multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

100 Juta Warga China Alami Gangguan Jiwa !


Seorang pejabat senior kesehatan China mengatakan, setidaknya 100 juta warga China, saat ini, mengalami gangguan kejiwaan. Masalah ekonomi diduga menjadi penyebab meningkatnya penderita gangguan jiwa.

"Ini merupakan jumlah yang sederhana," kata Huang Yueain, direktur Pusat Kesehatan Mental Nasional (NCMH) seperti dikutip Telegraph.uk.

Lembaga yang dipimpin Huang itu didirikan pada 2002 atas usulan Menteri Kesehatan untuk memerangi meningkatnya jumlah penderita gangguan mental.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, jumlah penderita sakit jiwa di China, bahkan sudah melampaui penderita jantung dan kanker.

NCHM sendiri memberikan katagori seseorang bisa disebut mengalami gangguan jiwa, seperti kegelisahan, depresi, ketergantungan obat, hingga gangguan syaraf.

Namun Huang memperkirakan hanya 5 persen dari jumlah tersebut yang harus menjalani penagangan khusus.

Pemerintah China sendiri, menurut Huang, baru saat ini saja menyadari melonjaknya penderia gangguan jiwa. "Pemerintah tidak memberikan perhatian terhapa kesehatan mental selama 50 tahun," katanya.

Namun dalam 5 tahun (2007-2012), pemerintah memberikan perhatian dengan mendirikan pusat-pusat penaganan dan penelitian masalah kejiwaan.

Di kota Beijing saja akan dibangun enam klinik mental untuk menampung 150.000 penderita yang diperkirakan berada di kota itu. Juru bicara Menteri Kesehatan China Deng Xiaohong mengatakan, rumah-rumah sakit jiwa di seluruh China juga akan dibangun dalam waktu dekat.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive