multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Jangan Abaikan Bendera Merah di Pelabuhan Ratu !

SUKABUMI - Sebanyak kurang lebih 60 orang personel penjaga pantai dari Tim Search and Rescue (SAR) disiagakan dalam pengamanan perayaan pergantian tahun 2008-2009 di sepanjang perairan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Para petugas tersebut akan disiagakan di 15 titik kawasan wisata. Ketua Tim SAR Palabuhanratu, Oki Fajri, menegaskan para personel penjaga pantai tersebut akan disiagakan di 15 titik kawasan wisata, mulai dari Pantai Katapang Condong hingga Pantai Karang Naya dan Karang Hawu. Secara teknis, upaya pengamanan dilakukan dengan cara pengamatan di setiap pos penjagaan serta patroli bergilir.

"Kami sudah menyiagakan 60 orang personel di setiap titik rawan mulai hari ini sampai dengan puncak perayaan tahun baru," ujar Oki.

Beberapa titik rawan yang menjadi priorotas pengawasan lembaganya antara lain Pantai Cipatuguran, Citepus dan Karang Hawu.

Disamping menurunkan personel penjaga pantai, TIM SAR juga telah menyebarkan puluhan rambu-rambu peringatan berupa bendera yang terdiri dari warna merah, kuning dan hijau.

Oki menerangkan, bendera berwarna merah merupakan bentuk larangan atau tanda daerah pantai berbahaya. Sementara, bendera kuning menunjukan daerah waspada dan bendera hijau merupakan rambu area aman dikunjungi.

"Kami harap pengunjung nantinya lebih mentaati rambu-rambu bendera yang terpasang disekitar pantai. Setidaknya, harus bersikap hati-hati ketika terdapat bendera berwarna kuning. Begitu juga dengan rambu larangan agar wisatawan tidak memaksakan diri untuk mengunjungi daerah tersebut," paparnya. Oki menerangkan, terjadinya peristiwa kecelakaan laut, umumnya terjadi akibat keteledoran wisatawan terhadap rambu-rambu yang telah terpasang.

Berdasarkan pantauan di lokasi jumlah kunjungan wisata di sepanjang pantai Palabuhanratu, masih relatif sepi. Diperkirakan puncak kunjungan akan terjadi mulai Sabtu 27 Desember 2008 mendatang.

Biasanya H-3 perayaan tahun baru, kawasan pantai Palabuhanratu akan dipenuhi tenda-tenda wisatawan yang datang dari sejumlah daerah. "Biasanya tiga hari sebelum perayaan tahun baru, pengunjung sudah berebutan mencari lokasi untuk mendirikan tenda," ulas Oki.
Justify Full
okezone

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive