LAPORAN HASIL KEGIATAN PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG CUCI TANGAN PAKAI SABUN YANG BENAR DI SDN 002 USUL KECAMATAN BATANG GANSAL

1.      Tahap Persiapan
Tahap persiapan dari kegiatan ini adalah pembuatan pre planning, persiapan penyajian alat peraga dan leaflet, tempat dan alat-alat lainnya disiapkan oleh anggota kelompok sesuai dengan tanggung jawab masing-masing.
 Pembuatan alat peraga dan leaflet dimulai pada hari rabu setelah pembutan pre planning disetujui oleh pembimbing akademi.  Pada hari kamis, 24 Juni 2010 dilakukan pengecekan tugas-tugas oleh masing-masing anggota , kendala yang ada di hadapi langsung oleh penanggung jawab kegiatan.
2.      Tahap Pelaksanaan
Acara ini diawali dengan pemberitahuan kepada siswa-siswi SDN 002 Usul oleh salah satu guru SDN 002 Usul dan dilanjutkan penyuluhan tttentang cuci tangan dengan sabun yang benar pada siswa-siswi SDN 002 Usul.
3.      Evaluasi
a.       Struktur
Pesrta hadir sebanyak 112 orang terdiri dari siswa kelas I sampai kelass V.  Setting tempat sudah sesuai dengan rencana yang telah dubuat dan perlengkapanyang digunakan selama penyuluhan (Alat peraga dan leaflet) tersedia dan sudah digunakan sebagaimana mestinya.  Peran setiap mahasiswa sudah sesuai dengan tugas yang telah ditetapkan baik sebagai penanggung jawab , moderator, notulen, observer, fasilitator dan dokumentasi.  Penggunaan bahasa sudah komunikatif dalam penyampaian, siswa-siswi dapat memahami dengan apa yang sudah diampaikan dan mahasiswa dapat memfasilitassi audiens selama jalannya diskusi.
b.      Proses
Pelaksanaan kegiatan pukul 07.30 sampai 09.00 wib sesuai dengan jadwal yang direncanakan.  Ibu hamil yang datang mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir.
c.       Hasil
-          Peserta dapat menyebutkan pengertian cuci tangan yang benar dengan sabun
-          Peserta dapat menyebutkan alasan mencuci tangan yang benar dengan sabun
-          Peserta dapat menyebutkan waktu harus mencuci tangan yang benar dengan sabun
-          Peserta dapat menyebutkan cara cuci tangan yang benar dengan sabun
-          Peserta dapat menyebutkan penyekit yang dapat dicegah dengan cuci tangan yang benar dengan sabun
-          10 Peserta berkesepatan mempraktekkan cara cuci tangan yang benar dengan sabun

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...