multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Komunikasi interpersonal dalam keperawatan

Komponen dalam komunikasi :
* Komunikator, pesan, komunikan, media
6 langkah pesan mudah dipahami :         
                * tentukan pesan komunikasi dg tepat    
* Fokuskan pd pemahaman    
* carilah umpan balik                                             
* perhatikan nada emosi
* gunakan bujukan                                 
* gunakan bahasa yg sederhana
Ketrampilan komunikasi interpersonal :
* Mulai membuka diri pd org lain           
* menyampaikan pesan secara verbal & non verbal               
* Mendengarkan sambil memahami        
* Memahami sudud pandang org lain     
* Menanggapi masalah dg tepat                               
* Memberi dukungan dan motivasi         
* Menrima org lain apa adanya
Strategi komunikasi interpersonal yg efektif :
                * sikap yg hangat                                    
* Mendengarkan aktif                             
* empati                                                  
* Komuniksai transaksional
Sikap yg hangat :
                * Kualitas suara lembut                          
* Expresi wajah tersenyum     
* Postur tubuh condong kearah lawan bicara          
* kontak mata         
* tidak terlalu menjaga jarak                   
* ekspresi yg selaras
Hambatan komunikasi interpersonal :
                * cara pandang                                        
* Mendengarkan selektif         
* Nilai yg dianut                                     
* masalah bahasa
                * penyaringan informal                           
* perbedaan status  
* informasi yg berlebihan
HAM o/ kelley al 1983 :
·          Hubungan adalah sst yg terjadi bila dua org saling mempe ngaruhi satu sama lain, bila yg satu bergantung pd yg lain
Skema model interdependensi 2 org yg dikembangkan o/ levinger & Snoeck 1972 :               * zero kontak : 2 orang yg belum ada hubungan     
* Menyadari sikap/kesan satu pihak
                * Kontak permukaan : sikap/kesan 2 pihak            
* mutualitas/kontak minor
* Perpotongan moderat : interdepensi mulai    menguat          
* Perpotongan mayor : hub sdh sangat kuat

Komunikasi yg efektif menimbulkan :
                * Pengertian                            
* Kesenangan                         
* Pengaruh pd sikap                               
* Hub yg makin baik              
* Tindakan
Faktor faktor yg mempengaruhi komunikasi :
                * sensasi = pengertian             
* persepsi               
* Perhatian (attention)             
* bahasa, pesan dan penerimaan pesan
Faktor yg menumbuhkan HAM dan komunikasi interpersonal :
·          Percaya, empati, kejujuran, sportif, terbuka
Ada 4 unsur prilaku u/ melaksanakan HAM berjalan dg baik :                1. Kebutuhan,
2. Motivasi,
3. aktifitas,
4. Tujuan
Konsep dasar Komunikasi (Masyitah)
Edward Depari : Komunikasi :
Proses penyampaian pesan, gagasan, harapan dan pesan yg disampaikan m/ lambang2 ttt mengandung arti….
James A.F.Stoner : Komunikasi :
Proses dimana sso berusaha memberikan pengertian dg cara pemindahan pesan
John R Sechermerhom : komunikasi ;
Proses antara pribadi dlm mengirim dan menerima simbol2 yg berarti bagi kepentingan mereka
Dr. Phill Astrid Susanto : Komunikasi :
Proses pengoperasian lambang2 yg mengandung arti
Ospord dictionary 1956 : Komunikasi :
Pengiriman atau tukar menukar infromasi, ide dsb
Fungsi komunikasi :
Informasi, sosialisasi, motivasi, perdebatan dan diskusi, pendidikan, memajukan kehidupan, hiburan, integrasi
Unsur / komponen komunikasi :
                Komunikator :
Penampilan,
Penguasaan masalah,
Penguasaan bahasa
                Komunikan : *
Massage :                 1. Penyampaian pesan à   Lisan, tatap muka
2. Bentuk pesan :
Informatif,
persuasif (bujukan),
Koersif (bersifat memaksa/sanksi)
                Saluran/ media
                feed back :
1. External fb,
2. Internal fb,
3. Direct / Immediate fb : umpan balik      langsung, komunikan menggerakkkan salah satu anggota tubuhnya,
4. Indirect fb : Umpan balik dlm bentuk surat kpd direksi
5. Inferntian fb : Umpan balik yg diterima dlm kmks massa
6. zero fb : Umpan balik yg diberikan komunikan tp tdk dipahami o/ komuniktor
7. Natural fb : Umpan  balik yg diterima komunikator tidak relefan dg pesan semula
                8. Positif fb,            
9. Negatif fb
Prinsip komunikasi :                * Konteks, fokus, sosialisasi, induvidualisasi, unitas, evaluasi
Proses komunikasi :
1.        Fact finding ; mencari dan mengumpulkan fakta & data sebelum keg kmks
2.        Planning ; berdasarkan fakta dan data dibuat rencana ttg apa yg akan dikemukanan
3.        Comunicating   4. Evaluation ; penilaian dan analisis kembali bgmn hasil kmnks
Prinsip Komunikasi dalam manajer keperawatan :
1.        M hrs mengerti struktur organisasi termasuk pemahaman sp yg terkena dampak dal pengambilan keputusan
2.        Komuniksai sbg proses tak terpisahkan dalam kebijakan organisasi
3.        Harus jelas, sederhana dan tepat
4.        M harus meminta umpan balik
5.        Menjadi pendengar yg baik
Aplikasi kmks dalam asuhan keperawatan :
1.        Komunikasi Saat timbang terima,
2.        anamnese,
3.        melalui komputer,
4.        ttg kerahasiaan,
5.        melalui sentuhan,
6.        Dokumentasi sbg alat kmks, 
7.        kmks perawat dan tim kes lainnya
Komunikasi terapeutik (Sety julita)
                Adalah proses dimana perawat yg menggunakan pendekatan terencana mempelajari klien
Stuart dan Sundeen 1987 :
Hubungan terapeutik antara klien dan perawat adalah hub kerja sama yg ditandai dg tukar menukar prilaku, perasaan, pikiran dan pengalaman
Proses hub perawat dan klien :
Fase Pra interaksi,
Fase perkenalan/oriantasi,
Fase kerja,
fase terminasi
Stuart dan sundeen, tujuan terafeutik yg diarahkan pd pertumbuhan klie meliputi :
1. Realisasi diri, penerimaan diri, rasa hormat thd diri sendiri
2. Identitas diri yg jelas dan rasa integritas diri yg tinggi
3. Kemampuan u membina hub interpersonal yg akrab, saling tergantung dan mencintai
4. Meningkatkan fungsi dan kemampuan u memuaskan kebutuhan serta tuj personal yg realistis
Tujuan terapeutik akan tercapai bila melakukan helping relationship. Perawat memiliki keraktieristik sbb :
1. Kesadaran diri thd nilai y dianutnya.
2. Kemampuan u menganalisa perasaan sendiri
3. Kemampuan u menjadi contoh peran
4. altruistik : merasa puas krn mampu menolong orang lain
                5. rasa tanggung jawab etika dan moral    6. Tanggung jawab
Egan mengidentifikasikan 5 sikap atau cara u/ Komunikasi terafeutik :
                1. Berhadapan,        
2. Mempertahankan kontak mata,           
3. Membungkuk kearah klien,
4. Mempertahankan sikap terbuka,
5. tetap rileks
Dimensi respnsif :
                1. Keihlasan,  
2. Hormat/menghargai,  
3. Empati, 
4. Konkrit
Dimensi tindakan :
                1. Konfrontasi, 
2. Kesegeraan,  
3. Keterbukaan dg perawat, 
4. Bermain peran

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive