multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Penyebab Kerusakan Rambut dan Cara Merawatnya

Penyebab Rambut Rusak, hal ini sering kali dialami oleh wanita, dimana wanita pada umumnya memiliki rambut lebih panjang dari pada pria, karena rambut pula yang membedakan pria dan wanita selain jenis kelamin dan payudara.


Rambut adalah mahkota bagi setiap wanita, karena rambut dapat membantu kecantikan anda, jika bisa diibaratkan, rambut adalah nomor dua setelah wajah cantik anda. Jika anda memiliki wajah nancantik, tapi tidak didukung oleh rambut, maka akan terasa ada yang kurang. Tahukah anda, penyebab rambut rusak selain karena produk kimia yang begitu banyak beredar dizaman sekarang ini, mari kita simak bersama-sama.




Terlalu Sering Mengikat Rambut
Menguncir rambut memang cara yang paling mudah untuk membuat rambut rapi, akan tetapi perlu anda sadari bahwa, hal ini dapat membuat rambut serta kulit kepala tegang dan stres?, maka jangan heran jika anda sering mengalami sakit kepala dan rambut rontok.


Jika anda mengikat rambut, alangkah baiknya jangan terlalu ketat, agar rambut tetap bisa bernapas. Selanjutnya, ketika anda mengikat rambut, usahakan untuk selalu mengganti titik ikatan rambut, agar tidak terjadi kerusakan dan tekanan terus menerus pada titik yang sama.


Jangan menguncir rambut seharian penuh, agar rambut bisa tumbuh dengan sehat dan kulit kepala tidak terlalu tegang. Jika memungkinkan, variasikan penataan rambut Anda agar tidak membuat rambut rapuh karena terus menerus diikat. Sesekali biarkan rambut terurai dan gunakan penjepit rambut agar rambut tetap terlihat rapi.


Mengeringkan Rambut Dengan Menggunakan Hairdryer
Jangan mengeringkan rambut dengan menggunakan hair dryer jika dalam keadaan basah sehabis keramas. Ini akan membuat rambut Anda semakin rapuh dan mudah putus. Alangkah baiknya, keringkan dulu rambut dengan handuk hingga lembap dan tidak terlalu basah. Gunakan hair dryer pada suhu sedang dan jangan terlalu panas.


Jika anda mau rambut yang sehat, alangkah baiknya menggunakan alat pengering rambut yang berkualitas, dengan suhu yang dapat disesuaikan. Kini beberapa alat pengering rambut telah menyediakan fitur angin dingin untuk mengeringkan rambut. Ini merupakan bisa menjadi pilihan untuk rambut kesayangan Anda. Maksimal dalam mengeringkan rambut dengan menggunakan panas hair dryer tidak lebih dari 20 menit.


Mengubah Tekstur Rambut
Rambut keriting ataupun lurus bisa sama bagusnya selama ditata dengan benar, tidak seharusnya Anda mengubah tekstur rambut dengan berbagai jenis perawatan yang dapat merusak rambut. Coba anda selidiki seluk beluk rambut Anda, rambut yang tipis dan mudah patah, alangkah baiknya anda hindari perawatan dengan menggunakan bahan kimia yang bisa membuatnya semakin rusak dan hancur.


Menggunakan alat pencatok rambut setiap hari juga akan mengakibatkan rambut rapuh dan rontok. Pada rambut yang rapuh dan sensitif, proses pemulihan akan memakan waktu yang sangat lama. Jika Anda bersikeras untuk mengubah tekstur rambut Anda, pastikan selalu menggunakan perawatan rambut secara berkala. Sebaiknya membiarkan rambut istirahat beberapa saat sebelum meluruskan atau mengeriting rambut.


Terlalu sering mencuci rambut atau keramas
Kebanyakan orang ketika mandi, akan merasa kurang puas jika tidak menyuci rambut, ini merupakan kebiasaan banyak orang. Perlu anda ketahui, mencuci rambut dengan menggunakan shampo setiap hari dapat menghilangkan minyak alami yang justru dibutuhkan permukaan kulit. Bahkan mencuci rambut terlalu sering justru memicu kulit kepala kering, dan tidak memberikan kesempatan untuk menghasilkan minyak alami yang keluar dari kulit kepada untuk rambut.


Minyak alami yang keluar dari kulit kepala tersebut seharusnya mencapai ujung rambut untuk membuat rambut tetap sehat. Jika anda melakukan keramas, pastikan 2 sampai 3 hari sekali untuk membiarkan minyak alami melakukan proses dengan sendirinya pada rambut. Jika memerlukan kesegaran tanpa mencuci rambut dengan shampoo, cukup membasuhkan dengan air bersih pada kulit kepala setiap hari.


Gunakan Sisir Rambut Sesuai Dengan Kondisi Rambut Anda
Menggunakan sisir yang salah juga dapat merusak rambut. Sisir yang tidak sesuai dapat membuat rambut sulit saat disisir dan menyebabkan rambut patah. Jika rambut Anda panjang, maka pilihlah sisir yang semakin besar agar mudah saat merapihkan rambut.


Melakukan perawatan rambut
Selain dari pada itu, jika rambut Anda diwarnai, berketombe, atau rontok, sebaiknya sesegera mungkin diatasi dengan cara mencari perawatan yang sesuai dengan keluhan pada rambut Anda. Membiarkan rambut dalam kondisi tersebut, maka akan semakin sulit untuk diobati. Gunakan shampo atau produk perawatan rambut yang sesuai dengan masalah rambut Anda. Jika masalah tersebut tidak kunjung hilang, segera konsultasi dengan ahli rambut atau dokter kulit untuk menemukan solusi dari masalah rambut Anda.


Membiarkan Rambut Tetap Alami.
Untuk menjaga kesehatan rambut tetap terjaga, usahakan sesering mungkin membiarkan rambut dalam keadaan alami. Jangan terlalu sering membebani rambut dengan menggunakan produk penataan rambut seperti gel, wax, atau hairspray. Terlalu sering menggunakan produk berbahan kimia akan membuat rambut lengket dan mudah berketombe jika anda terlalu sibuk dan tidak memiliki kesempatan membersihkan rambut dengan baik.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive