multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Paket Speedy , Paket Unlimited Yang Tidak Unlimited !







Hari ini (18 Mei 2009) saya membayar tagihan paket baru internet Speedy langsung ke kantor Telkom. Hal ini memang harus dilakukan kalau mengganti paket. Saya mengganti paket lama dengan paket baru yang berlaku mulai tanggal 1 April 2009. Paket yang saya ambil adalah LOAD dengan quota 3GB perbulan, kecepatan 512 kbps dan upload 128 kbps. Lewat dari quota kecepatan turun jadi 128 kbps dan upload 64 kbps. Tidak ada biaya tambahan bila terjadi kelebihan pemakaian, hanya penurunan kecepatan (harap perhatikan kalimat terakhir).


Kebetulan tanggal 30 April memang saya memakai lebih dari quota, tidak dengan sengaja tapi karena memang tidak bisa dihindari. Tapi saya tenang-tenang saja karena jaminan TIDAK ADA BIAYA TAMBAHAN KELEBIHAN PEMAKAIAN yang juga sudah saya tanyakan langsung ke customer service (cs). Ternyata kelebihan pemakaian itu tetap harus saya bayar sebesar jumlah megabyte (mb) dikali Rp 500. Aneh sekali. Paket unlimited berarti tidak ada batasan, tapi kelebihan pemakaian tetap harus bayar, kalau begitu apa artinya nama PAKET UNLIMITED?

Tidak ada, itu hanya kebohongan dan pancingan Telkom agar orang makin tertarik berlangganan internet dengan harga tidak terlalu murah dan kualitas masih mengecewakan. Karena saya sudah tahu Telkom pasti ada saja ketidakberesan dan kecurangan pembayaran pada pelanggan, saya tidak terlalu kaget. Saya hanya kembali kesal dan kecewa dengan cara Telkom yang tidak memberi penjelasan selengkap dan sedetail mungkin. Namun kadang secara cerdik cs akan menjawab "Lihat pemakaian bulan depan baru nanti dihitung lagi tagihannya." Mereka tidak memberi jawaban pasti dan hanya kemungkinan, artinya hasil akhir untung-untungan bagi pelanggan dilihat dari caranya memakai paket Speedy.

Saran saya pada anda yang hendak memakai Speedy karena tidak ada pilihan lain adalah:

1. Usahakan Speedy aktif pada awal bulan, sebaiknya tanggal 1.

2. Bila mau ganti paket, sebaiknya pada tanggal terakhir bulan atau tanggal 1 bulan berikutnya.

3. Usahakan memakai quota kurang dari maksimal.

Dengan semakin kecewanya saya pada Telkom serta kualitas koneksi yang tetap tidak lebih bagus, saya makin berminat untuk ganti provider. Kalaupun ada pihak Telkom yang merespon, saya yakin jawabannya standar saja dan tidak akan memuaskan karena fakta yang terjadi sudah jelas dan tidak sesuai dengan janji Telkom.

Saya yakin Telkom akan menutupi kesalahan dan kelalaian dengan alasan:

1. CS (customer service) tidak profesional alias melempar kesalahan

2. Paket ini masih disesuaikan

3. Kebijakan Telkom yang tidak bisa diganggu gugat

4. Pihak pelanggan tidak bertanya lebih detil - padahal saya sudah bertanya sedetil mungkin dan sangat cerewet.

Telkom selalu memberitahu detil pemakaian dan pembayaran internet sesedikit mungkin agar pelanggan kebablasan memakai paket dengan akibat membayar tagihan lebih besar dari seharusnya.

Walaupun saya menulis artikel ini bukan berarti Telkom akan berubah apalagi sebagian masyaratkat Indonesia mulai melek internet tapi provider terbatas. Saya yakin Telkom akan selalu dan terus melakukan kecurangan dan kebohongan pada pelanggan. Saya hanya berharap agar anda yang membaca artikel ini bisa lebih berhati-hati dalam memakai Speedy. Bila mungkin lebih baik ganti provider yang lebih bagus, kalau tidak ada maka terpaksa memakai Speedy secerdik mungkin atau ke warnet atau bahkan tidak berinternet sama sekali.

http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=14360&post=1

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive