BAB II
PELAKSANAAN PENILAIAN KINERJA
A. BAHAN DAN PEDOMAN
Bahan yang dipakai pada penilaian kinerja Puskesmas adalah hasil pelaksanaan pelayanan kesehatan manajemen Puskesmas dan mutu pelayanan, sedangkan dalam pelaksanaannya mulai dari pengumpulan data, pengolahan data, analisis hasil/masalah sampai dengan penyusunan laporan berpedoman pada Buku Pedoman penilaian kinerja Puskesmas dari Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat Departemen Kesehatan R.I. th 2006.
B. TEKNIS PELAKSANAAN
Teknis pelaksanaan penilaian kinerja Puskesmas di Kabupaten Indragiri Hulu tahun 2010 sbb:
1. Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilaksanakan dengan memasukkan data hasil kegiatan Puskesmas th 2010 ( Jan s/d Des 2010 ) dengan variable dan sub variabel yang terdapat dalam forum penilaian kinerja Puskesmas tahun 2010.
2. Pengolahan Data
Setelah proses pengumpulan data selesai, dilanjutkan dengan penghitungan sbb :
a. Penilaian Cakupan Kegiatan Yankes Cakupan sub variabel dan variabel. Cakupan sub variabel (SV) dihitung dengan membagi hasil pencapaian (H) dgn target sasaran (T) dikalikan 100 atau SV (%) = H x 100% T Cakupan variabel (V) dihitung dgn menjumlah seluruh nilai sub variabel ( Σ SV ) kemudian dibagi dengan jumlah variabel ( n ) atau V (%) = Σ SV n
Jadi nilai cakupan kegiatan Yankes adalah Rerata per jenis kegiatan. Kinerja cakupan pelayanan di kelompokkan sebagai berikut :
1. Kelompok I (kinerja baik) : Tingkat pencapaian hasil ≥ 91 %
2. Kelompok II (kinerja cukup) : Tingkat pencapaian hasil 81 – 90 %
3. Kelompok III (kinerja kurang) : Tingkat pencapaian hasil ≤ 80 %
b. Penilaian Kegiatan Manajemen Puskesmas
Penilaian kegiatan manajemen Puskesmas dikelompokkan menjadi 4 kelompok :
1. Manajemen Operasional Puskesmas
2. Manajemen alat dan obat
3. Manajemen keuangan
4. Manajemen ketenagaan
Penilaian kegiatan manajemen Puskesmas dengan mempergunakan skala nilai sebagai berikut :
1. Skala 1 nilai 4
2. Skala 2 nilai 7
3. Skala 3 nilai 10
Nilai masing-masing kelompok manajemen adalah rata-rata nilai kegiatan masing-masing kelompok manajemen.
1. Skala 1 Nilai 4
2. Skala 2 Nilai 7
3. Skala 3 Nilai 10
Cara Penilaian :
a. Nilai mutu dihitung sesuai dengan hasil pencapaian Puskesmas dan dimasukkan ke dalam kolom yang sesuai.
b. Hasil nilai skala di masukkan ke dalam kolom nilai akhir tiap variable
c. Hasil rata – rata nilai variabel dalam satu komponen merupakan nilai akhir mutu
d. Nilai mutu pelayanan dikelompokkan menjadi :
1. Baik : Nilai rata – rata > 8,5
2. Cukup : Nilai 5,5 – 8,4
3. Kurang : Nilai < 5,5
No comments:
Post a Comment