Contoh Laporan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) I

Contoh Laporan Kuliah Kerja Lapangan, kkl
Ristizona - Kali ini saya membagi laporan kuliah kerja lapangan yang pernahku buat, ini merupakan hasil  ketika saya melaksanakan KKL di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang. Jika kamu sedang mengerjakan laporan KK dan mencari contohnya, mungkin laporan ini bisa dijadikan salah satu contoh.

BAB 1. PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Kuliah Kerja
Mahasiswa sebagai insan akademis selama ini hanya terpaku pada proses pembelajaran teoritis dan bukan praktis. Oleh sebab itulah banyak mahasiswa yang ketika akan memasuki dunia kerja diragukan kemampuannya, walaupun dari segi nilai tidak sedikit mahasiswa yang mempunyai predikat cumlaude.
Agar tidak terpaku pada proses pembelajaran yang teoritis ini diperlukan suatu metode yang diharapkan akan membawa perubahan pada para mahasiswa. Perubahan tersebut harus dapat memberikan dampak yang terbaik tentunya. Sebagai salah satu contoh tersebut adalah diberlakukannya Kuliah Kerja Usaha. Sehubungan dengan hal tersebut, maka alasan dalam pemilihan tempat kuliah di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) adalah karena KPKNL Jember merupakan salah satu instansi pemerintah yang mempunyai integritas tinggi khususnya bagi masyarakat Jember dan sekitarnya.
Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) merupakan Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang berada di bawah koordinasi Kantor Wilayah X DJKN Surabaya dan mempunyai wilayah kerja yang meliputi Kabupaten Jember, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Probolinggo dan Kota Probolinggo. Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jember mempunyai tugas dalam melaksanakan pelayanan di bidang pengelolaan kekayaan negara, piutang negara, pelayanan penilaian, pelayanan lelang serta hukum dan informasi.
Bidang piutang negara  mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penetapan dan penagihan piutang negara serta pemeriksaan kemampuan penanggung  hutang atau penjamin hutang dan eksekusi barang jaminan, pertimbangan dan pemberian keringanan hutang, pengusulan pencegahan ke Luar Negeri, pengusulan dan pelaksanaan paksa badan, penyiapan pertimbangan penyelesaian atau penghapusan piutang negara, serta penggalian potensi piutang negara.
Bidang pelayanan lelang mempunyai tugas melakukan pemeriksaan dokumen persyaratan lelang dan dokumen objek lelang, penyiapan dan pelaksanaan lelang, pembuatan salinan, petikan dan grosse risalah lelang, pelaksanaan superintendensi pejabat lelang serta pengawasan balai lelang dan pengawasan lelang.
Bidang pelayanan penilaian mempunyai tugas melakukan identifikasi permasalahan, survei pendahuluan, pengumpulan dan analisis data, penerapan metode penilaian, rekonsiliasi nilai serta kesimpuan nilai dan laporan penilaian untuk kepentingan penilaian kekayaan negara, sumberdaya alam, real properti, properti khusus dan usaha serta penilaian atas permintaan badan hukum pemerintah dan penilaian terhadap objek-objek penilaian yang diamanatkan oleh Undang-Undang atau Peraturan Pemerintah.
Laporan kuliah kerja ini membahas tiga bidang yang menjadi kegiatan selama pelaksanaan Kuliah Kerja di KPKNL yaitu bidang piutang negara, pelayanan lelang, dan pelayanan penilaian.

1.2  Tujuan dan Manfaat
1.2.1      Tujuan Kuliah Kerja
Adapun tujuan kuliah kerja ini antara lain:
a.    Bidang Piutang Negara:
1)  untuk mengetahui prosedur pengurusan piutang negara
2)  untuk mengetahui pembuatan surat panggilan I
3)  untuk mengetahui pembuatan surat panggilan terakhir.
b.    Bidang Pelayanan Lelang:
1)  untuk mengetahui tata cara pelelangan
2)  untuk mengetahui prosedur pelaksanaan sistem lelang
3)  untuk mengetahui tata cara pembuatan surat penetapan hari dan tanggal lelang.
c.    Bidang Pelayanan Penilaian:
1)  untuk mengetahui prosedur penilaian Barang Milik Negara (BMN)
2)  untuk mengetahui pengisian kertas kerja data base objek penilaian tanah
3)  untuk mengetahui pengisian kertas kerja data base objek penilaian bangunan
4)  untuk mengetahui pengisian kertas kerja data base objek penilaian kendaraan
5)  untuk mengetahui pengisian kertas kerja data base objek penilaian pembanding tanah
6)  untuk mengetahui pengisian kertas kerja data base objek penilaian pembanding kendaraan.

Pada BAB 1 masih ada Manfaat Kuliah Kerja, Pelaksanaan Kuliah Kerja yang mencakup Objek Kuliah Kerja dan Pelaksanaan Kerja.

Karena terlalu banyak dan akan panjang jika saya share diblog ini, jadi kamu bisa mendownload contoh laporan ini disini contoh laporan KKL bab 1 (bentuk file .doc)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...