LAPORAN HOME VISITE JIWA


A.     IDENTITAS KLIEN
Nama        : Ny.Rina
Umur         : 23  tahun
Alamat      : Tulung RT 04/30 Sri Hardono, Pundong, Bantul

Penanggung jawab
Nama           : Bp. Dasiran
Hubungan    : tetangga ( Pamong Desa )

B.      TUJUAN KEGIATAN HOME VISITE
a.      Memberikan informasi tentang perkembangan status kesehatan klien.
b.      Melakukan pendidikan kesehatan tentang pentingnya dukungan keluarga bagi kesembuhan klien.
c.      Memberikan pendidikan kesehatan tentang perawatan klien setelah kembali ke keluarganya.
d.      Memberikan penyuluhan kesehatan jiwa tentang Manfaat, efek samping obat, tindakan di rumah untuk menangani efek samping obat dan pentingnya minum obat

C.      HASIL PELAKSANAAN KEGIATAN
     Kegiatan kunjungan rumah dilaksanakan pada tgl 16 Januari 2009,hari jumat pukul 15.30 dirumah bapak Keri (ayah klien). Anggota yang ditemui praktikan saat kunjungan rumah adalah Bapak keri (ayahklien), pak Dasiran, Bu Poniyem(ibu klien),Keluarga menyambut kedatangan praktikan dengan senang hati. Pak Dasiran mengharapkan klien segera sembuh dan cepat pulang agar berkumpul kembali dengan keluarga. Menurut bapak Dasiran, ayah dan ibu klien tidak dapat focus untuk diajak bicara, karena ayah dan ibu juga dalam keadaan tidak stabil yaitu juga terkena gangguan jiwa. Jadi penyuluhan kesehatan praktikan lakukan hanya didengarkan oleh pak dasiran sedangkan ibu klien senyum-senyum saja kemudian keluar duduk didepan rumah sambil menggendong cucunya yang baru 2 bulan. Sedangkan ayah klien juga tidak mendengarkan sering menunduk dan tidak ada kontak mata. Menurut pak dasiran inilah kondisinya, klien pernah dirawat di RS puri nirmaladengan gejala yang sama dengan penyakit sekarang, setelah pulang dari rumah sakit kondisi klien membaik dan bisa bersosialisai dengan masyarakat, akan tetapi setelah menikah dan melahirkan anak pertamapenyakit klien kambuh lagi karena putus obat dan klien pernah bertengkar dengan ibunya, keluyuran hampir sebulan sehingga klien dirawat di rumah sakit lagi kemudian klien membaik dan dapat bersosialisasi dan bekerja di pabrik kue, tetapi setelah berhubungan dengan tukang bangunan dan hamil dan melahirkan anak kedua penyakit klien kambuh lagi karena stress hamil diluar nikah dan putus obat dan klien keluyuran selama 5 hari dan ditemukan di polsek kalasan karena mencuri sepeda. Dan klien dibawa  ke rumah sakit untuk dirawat.
Dari penjelasan yang praktikan sampaikan, pak dasiran sudah dapat memahami apa yang disampaikan terbukti bahwa 3pertanyaan yang diajukan praktikan, pak dasiran mampu menjawab dengan benar. Berdasarkan kriteria penilaian keberhasilan, maka penyuluhan dikatakan berhasil. Dan pak dasiran berjanji akan mengawasi klien untuk minum obat. Agar tidak terjadi putus obat lagi dan pak dasiran mengatakan bukan tidak mau menjenguk klien dirumah sakit, memang karena kondisi yang belum mampu secara materil untuk menjenguk klien.
Setelah semua pembicaraan selesai tujuan home visit tercapai, yaitu memberikan penkes kepada keluarga, praktikan minta undur diri/pamitan untuk pulang, pak dasiran, pak keri, bu poniyem mengatakan ucapan terima kasih telah sampai ke rumahnya.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...