Pembelajaran Kreatif di SD dengan Permainan

1.Bisik Berantai

Tujuan melatih ketrampilan menyimak dan mendengarkan

Cara Bermain
Setiap siswa harus membesikkan kalimat kepada teman kelompoknya.Terus berturut-turut sampai anggota kelompok terakhir.Pemain terakhir harus Pemain/siswa terakhir dalam kelompok harus mengatakan kembali isi kalimat yang dibisikkan.Benar atau salah kalau salah dimana letak kesalahannya. Permainan ini lebih seru apabila dilombakan.

2.Lihat Katakan

Tujuan melatih ketrampilan berbicara dan menyimak
Cara Bermain
Sediakan beberapa benda.Sayuran atau buah-buahan dalam kotak tertutup.Siswa berkelompok.Seorang siswa anggota kelompok harus melihat satu benda yang ada dalam kotak.Setelah dilihat jelas ,siswa tersebut harus menjelaskan sejelas-jelasnya ,kepada kelompoknya,baik cirri-cirinya,rasa,warna atau apa saja yang bisa dilihat.Anggota kelompok yang lain harus mengambil benda yang dijelaskan oleh siswa yang melihat tersebut. Kelompok yang paling cepat dan paling banyak mengambil benda dalam kotak itulah yang menang.

3. Aku Seorang Detektif

Tujuan melatih ketrampilan membaca dan menulis

Cara bermain
Siswa melakukan kegiatan ini secara berpasangan.Seorang siswa menjadi detektif,seorang algi menjadi informan.Informan harus menentukan atau emilih salah seorang temannya di kelas sebagai seorang penjahat yang dicari oleh detektif.Dia harus memberikan keterangan secara tertulis yang sejelas-jelasnya tentang penjahat yang akan dicari detektif.
Detektif membaca informasi tertulis dari informan dan menerka siapa yang menjadi target pencarian di kelas itu.Setelah selesai posisi diubah,Informan menjadi detektif dan detektif menjadi informan.Permainan bisa divariasikan dengan sasaran yang dicari dari foto atau gambar yang ada di Koran.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...