multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF KREATIF

I. PICTURE AND PICTURE

Langkah-langkah:

  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Menyajikan materi sebagai pengantar
  3. Guru menunjukkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
  4. Guru menunjuk siswa secara bergantian mengurutkan gambar menjadi urutan logis
  5. Guru menanyakan dasar pemikiran urutan gambar tersebut
  6. Dari alasan urutan gambar guru memulai menanamkan konsep sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
  7. Kesimpulan/rangkuman

II. MIND MAPPING

Langkah-langkah:

  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa
  3. Membentuk kelompok
  4. Setiap kelompok menginventarisasi alternatif jawaban hasil diskusi
  5. Setiap kelompok membacakan hasil diskusinya dan guru mencatat di papan tulis serta mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
  6. Data data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan guru

III, MAKE- A MATCH

Langkah-langkah:

  1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang sesuai untuk sesi riviu, sebaliknya satu kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
  2. Setiap siswa mendapat satu lembar kartu
  3. Setiap siswa memikirkan jawaban/soal kartu yang dipegang
  4. Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal-jawaban)
  5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
  6. Setelah satu babak, kartu dikocok lagi agar setiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
  7. Demikian seterusnya
  8. Kesimpulan/penutup

IV.SNOWBALL THROWING\

Langkah-langkah:

  1. Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
  2. Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil wakil kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
  3. Wakil kelompok kembali ke kelompoknya, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru
  4. Masing-masing siswa diberikan satu le4mbar kertas kerja untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh guru
  5. Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari siswa ke siswa yang lain
  6. Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan pada siswa untuk menjawab pertanyaan tertulis dalam bola kertas secara bergantian
  7. Penutup

V. COURSE REVIEW HORAY

Langkah-langkah:

  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
  3. Memberi kesempatan bertanya kepada siswa
  4. Siswa menyiapkan sebuah kotak dan beberapa lembar kertas kertas yang sudah diberi nomor-nomor
  5. Guru membaca soal secara acak dan siswa menuliskan jawaban di kertas-kertas tersebut sesuai nomor yang disebutkan oleh guru dan langsung didiskusikan, jika benar diberi tanda (V) dan jika salah diisi tanda (X)
  6. Siswa yang sudah mendapat tanda V harus berteriak horay… atau yel-yel lainnya
  7. Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay
  8. Penutup

VI.COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)

Langkah-langkah:

  1. Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang heterogen
  2. Guru memberikan wacana/kliping sesuai topik pembelajaran
  3. Siswa bekerjasama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana kliping dan ditulis pada selembar kertas
  4. Mempresentasikan/membacakan hasil kerja kelompok
  5. Guru membuat kesimpulan bersama
  6. Penutup

VII.BERPIKIR-BERPASANGAN-BERBAGI (THINK-PHARE-SHARE ) TPS

TPS dirancang untuk mempengaruhi interaksi siswa. Struktur ini menghendaki siswa bekerja saling membantu dalam kelompok-kelompok kecil.

Tahap 1: Thinking, guru memberikan pertanyaan atau isu yang berhubungan dengan pelajaran, siswa diminta memikirkan jawabannya sendiri.

Tahap 2: Pairing, siswa berpasangan untuk mendiskusikan yang dipikirkan pada tahap 1.

Tahap 3: Sharing guru meminta pasangan siswa berbagi dengan seluruh kelas tentang yang mereka diskusikan. Dilakukan bergiliran.

VIII.PENOMORAN-BERPIKIR-BERSAMA ( NUMBERED-HEAD-TOGETHER ) NHT

Struktur empat langkah NHT

Tahap 1: Penomoran, guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok, setiap kelompok diberi nomor.

Tahap 2: Mengajukan pertanyaan, guru memberikan pertanyaan kepada masing-masing siswa.

Tahap 3: Berpikir bersama, siswa berdisksusi tentang jawaban pertanyaan.

Tahap 4: Menjawab, guru memanggil suatu nomor tertentu. Siswa nomornya sesuai dapat menjawab pertanyaan untuk seluruh kelas.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive