multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Metode Bertukar Pasangan dan Bermain Ular Tangga Pembelajaran Kteatif Bilogi

Pada Kompetensi Dasar (KD) sirkulasi darah hewan misalnya siswa dibagi menjadi beberapa kelompok masing masing mempunyai tugas berbeda.Misalnya mempelajarai sirkulasi darah ikan,ampibi,reptile,aves,mamalia, dan seterusnya.

Kemudian masing-masing anggota kelompok membentuk kelompok baru,sehingga kelompok baru tersebut tersebut berisi siswa dari grup ikan,ampibi dan seterusnya.
Dalam kelompok baru tersebut setiap siswa menerangkan apa yang telah dipelajari.Ada penilaian antar siswa daln.am kelompok baru tersebut.Meliputi keaktivan,dalam diskusi serta kemampuan menerangkan dan kemampuan menjawab pertanyaan
Keunggulan
1.Setiap siswa termotivasi untuk menguasai materi.
2.Menghilangkan kesenjangan antara yang pintar dengan tidak pintar.
3. Mendorong siswa tampil prima karena membawa nama baik kelompok lamanya
Kelemahan
.Ada siswa yang takut diintimidasi bila member nilai jelek kepada anggotanya ( bila kenyataannya siswa lain kurang kurang mampu menguasai materi.
Solusinya ,lembar penilaian tidak diberi nama si penilai.

METODE BERMAIN ULAR TANGGA

Guru mengajak siswa membuat lingkaran.Siswa diajak bernyanyi sambil berjalan pelan-pelan.Bersamaan dengan itu,guru membagikan kartu.Ada yang berisi soal, ada yang berisi jawaban.Setelah bernyanyi sejenak,guru memberikan aba-aba agar siswa menjodohkan antara soal dengan jawaban.Pasangan siswa yang benar mendapat poin.

Keunggulan

.Tercipta suasana gembira dalam belajar.Dengan demikian meskipun saat pelajaran menempati jam terakhir pun,siswa tetap antusias belajar.

Kelemahan

Ada siswa yang mengambil jalan pintas ,dengan meminta tolong pada temannya untuk mencarikan jawabnya.
Solusinya mengurangi poin pada siswa yang membantu dan dibantu.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive