multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Hasil dan Video Pertandingan Spanyol vs Italia (Final Euro 2 Juli 2012)

BERITA BOLA - Hasil Spanyol vs Italia. Spanyol sukses mempertahankan gelar juara Euro usai meraih kemenangan 4-0 atas Italia pada partai final. Spanyol pun mengukuhkan diri sebagai tim pertama yang mampu mempertahankan gelar Piala Eropa sekaligus menjadi satu-satunya negara yang bisa meraih dua trofi Piala Eropa dan satu Piala Dunia secara beruntun.

Bertanding di NSK Olimpijs'kyj, Senin, 2 Juli 2012, dinihari WIB, Spanyol lebih dulu mengambil inisiatif menyerang. Tekanan gencar langsung dilancarkan La Furia Roja ke lini pertahanan Italia, memaksa Gianlugi Buffon dkk berjibaku mempertahankan gawangnya.

Setelah berkali-kali menekan, Spanyol akhirnya berhasil membuka skor melalui David Silva pada menit ke-14. Berawal dari umpan terobosan Andres Iniesta disambut Cesc Fabregas yang lolos dari jebakan offside. Sempat mengecoh satu bek lawan, Fabregas melepas umpan silang yang disambut David Silva dengan tandukan kepala. Bola pun bersarang di gawang Buffon.

Tertinggal satu gol, Italia kian meningkatkan tekanan. Skuad asuhan Cesare Prandelli ini pun mampu mengambil alih kendali permainan. Sedangkan Spanyol mulai memperkuat pertahanan dan sesekali melancarkan serangan balik cepat.

Justru dengan serangan balik itu Spanyol akhirnya mampu menggandakan skor, tepatnya pada menit ke-41. Menerima umpan terobosan Xavi Hernandez, Jordi Alba berhasil lolos dari jebakan offside, dan tinggal berhadapan dengan Buffon. Dengan sepakan mendatar kaki kiri, Alba kembali memaksa Buffon mencomot bola dari gawangnya.

Dua gol itu membuat Spanyol kian leluasa memainkan bola. Sedangkan Italia terus berusaha mencari celah untuk menembus pertahanan Spanyol. Sayang, hingga turun minum, upaya Gli Azzurri gagal membuahkan hasil. Spanyol memimpin 2-0 hingga jeda.

Pada babak kedua, Italia langsung memasukkan Antonio Di Natale guna menambah daya gedor di lini depan. Masuknya Di Natale membuat variasi serangan Italia lebih hidup. Dua peluang mampu dihasilkan striker asal Udinese tersebut. Namun Casillas masih tangguh di bawah mistar.

Alih-alih berhasil memperkecil ketinggalan, nasib sial justru kembali menghampiri Italia. Pada menit ke-61, Thiago Motta, yang baru masuk menggantikan Riccardo Montolivo, harus keluar lagi karena mengalami cedera. Italia pun terpaksa tampil dengan 10 pemain pada sisa laga karena sudah melakukan tiga pergantian.

Situasi itu membuat Spanyol kian leluasa mendominasi permainan sepanjang babak kedua ini. Balotelli pun diinstruksikan bermain lebih ke belakang demi menambal lubang yang ditinggal Thiago Motta. Akan tetapi, Spanyol justru berhasil menambah dua gol melalui pemain pengganti, Fernando Torres dan Juan Mata.

Menerima umpan terobosan Xavi, Torres dengan leluasa mampu menjebol gawang Buffon pada menit ke-84. Dilanjutkan gol Mata, yang berhasil memanfaatkan umpan Torres pada sentuhan keduanya sejak masuk menggantikan Iniesta, dengan sontekan kaki kiri di mulut gawang. Skor akhir pun menjadi 4-0 untuk La Furia Roja, sekaligus kembali menahbiskan mereka sebagai penguasa Eropa. Sekaligus mencatat rekor kemenangan terbesar sepanjang sejarah gelaran partai final Piala Eropa.

Berikut video highlight pertandingan Spanyol vs Italia:




Susunan pemain Spanyol vs Italia:

Spanyol: Iker Casillas, Gerard Piqué, Sergio Ramos, Arbeloa, Jordi Alba, Andrés Iniesta (Juan Mata 87'), Xavi, Cesc Fàbregas (Fernando Torres 75'), Xabi Alonso, Sergio Busquets, David Silva (Pedro 59').

Italia: Gianluigi Buffon, Giorgio Chiellini (Federico Balzaretti 21'), Ignazio Abate, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Claudio Marchisio, Daniele De Rossi, Riccardo Montolivo (Thiago Motta 57'), Andrea Pirlo, Mario Balotelli, Antonio Cassano (Antonio Di Natale 46').

Sumber: http://www.bolagolnet.com/2012/07/hasil-dan-video-pertandingan-spanyol-vs-italia-final-euro-2-juli-2012/

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive