multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Sepuluh Transfer Pemain Bola Terbaik 2008

Sebelum musim kompetisi liga-liga Eropa 2008/09 bergulir, GOAL.com setiap pekan akan membuat daftar sepuluh transfer terbesar sepanjang musim panas ini. Dalam edisi ini, kami menampilkan daftar yang berlaku hingga tengah malam pada Selasa, 1 Juli 2008.

Sepuluh Transfer Terbaik (Hingga 2 Juli)

Terdapat tiga pemain baru pekan ini, dan yang keluar dari daftar sepuluh transfer terbaik adalah:

(a) Aaron Ramsey - pekan lalu di urutan kesepuluh,
(b) Mirko Vucinic - sebelumnya nomor sembilan, dan
(c) Martin Caceres - peringkat delapan minggu lalu.

10. Tomas Ujfalusi (Fiorentina ke Atletico Madrid)
Pekan Lalu: 7

Akhirnya, Atletico meraih pemain bertahan yang berkualitas. Tahun lalu mereka gagal meraih bek tangguh, tapi kali ini Atletico sukses mendapatkan pemain yang tepat secara gratis pula, sebagai persiapan mereka untuk kembali ke Liga Champions untuk pertama kalinya dalam satu dasawarsa terakhir.

9. Hatem Ben Arfa (Lyon ke Marseille)
Peserta Baru

Marseille akan kehilangan Samir Nasri ke Arsenal dalam waktu dekat ini, tapi mereka berhasil menemukan pengganti yang tepat, dengan menggaet pemain yang sebelumnya juga diincar Arsene Wenger. Marseille juga berpeluang meraup keuntungan 8-10 juta euro dari Ben Arfa selama satu hingga dua tahun.

8. Alberto Gilardino (Milan ke Fiorentina)
Pekan Lalu: 6

Pemain yang akrab disapa Gila, memang tidak betah di Milan. Kualitas penampilannya juga mengalami penurunan drastis. Kepindahan Adrian Mutu dari Juventus ke Fiorentina pada 2006, juga dalam kondisi seperti itu. Tapi, Mutu kembali menunjukkan mutunya. Fans Fiorentina akan membuat Gila melupakan Milan! Pemain yang pernah membawa Parma melejit pada 2002-2005 ini akan kembali bangkit. Duetnya dengan Mutu akan sangat bermanfaat di Liga Champions.

7. Seydou Keita (Sevilla ke Barcelona)
Pekan Lalu: 5

Pembelian terbaik bagi Barcelona musim ini, setelah penampilan yang buruk pada musim 2007/08. Keita akan diduetkan dengan Yaya Toure di lini tengah, sehingga keduanya dapat memperkuat amunisi Andres Iniesta dan Lionel Messi. Transfer sebesar 15 juta euro adalah harga yang sangat pantas!

6. Ezequiel Garay (Racing Santander ke Real Madrid)
Pekan Lalu: 4

Barcelona seolah-olah berhasil memboyong Garay, tapi waktu terus berjalan ketika Frank Rijkaard di ambang pemecatan dan masuknya pelatih baru. Madrid berhasil menyalip Barca untuk tanda tangan Sergio Ramos beberapa tahun lalu, sebuah transfer spektakuler! Transfer Garay ini tidak akan beda.

5. Deco (Barcelona ke Chelsea)
Peserta Baru

Meskipun sudah menginjak usia 30 tahun, penampilannya selama Euro 2008 menunjukkan Deco masih dalam kondisi prima. Dia memang bukan seorang Frank Lampard yang mampu mencetak gol banyak, tapi dia juga memiliki kualitas yang justru tidak dikuasai Lampard. Kreatifitas tinggi, ketajaman di lini tengah, dan keahlian menggiring bola cukup menjadi bukti kenapa Deco memenangkan dua titel Liga Champions bersama dua klub yang berbeda - FC Porto dan Barcelona. Akhirnya, Chelsea merebut pemain yang bisa bermain sepakbola indah sebagaimana yang diinginkan pemiliknya. Bersama Ballack dan Essien, lini tengah Chelsea semakin ampuh.

4. Amauri (Palermo ke Juventus)
Pekan Lalu: 3

Striker Brasil-Italia ini sudah dari dulu pantas masuk klub papan atas. Amauri sudah menunjukkan tajinya bersama Palermo, dan prospeknya mendapatkan servis berkualitas dari lini tengah Juve akan membuat kewalahan pertahanan lawan. Waspadai Juventus di Liga Champions kali ini!

3. Daniel Alves (Sevilla ke Barcelona)
Peserta Baru

Chelsea, Real Madrid, Liverpool, Manchester United - inilah semua klub yang membidik Alves selama 18 bulan terakhir. Tapi, mereka kalah bersaing dengan Barcelona yang berhasil menempuh negosiasi panjang dengan Sevilla. Mungkin harga 30 juta euro terlalu mahal (dia akan masuk nomor satu dalam daftar ini jika harganya 10 juta lebih murah), tapi dia merupakan full back penyerang terbaik dunia saat ini sejak Roberto Carlos.

2. Luka Modric (Dinamo Zagreb ke Tottenham)
Pekan Lalu: 2

Pemain muda paling top di Kroasia berhasil digaet Spurs, meskipun klub besar lainnya seperti Barcelona dan Chelsea juga berminat. Lini tengah klub besutan Juande Ramos musim depan bakal ampuh.

1. Mathieu Flamini (Arsenal ke Milan)
Pekan Lalu: 1

Pemain Prancis ini merupakan salah satu pemain terbaik Arsenal musim lalu, dan keberhasilan Milan merekrutnya adalah transfer terbesar sementara di musim panas ini. Menariknya, Flamini diraih Milan melalui free transfer alias gratis.
Goal.com

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive