7 Penyakit Yang Sering Muncul Saat Puasa Ramadhan


gangguan kesehatan yang datang saat puasa
Puasa diyakini dapat meyehatkan badan namun jika kita menjalankan puasa dengan cara yang tidak sehat maka beberapa penyakit akan timbul ketika kita melaksanakan ibadah puasa ramadahn. Ingin tahu penyakit apa aja yang sering timbul ketika puasa Ramadhan simak 7 Penyakit Yang Sering Datang Saat Puasa Ramadhan berikut ini.

1. Diare dan sakit perut
Gangguan kesehatan yang kerap terjadi di minggu pertama puasa adalah diare dan sakit perut akibat penerapan pola makan yang salah. Gangguan diare dan sakit perut yang kerap dikeluhkan pada minggu pertama puasa karena salah makan saat sahur atau berbuka.
“Ada orang yang memiliki gangguan maag, tapi malah makan sahur dengan menggunakan mie instan. Padahal mie instan seharusnya tak dikonsumsi mereka yang mengalami gangguan maag. Akibatnya, siang hari perut kembung memicu muntah sehingga membatalkan puasa,” kata Dr H Ari fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, Divisi Gastroenterologi – Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSUPN Cipto Mangunkusumo, di Jakarta.
Untuk mengatasinya, disarankan mengurangi konsumssi makanan bersantan (kolak), gorengan, makanan pedas, minuman manis serta minuman dingin.

2. Tekanan darah randah
Keringat berlebihan, lemas, lesu, kurang tenaga, pusing (terutama saat bangkit dari tempat duduk), muka pucat dan serasa akan pingsan adalah gejala tekanan darah rendah.
Gejala itu umumnya muncul di sore hari. Untuk mengatasinya, tambahkan porsi minuman dan garam di malam hari dan perbanyak istirahat di sore hari. Bila tekanan darah tetap juga rendah, konsultasi dengan dokter.

3. Kepala pusing
Penyebab kepala pusing umumnya adalah kurang tidur dan rasa lapar, terutama pada hari-hari pertama puasa ketika tubuh belum beradaptasi dengan ritme puasa. Para perokok atau peminum kopi bisa merasa pusing karena tidak adanya asupan kafein dan nikotin yang biasa didapat tubuh di siang hari.
Untuk mengatasinya, kurangilah secara bertahap porsi minum kopi dan merokok selama seminggu atau dua minggu sebelum Ramadhan. Aturlah waktu tidur Anda dengan pola baru di bulan Ramadhan sehingga Anda mendapatkan cukup istirahat.

4. Kram otot
Penyebab kram otot adalah kurangnya asupan kalsium, magnesium dan potasium. Untuk mencegahnya, makanlah makanan kaya mineral tersebut seperti pisang, apel dan buah-buahan lainnya, susu, daging dan kurma.
Sakit persendian

5. Gula darah rendah
Lemah, pusing, lelah, sulit berkonsentrasi, keringat dingin, gemetar (tremor) dan kurang tenaga adalah gejala kekurangan gula darah. Bagi orang yang tidak menderita diabetes, penyebabnya adalah terlalu banyak konsumsi gula di saat sahur sehingga tubuh mengeluarkan terlalu banyak insulin yang menyebabkan gula darah anjlok.
Untuk mencegahnya, makanlah makanan yang kaya karbohidrat dan kurangi makanan dan minuman yang manis di saat sahur.

6. Sembeit
Sembelit adalah gejala sulit buang air besar yang berisiko menyebabkan ambeien atau wasir dan pendarahan pada lubang anus. Penyebab konstipasi umumnya adalah kurangnya makan makanan yang berserat dan kurang minum.
Untuk mengatasinya, makanlah makanan yang kaya serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan serta perbanyaklah minum.

7. Perut kembung
Perut kembung disebabkan oleh makan terlalu banyak goreng-gorengan dan berlemak serta makanan yang memproduksi gas seperti telur dan kubis. Minuman karbonasi seperti coca cola juga menimbulkan gas.
Untuk mengatasinya, hindari terlalu banyak makanan berminyak, berlemak dan memproduksi gas, perbanyaklah minum air atau jus buah.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...