruto ini? Mari mencoba Resep Mie Ramen berikut.

Resep Mie Ramen
Sebenarnya, tidak terlalu membuat Mie Ramen. Kita tinggal mengetahui bahan cara pembuatannya. Seperti halnya membuat Brownies Kukus. Berikut adalah Resep Mie Ramen selengkapnya:

Bahan-bahannya :
- 3/4 cup tepung
- 1 butir telur
- 3/4 sendok teh garam (atau sesuai selera)
- 1 sendok makan air (tergantung air dan kelembaban)

Adonannya bisa digunakan untuk 2 atau 4 porsi.

Campur bahan adonan :
Campur tepung + garam, buat lubang di tengah, masukan telur juga air pada lubang yang dibuat tadi, lalu campur pelan-pelan.

Ngulet adonan
Setelah adonan kurang lebih tercampur, angkat ke tempat yang bersih dan mulailah mengulet lagi. Adonan ini agak lebih lengket dari adonan roti.
Adonan dikatakan siap jika tangan Anda menjadi lebih bersih dan adonan tidak lengket seperti sebelumnya. Jika benar, seharusnya Anda bisa mengangkat tangan Anda dan adonan akan turun dalam 1-2 detik. Jika terlalu lengket, tambahkan tepung dan ulet lagi. Jika tidak lengket, tambahkan beberapa tetes air.

Istirahatkan adonan
Adonan perlu diistirahatkan sebelum dibentuk / dimelarkan. Bila tidak, mienya akan jelek dan tipis. Selimuti adonan dengan kain serbet dan diamkan sekitar 30 menit.

Memotong mie
Ambil adonan (jika Anda membuat 2 atau 3 porsi, bagi menjadi 1 porsi. Kalau tidak, Anda akan dapat 1 bola adonan yang besar). Taburkan tepung pada adonan, ambil gilingan dan mulailah menggiling adonan. Bila ada mesin yang biasa digunakan pedagang molen, bisa dipakai. Jika bisa, ketebalan mie nya sekitar 1mm. Jika mulai lengket, taburi tepung lagi.

Potong adonan jadi mie
Ambil talenan dan taruh adonan di atasnya. Taburi tepung agar tidak lengket karena kalau lengket ramen tidak bisa mengembang. Gunakan mesin untuk mencetak mie. Fungsi tepung di sini selain agar tidak lengket, juga menjaga agar mie-nya tidak lepas. Sambil memotong, siapkan air dan didihkah.

Masak mie-nya
Setelah air mendidih, beri garam dan cerai beraikan mie menggunakan sumpit. Bila diletakkan begitu saja, mie akan lengket jadi satu, jadi aduk mie-nya dengan sumpit. Selama air banyak dan masih mendidih, seharusnya mienya mulai mengembang dan mengapung. Rebis mie sekitar 4 menit. Jika sudah terasa lembut dan kenyal, angkat mie. Ramen Anda sudah jadi!

Nah, mudah bukan. Semoga informasi tentang Resep Mie Ramen di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba. Bagi Anda penikmat kopi, yuk baca rahasia Meracik Kopi.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...