LAPORAN HASIL KEGIATAN PELATIHAN GURU UKS DAN DOKTER KECIL SDN 002 USUL DI AULA KANTOR DESA USUL KECAMATAN BATANG GANSAL 30 JUNI 2010 S.D 01 JULI 2010


1.      Tahap Persiapan
Tahap persiapan dari kegiatan ini adalah pembuatan pre planning, persiapan dimulai sejak hari sabtu tanggal 26 Juni 2010 dengan menghubungi petugas puskesmas, hari selanjutnya dilakukan perbanyakan modul materi UKS, persiapan papan nama peserta, pembuatan powerpoin, dekorasi ruangan, dan persiapan lainnya.
Persiapan materi penyampaian langsung dari petugas puskesmas, pada tanggal 29 Juni 2010 dilakukan pengecekan tugas-tugas oleh masing-masing anggota, kendala yang ada di hadapi langsung oleh penanggung jawab kegiatan.
2.      Tahap Pelaksanaan
Acara ini dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2010 dan 01 Juli 2010. Acara ini diawali dengan pembukaan secara resmi kegiatan pelatihan UKS dan dokter kecil oleh kepala puskesmas, selanjutnya pemberian materi yang langsung disampaikan oleh narasumber sesuai dengan yang telah dijadwalkan. Acara berlangsug sesuai dengan kesepakatan dan tata tertib yang telah ditentukan. Acara dilaksanakan selama 2 hari dengan 10 materi penyampaian, Adapun kendala yang ada diselesaikan langsung oleh masing-masing penanggung jawab kegiatan.
3.      Hambatan dan Solusi
Dalam pelatihan dihari kedua listrik di kantor desa padam sehingga sehingga pemaparan materi langsung oleh narasumber dengan menggunakan laptop dan modul yang telah diberikan kepada peserta.
4.      Evaluasi
a.       Struktur
-          Pesrta hadir pada hari pertama sebanyak  9 orang siswa dari SDN 002 Usul dan 1 orang guru pembimbing, 2 orang dari SDN 003 Belimbing dan 1 orang guru pembimbing, dihari kedua peserta sebanyak 8 orang siswa, 1 orang tidak dapat hadir karena berhalangan dan 1 orang guru pembimbing dari SDN 002 Usul dan 2 orang siswa dan 1 orang pembimbing dari SDN 003 belimbing.
-          Setting tempat sudah sesuai dengan rencana yang telah dibuat dan perlengkapan yang digunakan selama penyuluhan (laptop,infokus,modul,poster)  tersedia dan sudah digunakan sebagaimana mestinya.
-          Peran setiap mahasiswa sudah sesuai dengan tugas yang telah ditetapkan baik sebagai penanggung jawab , moderator, notulen, observer, fasilitator dan dokumentasi.  Penggunaan bahasa sudah komunikatif dalam penyampaian, peserta dapat memahami dengan apa yang sudah diampaikan dan mahasiswa dapat memfasilitasi audiens selama jalannya diskusi.
b.      Proses
Pelaksanaan kegiatan pukul 08.30 dimana acara terlambat 30 menit dari jadwal yang telah ditentukan, acara berlangsung hingga pukul 14.00 dimana materi gizi dan kesehatan perorangan yang dijadwalkan masing-masing waktu penyampaiaannya selama 60 menit namun dilaksanakan selama 30 menit untuk masing-masing materi.
c.       Hasil
-          Peserta dapat mengerti materi yang telah disampaikan
-          Peserta dapat mengikuti kegiatan dengan tertib.
-          Peserta mampu menjawab pertanyaan dari narasumber berkenaan dengan materi yang telah disampaikan
-          Pelantikan dokterkesil dilaksakan kepada 11 orang siswa yang dilantik oleh dr. Harry Putra.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...