multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Raksasa Air di Taman Mini Indonesia !



Arapaima Gigas, ikan raksasa asal sungai Amazon, Amerika Selatan, yang panjangnya bisa mencapai empat meter, tampak berenang pelan dalam paludarium atau semacam akuarium yang menghadirkan ekosistem darat dan ekosistem air dengan berbagai jenis kekayaan hayatinya.

Dipojok lain, didalam satu akuarium seekor ikan Tapah, ikan raksasa asli Indonesia, berasal dari perairan Sumatera yang ukurannya bisa menyamai sebuah minibus, juga dapat dilihat.

Raksasa-raksasa air tawar tersebut hanya sebagian dari 125 species ikan, crustacean dan kura-kura yang disajikan dalam suatu peragaaan Taman Akuarium dengan lingkungan alamnya didalam bangunan dua lantai seluas 5.500 m2.

Mengenalkan keaneanekaragaman hayati ikan dan biota air tawar serta ekosistemnya itu lah misi Taman Akuarium Air Tawar, Taman Mini Indonesia Indah, disingkat TAAT-TMII, yang diresmikan pada tanggal 20 April 1994 dan berada dalam ditepi danau buatan yang merupakan kelanjutan menyatu padu dalam suatu tatanan lingkungan air tawar yang unik.

Ikan tawar asli Indonesia yang dikagumi di dunia antara lain siluk/ arwana (sclerophages Formosus), Gurame (osphronemus Gouramy), ikan sumpit (toxotes Jaculator), Labi-labi Albino (Trionyx sp.), dan lain-lain, menjadi koleksi andalan dari TAAT, selain ikan-ikan dari luar negri seperti Piranha (Sarasalmus Piraya), Ikan Paru (Protopteus Aethiopicus), ikan buta (Anoptichtys Jordan) dan masih banyak lagi.

Setelah mengunjungi tempat ini diharapkan tumbuhnya kebanggaan dan pemahaman atas kekayaan bahari, juga rasa cinta atau peduli terhadap biota air tawar yang belakangan ini mulai terancam keberadaannya.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive