multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Tekhnologi Daur Ulang Spektakuler di Spanyol !

Pabrik Pengolahan Daur Ulang Sampah Menjadi Biogas di Madrid (NTDTV)

Gambar : Pabrik Pengolahan Daur Ulang Sampah Menjadi Biogas di Madrid (NTDTV)

Pabrik daur ulang sampah dekat Madrid punya cara baru dalam mendaur ulang. Sampah bekas organik di dirubah menjadi biogas. Satu pabrik bisa membuat cukup bio gas untuk kebutuhan tenaga listrik untuk lima ribu keluarga didaerah itu. prosesnya mulai dari ketika sampah mulai di kumpulkan dari tujuh puluh kota di sekitar provinsi Madrid di angkut ke pabrik produksi bio metan di Pinto.

Carlos Rivero, Kepala Departemen Lingkungan umum, mengatakan: “Pertama-tama kami memisahkan sampah organik dan non organik. Bagian organik di bawa ke proses bio-pengolahan untuk meningkatkan permentasi dan proses penurunan agar bisa memproduksi energi dalam bentuk gas bio,dan menghindarkan bahan baku ini dari membusuk.”

Kemudian sampah organik ini di aduk dan di simpan dalam sistem pencernaan pabrik dalam waktu duapuluh satu hari. Gas metan yang di hasilkan kemudian di extrak dan di alirkan ke genator listrik. Dengan proses yang sama, sampah non organik yang tersisa kemudian di proses sekali lagi di pisahkan oleh mesin pemisah yang memisahkan plastik dan kaleng. Sisa dari penyortiran akan di buang ketempat pembuangan sampah terdekat yang akan dibiarkan selama 20 tahun. Cerobong yang dipasang di dalam pembuangan sampah memberikan lebih banyak gas metan untuk di ekstrak dan dirubah menjadi tenaga listrik.

Carlos Rivero mengatakan: "Tujuannya adalah untuk mengambil energi yang dihasilkan dengan gas bio metan ini yang kami ekstrak dari pembuangan sampah lama dan juga panel solar yang kami miliki di atap.”

Tetapi jangan khawatir akan bau yang tidak sedap. Pabrik ini berada 30 kilometer dari kota,j adi tidak ada yang mengeluh. Menurut pemerintah kota Madrid,pabrik ini bisa menghasilkan 84 juta kilowatt perjam, energi sedemikian banyak akan terbuang percuma kalau tidak di kelola. (Erabaru/man)

Lihat videonya di: http://english.ntdtv.com/ntdtv_en/150/8445.html

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive