multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Fenomena Alam Yang Menakjubkan dan Menakutkan

Ini adalah sebahagian kejadian-kejadian aneh yang pernah terjadi di beberapa negara di dunia ini, fenomena alam ini sangat jarang terjadi, memang terlihat indah, namun beberapa diantaranya bisa menjadi bencana bagi mahkluk hidup disekitarnya. Beberapa diantanya menimbulkan bencana bagi umat manusia.


Migrasi kupu-kupu Monarch
Migrasi massal kupu-kupu Monarch atau disebutjuga dengan Danaus plexippus, ini terjadi pada saat musim dingin tiba, dan meliputi sebagian besar Amerika Utara menuju daerah selatan. Dengan warna yang oranye, dan dipadukan dengan warna hitam, sungguh terlihat sangat indah ketika sang kupu-kupu tersebut berterbangan secara bersamaan.


Tiang Cahaya
Tiang cahaya ini terjadi pada waktu cuaca terdingin, dimana ketika kristal es tergantung di atmosfer, dimana fonomena alam ini hanya dapat dilihat pada waktu malam hari, dengan kondidisi langit yang cerah. Semakin tinggi kristal es, maka semakin tinggi pula tiang cahaya itu memancar dengan penuh warna yang mengagumkan.


Maelstorm
Maelstorm merupakan pusaran air yang sangat kuat, dan pusaran air ini sering terjadi di tengah laut ketika arus air laut besar, biasanya pusaran ini terjadi karena adanya badai yang disertai cuaca yang sangat menakutkan. Ketika angin laut mempersatukan pusarannya, dan membuat sebuah lingkaran raksasa dan mampu menelan apa saja yang ada disekitarnya ke palungan besar, atau lobang besar. Pusaran air ini pernah terjadi di Skotlandia dan dapat terdengar suaranya hingga bermil-mil jauhnya.


Badai pasir
Badai pasir terjadi ketika angin sangat kencang, dan mengangkat partikel tanah serta pasir ke atmosfer sehingga membentuk badai. Ketika badai ini terjadi, maka terlihat seperti pasir yang mengulung dengan kecepatan angin, dimana badai ini pernah terjadi di Sahara dengan membawa berjuta ton debu ke cekungan Amazon.


Pusaran api atau Tornado Api
Fenomena ini pernah terjadi beberapa bulan lalu di Amerika Serikat, ketika terjadi kebakaran hutan menghanguskan pemukiman warga. Tornado Api ini terjadi tidak begitu lama, namun terlihat sangat menakjubkan. Dimana api yang besar disertakan angin hingga menjulang tinggi seperti selang besar yang menghubungkan antara asap-asap kebakaran. Pusaran api juga terjadi biasanya ketika panas dari api mendorong udara di atasnya sedemikian rupa untuk membentuk pusaran dengan udara dingin di luar. Jika pusaran ini memperoleh pusaran vertikal maka api akan terhisap ke atas sehingga membentuk pusaran api.


Pusaran api juga pernah terjadi di Tokyo Jepang pada tahun 1923, pusaran api tersebut membakar seluruh bangunan di sekitarnya, yang kebanyakan terbuat dari kayu, sehingga menewaskan korban jiwa yang mengerikan, yakni 38.000 orang hangus terbakar.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive