PERBANDINGAN EFEKTIVITAS DAN PENERIMAAN IMPLAN LEVONORGESTREL JADENA DENGAN NORPLANT PADA WANITA INDONESIA


Tujuan :
1.    Membandingkan efektivitas dan penerimaan Jadena dengan Norplant pada wanita di Indonesia.
2.    Mengetahui kejadian kehamilan pada akseptor kontrasepsi Jadena.
3.    Membandingkan efek samping, terutama masalah perdarahan pada pemakaian Jadena dan Norplant.


Implikasi keperawatan :
Perawat yang mempunyai peranan besar sebagai konselor dan informator kepada klien (akseptor kontrasepsi), dituntut untuk mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas. Berbagai jurnal penelitian dapat dipelajari oleh perawat, sehingga perawat dapat mengikuti perkembangan khasanah ilmu, penemuan-penemuan baru, atau teknik-teknik baru yang dapat diterapkan di bidang kesehatan terutama dalam hal kontrasepsi.
Seperti halnya penelitian yang dilakukan oleh Fortuna, dkk pada tahun 1998-2000 ini, membandingkan efektivitas dan penerimaan Jadena dan Norplant pada 100 akseptor implan di Klinik Raden Saleh, Bagian Obstetri Ginekologi FKUI/RSCM, telah memperoleh sesuatu yang sangat bermanfaat bagi dunia kesehatan. Dari hasil penelitian yang dilakukan selama 18 bulan tersebut mengatakan bahwa tidak ada perbedaan efektivitas Jadena dan Norplant. Kelangsungan pemakaian alat (penerimaan) yang dihitung dengan alat Life Table Analysis menunjukkan angka 100% pada Jadena, dan 94% pada kelompok Norplant, karena 2 akseptor menginginkan haid normal, dan 1 akspetor ingin hamil, namun secara statistic tidak berbeda bermakna (p=0,969) pada kedua kelompok.
Dengan demikian perawat dapat memberikan informasi kepada klien (calon akseptor) bahwa Jadena adalah alat kontrasepsi implant generasi baru yang merupakan kelanjutan perkembangan dari Norplant. Pemasangan dan pencabutan Jadena lebih mudah dan cepat karena hanya terdiri dari 2 batang implant, dibandingkan dengan Norplant yang terdiri dari 6 kapsul. Setiap batang Jadena lebih panjang 1 cm dari kapsul Norplan, dan berisi levonorgestrel (LNG) 2X lebih banyak. Pada kapsul berisi 36 mg LNG sedangkan pada batang berisi 75 mg LNG. Selain itu Jadena mempunyai kemungkinan infeksi sangat kecil dan efek samping cukup kecil. Jadi, kontrasepsi Jadena ini secara program mempunyai prospek yang baik.
Perlu diinformasikan pula kepada klien bahwa efek samping penggunaan Jadena maupun Norplant ini adalah adanya gangguan pola haid, terutama spotting. Tugas perawat disini adalah memberikan informasi yang lengkap, jelas, dan jujur. Sedangkan keputusan akhir dikembalikan kepada klien, tanpa ada paksaan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...