Peugeot Hadirkan Mobil Ramah Lingkungan dan Tangguh

Monday, 27 August 2007
From http://www.astraworld.com/

Kesadaran akan pelestarian lingkungan kini sudah menjadi bagian visi dan misi banyak perusahaan otomotif ternama, termasuk Peugeot. Apalagi konsumen juga sudah semakin mengerti dan mampu memilih serta memilah mobil bermutu dan ramah lingkungan.

Seperti dilansir easier.com, upaya menghadirkan mobil yang ramah lingkungan (environmentally friendly vehicle) ini didasarkan pada beberapa kriteria, seperti ukuran, model (style), harga, kepraktisan dan konsumsi bahan bakar.

Untuk menjawab kebutuhan pasar ini, Peugeot yang juga memiliki visi kesadaran lingkungan (environmentally aware), berupa memenuhinya dengan menciptakan mobil keluarga. Keberhasilan menciptakan mobil jenis ini menjadikan perusahaan otomotif terdepan Perancis ini memperoleh sejumlah penghargaan.

Adalah Peugeot 207 1.6 HDi 90 S yang beberapa waktu lalu di luncurkan di Inggris. Mobil ini dirancang sebagai mobil yang memiliki kemampuan mesin tangguh dan cocok sebagai mobil harian untuk segala medan lintasan. Dengan disain sasis yang kokoh, mobil ini mampu menahan getaran hingga tingkat maksimal. Apalagi untuk urusan kaki-kaki (ban), 207 1.6 HDi 90 ditopang Bridgestone Potenza dengan ukuran 205/45R17W. Belum lagi adanya rear spoiler yang mampu meningkatkan aerodinamika mobil ini hingga mencapai tingkat efisiensi maksimal.

"Industri otomotif saat ini sedang memasuki era revolusi hijau (green revolution)," ujar Pierre Louis Colin, Managing Director Peugeot Inggris. Menurutnya, keinginan konsumen adalah dengan dana yang dimiliki bisa mendapatkan mobil yang bagus, irit dan ramah lingkungan.

Peugeot 207 1.6 HDi 90 menggamit mesin 1.6 liter dengan THP (Turbo High Pressure), di mana dengan mesin ini tenaga yang dihasilkan mencapai 175 bhp dengan torsi maksimal 180 lb ft mulai dari percepatan 1.600 rpm. peugeot.co.uk, dengan teknologi THP, torsi keluaran maksimum bisa mencapai 4.500 rpm, sehingga kecepatan maksimal bisa terangkat hingga 195 lb ft.

Peugeot 207 1.6 HDi 90 dilengkapi dengan teknologi ESP system, di mana dengan teknologi mampu tersebut mobil ini mampu “memanipulasi” kecepatan hingga tingkat maksimal. Tak heran, jika banyak pengamat otomotif –seperti dikutip peugeot.co.uk, merekomendasikan mobil sebagai kendaraan yang cocok untuk arena balap.

Teknologi ESP juga didukung dengan SSP function (Steering Stability Program). Konsep electric power steering ini mampu mengatasi kendali mobil saat melintasi permukaan tak datar.

Disain interior Peugeot 207 1.6 HDi 90 juga dirancang sporty dan dinamis. Tempat duduk dengan kapasitas empat penumpang dirancang sedemikian rupa sehingga menghasilkan kenyamanan tingkat tinggi, misalkan bahan pembalut jok/kursi terbuat dari material berkualitas. Selain kelembutan bahan, pegas-pegas yang ada di bawahnya juga turut membantu kenyamanan pengemudi. Bentuk sculpted dan ergonomis dari disain kursinya, memang dibuat perancangnya untuk konsep mobil sport, yang bukan sekadar enak dilihat, namun juga fungsional.

Sementara untuk keamanan, 207 1.6 HDi 90 dilengkapi dengan 6 airbags sebagai kelengkapan standar, plus 2 Isofix child safety mounting pada bagian rear-nya. Dengan tingkat proteksi keamanan maksimal mobil generasi 207 memperoleh penghargaan Euro NCAP.

Peugeot 207 1.6 HDi 90 juga dilengkapi alat bantu pengemudi dan sistem keamanan maksimal yang meliputi; rear parking aid, headlamp bentuk ellips, sepasang speed limiter dengan cruise control, kemudian automatic headlamps dan wipers. Tak ketinggalan dual zone climate control air conditioning, tyre under-inflation sensors, folding electric door mirrors dan electro-chrome interior rear-view mirror.
(kano/pra)

KOMPETISI DESAIN DAN PENULISAN WEB / BLOG:
Kompetisi Website Kompas MuDA - IM3

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...