Melihat penampakan jembatan tertinggi di dunia


Jembatan Baluarte di Mexico memiliki tinggi 403 meter. Tingginya hanya kurang sedikit dibanding menara kembar Petronas di Malaysia (452 meter), namun kira-kira 3x tinggi Monas (137 meter). Nah, sudah bisa membayangkan kalau kita berdiri di atas jembatan Baluarte dan melihat ke bawah?

Jembatan yang belum lama diresmikan oleh Presiden Meksiko Felipe Calderon ini berdiri di atas jurang yang dalam di pegunungan di Sierra Madre, Meksiko bagian utara. Baluarte ini merupakan jembatan modern yang menghubungkan pesisir pantai Pasifik dan Atlantik.

Jalur ini merupakan bagian dari jalan raya baru yang melintasi daerah karang di Meksiko, dari Mazatlan ke Durango yang berada di pedalaman. “Proyek ini akan mempersatukan masyarakat yang berada di bagian utara Meksiko, ” kata Presiden Calderon saat pidato peresmian.

Ketinggian jembatan Baluarte ini mengalahkan rekor jembatan tertinggi sebelumnya dipegang oleh Millau Viaduct di Prancis yang memiliki ketinggian 343 meter. Dengan demikian, saat ini Baluarte tercatat sebagai jembatan tertinggi oleh Guinness World of Records

Dengan berfungsinya jembatan Baluarte ini, maka bisa mengurangi waktu perjalanan dari Mazatlan dan Durango sekitar enam jam.

Warga Meksiko berharap pembangunan jembatan ini akan meningkatkan wisatawan dan perdagangan di wilayah itu.

Kabarnya, pemerintah Meksiko juga akan membangun delapan jembatan lain dengan ketinggian diatas 300 meter, dan juga lebih dari 60 terowongan.

Well, mudah-mudahan jembatan Baluarte benar-benar kokoh sehingga tak mudah ambruk seperti jembatan Kukar, ya.


SUMBER : http://carakata.blogspot.com/2012/06/melihat-penampakan-jembatan-tertinggi.html

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...