multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

King of Wasps Atau Raja Tawon Terbesar di Dunia Ada di Indonesia

King of Wasps atau dalam bahasa Indonesianya disebut dengan Raja Tawon, yang menjadikannya sebagai tawon terbesar didunia yang pernah ditemukan hanya di Indonesia. Dan serangga ini dikatakan sebagai spesies tawon terbesar di dunia hanya ada di Indonesia tepatnya di Sulawesi.




Raja tawon raksasa ini memiliki ukuran sebesar 2,5 inci, ini merupakan jauh lebih besar dibandingkan tawon pada umumnya, dan memiliki rahang yang panjang, lebih panjang jika dibandingkan dengan ukuran kakinya. Spesies ini ditemukan oleh seorang profesor entomologi berasal dari University of California bernama Lynn Kimsey.


Prof Lynn Kimsey mengungkapkan pada Dailymail, “Saya masih heran bagaimana cara dia berjalan, karena rahangnya justru yang lebih panjang, seperti monster,”.




Dan ia juga menjelaskan bahwa, rahang dari tawon raksasa ini sangat besar sehingga membuat tubuhnya sering membungkus dengan kedua sisi kepalanya, dan ketika rahangnya terbuka, maka rahang tersebut akan lebih panjang dari kaki depannya.


Kimsey menemukan jenis tawon prajurit ini di Pegununggan Mekongga, tepat di daerah bagian tenggara Sulawesi. Dengan ukuran yang sangat besar dan terlihat sangar, sehingga membuat tawon raksasa ini seperti komodonya Tawon. Dalam penemuan Raja Tawon ini, Lynn Kimsey menamainya dengan Garuda, dan nama tersebut diangkat dari simbol nasional Indonesia, yaitu seekor burung.


Raja Tawon dengan memiliki rahang yang besar ini, menurutnya akan memiliki fungsi penting bagi tawon tersebut. “Rahang besar ini dijadikan sebagai peran dalam pertahanan dan reproduksi," ujarnya.


Menurut Kimsey, dalam spesies lain dalam genus laki-laki, mereka berjaga di pintu masuk sarang, dan berperan sebagai yang melindungi sarang dari sarang parasit dan merampok. Sebagai imbalannya, tawon betina harus siap kawin dengannya setiap kali raja tawon tersebut masuk kedalam sarang. “Jadi ini adalah cara menjamin garis patrilineal dalam reproduksi tawon,” ujarnya sambil mengatakan rahang tawon tersebut cukup besar untuk membungkus dada tawon betina dan memeluknya saat melakukan kawin.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive