multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Cara Efektif mencari dengan cepat dan tepat di Search Engine GOOGLE


Kebanyakan orang di dunia yang suka menjelajah internet tahu bahwa Google merupakan search engine yang sangat cepat untuk menemukan data data yang kita butuhkan.
Tehnologi infrastruktur yang dimiliki oleh Google mamapu memberikan layanan yang
luar biasa.Namun kecepatan ini tidak selalu membuahkan hasil yang tepat .
Tidak semua proses pencarian dapat berjalan efektif dan efisien, meskipun search engine yang digunakan merupakan SE (search engine) yang tercepat.
Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips pencarian di SE Google dengan ”Sintax”.

Mencari dengan Sintax
Untuk mencari sesuatu dalam Google anda dapat menggunakan sintax. Penggunaan antara sintax yang satu dengan yang lainnya dapat digabungkan. Namun tidak semua sintax dapat digabungkan. Ada aturannya sendiri untuk mengabungkan sintax. Berikut ini adalah macam macam sintax yang dapat anda gunakan ketika mencari dengan SE Google:

  1. ’intitle:’ untuk membatasi pencari hanya pada judul/nama web saja. Contoh: intitle:”yusuf kalla”.
  2. ‘allintitle:’ untuk membatasi pencari hanya pada judul/web saja dengan variasi ekspresi pencarian lebih dari satu. Contoh: allintitle:”harian kompas” .
  3. ’inurl:’ untuk membatasi pencarian hanya pada halaman web saja. Contoh: inurl:kompas.
  4. ’allinurl:’ untuk membatasi pencarian hanya pada alamat web saja dengan variasi ekspresi pencarian lebih dari satu.Contoh: allinurl:harian kompas.
  5. ’intext:’ untuk membatasi pencarian hanya pada bagian dalam dokumen saja.Contoh: intext:google
  6. ’allintext:’ unutk membatasi pencarian hanya pada bagian dalam dokumen saja dengan variasi ekspresi pencarian lebih dari satu. Contoh: allintext:menggunakan google.
  7. ’site:’ untuk membatasi pencarian hanya pada salah satu domain saja. Contoh: kompas site:.com
  8. ’ link:’ membatasi pencarian hanya pada halaman web yang memiliki link yang dicari. Contoh: link:www.google.com
  9. ’cache:’ untuk mendapatkan halaman web yang telah diindex google, meskipun halaman web tersebut telah berubah. Sintax ini memungkinkan anda untuk mengakses cache google. Contoh: cache:”kompas 07-04”
  10. ’filetype:’ untuk membatasi tipe file yang akan di cari. Contoh: Cellular filetype:pdf
  11. ‘ related:’ untuk mencari data yang saling berhubungan. Contoh: DVD related:www.ebay.com
  12. ‘phonebook:’ untuk mencari keterangan yang tersedia dalam buku telepon atau alamat. Contoh: phonebook:”george bush”



Di atas telah disinggung bahwa antara sintak yang satu dengan yang lainnya dapat saling digabungkan. Namun satu hal yang harus diingat bahwa ada juga sintak yang tidak dapat digabungkan, diantaranya adalah sintak yang berlawalan ‘all’.
Berikut ini antara lain sintak-sintak yang dapat digabungkan: intitle: dengan site: , intitle: dengan inurl: , site: dengan filetype: , dan seterusnya.

Mencari file archive
Bagi anda yang sering melakukan research, maka mencari berita dalam database media tertentu daoat menjadi sangat penting. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika anda mengikuti tips ini.

Misalnya saja anda ingin mencari berita yang berkaitan dengan pemilu 2006 pada salah satu media online di Internet. Maka ketiklah: ”Pemilu 2006” site:kompas.com
Maka google akan memberikan hasil yang berkaitan dengan pemilu 2006 yang dalam archive kompas.com.


Mencari penjelasan tentang sesuatu
Jika anda ingin mengetahui penjelasan tentang sesuatu yang anda ingin ketahui atau terminologi sesuatu, maka tulislah kata pencarian anda dengan lengkap. Misal anda ingin tahu apa yang dimaksud dengan RSS. Jangan hanya mengetikan RSS saja, tetapi ketiklah : ”What is RSS?” Maka hasil yang akan ditampilan lebih terfocus.


Mencari gambar lewat Google
Jika ingin mencari gambar dengan google, selain anda dapat memanfaatkan tips sebelumnya dalam menentukan kata kunci , anda juga dapat menggunakan tips berikut.
Dalam hasil yang ditunjukan oleh Google image, pada bagian kanan-atas hasil pencarian ada link yang bertuliskan Lage, Mediium dan Small. Dengan memilih salah satunya, maka hasil pencarian akan berubah, gambar yang ditampilkan akan berukuran seperti yang anda pilih di sudut kanan atas.



Semua tips ini akan sangat membantu anda yang mencari informasi di Google lebih cepat dan efisien serta tepat sasaran.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive