multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Berlian Langka Ditawarkan Rp 92 M !


Foto ilustrasi

Sebuah berlian biru yang dipercaya bisa memecahkan rekor dijual di London, Inggris. Meski tak lebih besar dari uang logam, batu berharga itu penjualannya bisa mencapai US$ 8,5 juta alias Rp 91,9 miliar.


Berlian biru berkadar 7,03 karat dan hanya berjumlah segenggam itu ditawarkan dengan harga berkisar US$ 5,8 juta (Rp 62,7 miliar) hingga US$ 8,5 juta (Rp 91,9 miliar).

Batu yang ditemukan di Afrika Selatan tahun lalu itu dipamerkan di Rumah Lelang Sotheby’s, Mayfair hingga hari ini dan akan kembali dipamerkan pada 12 Mei mendatang di Jenewa, Swiss. Pecahan itu merupakan bagian dari berlian kasar seberat 26,58 karat yang ditemukan di Tambang Cullinan.

Tambang yang sama pernah memproduksi 530 karat berlian Afrika Great Star yang kini terpasang di mahkota Ratu Inggris. Institut Gemological Amerika (GIA), mengkategorikan berlian itu tanpa cela (flawless), sebuah ranking tertinggi untuk berlian.

Cathy Malins dari Petra Diamonds, perusahaan penambang berlian itu mengatakan, temuan mereka cukup unik. Mereka menambang dua hingga tiga ton per tahun dan menemukan satu atau dua karat berlian biru. “Kami tak tahu pasti kapan akan menemukannya,” ujarnya seperti dikutip BBC, Selasa (28/4).

Blue diamond ini semakin langka karena tak banyak perusahaan di dunia yang menambangnya. Warnanya kebiruan yang menjadi ciri khasnya itu muncul karena kandungan zat kimia bernama boron yang terkandung ketika ia berformasi.

Meski krisis ekonomi melanda, berlian langka ini tak kehilangan penggemarnya. Pembeli prospektif masih tersebar di seluruh dunia. “Kelangkaannya akan tetap menjadi keunggulan berlian ini,” lanjut Malins.

Pada Mei 2008, berlian biru seberat 3,73 karat laku di Sotheby dengan harga yang hampir mencapai US$ 5 juta (Rp 62,7 miliar). Jika bisa terjual hingga estimasi maksimal, yakni US$ 8,5 juta, maka harga jualnya memecahkan rekor. Demikian pula dengan nama si pembeli yang ikut tenar.

sumber : inilah.com

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive