multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Hidup Sehat Tanpa Migren

Terserang migren alias sakit kepala sebelah memang menyebalkan. Namun migren bisa datang kapan saja tanpa bisa dimengerti. Migren adalah jenis gangguan berupa rasa nyeri yang hanya menyerang bagian kepala tertentu. Dalam beberapa kasus, migren sering disertai gejala lain seperti kepekaan mata saat melihat sinar, blind spot, dan kebas pada tangan dan kaki.

Pada dasarnya migren terjadi karena perubahan aliran darah menuju otak. Perubahan gaya hidup dan terapi obat-obatan bisa mengurangi rasa sakit dan frekuensi terserang migren.
Karena itu mulailah hidup sehat tanpa migren!

1. Berlatih aerobik setidaknya 4 jam dalam seminggu selama 20 hingga 30 menit setiap kali. Wanita, terutama yang punya hormon aktif punya peluang lebih besar terserang migran. Latihan regular bisa menjaga tingkat hormon agar selalu seimbang.

2. Analisa kepribadian Anda. Ada satu indikasi bahwa seseorang yang selalu ingin jadi perfectionist punya risiko lebih besar terserang migran. Cobalah untuk sedikit lebih relaks.

3. Nafas dalam-dalam. Oksigen dalam dosis besar sangat efektif untuk mencegah sakit kepala dan migren. Bernafas dalam-dalam juga membantu Anda untuk bersantai.

4. Hindari pantangan atau hal yang biasa membuat Anda alergi. Tapi untuk beberapa orang, makanan yang mengandung gula, susu, keju atau anggur merah bisa menghilangkan migren. Sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein.

5. Hindari berada di bawah lampu bertegangan tinggi dalam waktu yang lama. Terkadang hal ini bisa membuat kepala Anda langsung terserang mirgan dengan tiba-tiba.

6. Biasakan bangun pagi di waktu yang sama setiap harinya. Atur jam tidur Anda untuk menyembuhkan migran. Hindari terlalu banyak suplemen dan beristirahatlah dengan cukup.

7. Kunjungi dokter Anda. Jika langkah-langkah di atas tak bisa membuat Anda terhindar dari migran, pasti ada yang salah. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan meminta jalan penyembuhan yang terbaik.


Bawang Putih Untuk Mengobati Migren

Di samping mengandung banyak protein, hidrat arang, dan vitamin, ternyata umbi bawang putih juga mengandung ikatan asam amino yang disebut alliin. Jika alliin ini mendapat pengaruh dari enzim allinase, bisa berubah menjadi allicin. Selanjutnya, jika allicin bertemu dengan vitamin B1 akan membentuk ikatan allithiamine.

Kaitannya dengan pengobatan migren, ambil 2 butir bawang putih, lalu buang kulit luarnya. Kunyah perlahan-lahan, dan telan setelah lumat. Kemudian minum air masak hangat. Lakukan tiga kali sehari.


Migren Karena Stres? Coba Atasi Lewat Relaksasi

Anda tak punya waktu atau biaya lebih untuk menyegarkan pikiran, tubuh serta semangat? Ini dia saatnya Anda memilih alternatif relaksasi sederhana yang bisa Anda lakukan di sela-sela waktu istirahat Anda.

Daripada pikiran pusing, tubuh tak enak dibawa bekerja dan tak ada semangat, lebih baik Anda ambil sedikit waktu untuk menyegarkan semuanya. Caranya mudah, cukup dengan beberapa tehnik relaksasi dasar saja.

Selain berguna mengurangi stres, relaksasi juga bisa mengobati serangan jantung dan stroke. Ada beberapa tehnik relaksasi yang bisa Anda gunakan.

Yoga
Intinya adalah Anda harus fokus dan bernafas dengan teratur. Yoga telah menjadi alternatif penyembuhan yang populer. Partisipan diminta untuk mengosongkan pikiran mereka terhadap satu tujuan dan menenangkan energi mereka.

Tarikan nafas yang panjangan dengan sedikit peregangan yoga dan beberapa pose dasar bisa menyegarkan tubuh, pikiran dan batin. Walaupun latihan itu hanya Anda lakukan beberapa menit saja, yoga bisa mempengaruhi tampilan seseorang, membuat mereka selalu berpikiran positif dan penuh semangat.

Untuk ikut kelas yoga tidaklah sulit. Dewasa ini banyak sekali kelas yoga yang bisa Anda temui di pusat kebugaran ataupun tempat-tempat kecantikan. Anda juga bisa mempelajarinya sendiri. Lewat buku, juga video. Jika Anda sudah mengenal yoga, lakukan latihan yoga dengan frekuensi yang konsistan untuk hasil lebih baik.

Meditasi
Meditasi juga nggak kalah ampuhnya dengan yoga untuk menghilangkan stres. Meditasi dilakukan dengan cara mengendalikan kekuatan pikiran, menari kebebasan mental dan lolos dari rasa stres. Jika Anda bermeditasi dengan regular, Anda bisa dengan mudah mengatur kekuatan mental, fisik dan emosional.

Anda tak perlu melakukan hal yang berlebihan untuk meditasi. Cukup duduk dalam posisi yang nyaman di lokasi pribadi Anda, tambahkan visual yang menyegarkan di sekitar Anda. Bisikkan kata yang menyegarkan akan membuat Anda mudah fokus. Anda bisa melakukannya dengan mata terbuka atau tertutup.

Pijat
Anda bisa melepas stres dengan pijatan ringan ataupun pijat urut untuk seluruh badan. Bisa dengan Anda coba lakukan sendiri atau pergi saja ke tempat pijat langganan Anda.

Yoga, meditasi dan pijat adalah cara terefektif untuk mengembalikan keseimbangan tubuh, pikiran dan semangat Anda. Kekuatan pikiran adalah hal yang paling luar biasa. Kekuatan pikiran juga yang mengendalikan mimpi, kepercayaan dan jadi hal yang paling diandalkan dalam kehidupan. Latihlah tehnik relaksasi dasar untuk mengembalikan rasa kepercayaan diri Anda.

Tips Atasi Stres

Stres bisa berakibat fatal bagi kesehatan Anda. Risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi menjadi masalah yang paling sering timbul akibat stres yang berkepanjangan. Namun stres juga ada gunanya. Dengan tekanan, Anda akan berpikir dan berusaha dengan lebih keras untuk mencapai sesuatu.

Tak ada salahnya Anda mengalami stres sesekali. Namun jika stres datang setiap saat dan Anda sudah mulai gusar karenanya, ini harus Anda pecahkan. Coba tips berikut ini:
1. Berbagilah dengan orang yang paling dapat Anda percaya. Curhat mungkin menjadi obat yang paling ampuh untuk mengatasi stres. Dengan menceritakan permasalahan yang tengah Anda rasakan beban Anda akan terasa lebih ringan. Syukur-syukur teman yang Anda curhati punya saran dan solusi untuk memecahkan masalah Anda.

2. Belajarlah untuk menerima keadaan dan keadaan diri Anda. Jangan memaksakan kehendak kepada seseorang yang mungkin tak dapat dilakukannya. Jika Anda merasa sudah berusaha dengan cukup keras untuk mencapai sesuatu namun hasilnya tetap saja kurang memuaskan, sadarkan memang sebesar itu kemampuan Anda. Mungkin kali ini Anda gagal, tapi Anda bisa belajar dari kegagalan itu dan mencobanya lagi.

3. Tugas dan pekerjaan membuat Anda stres. Tinggalkanlah sejenak pikiran itu dan bersantai luangkan sedikit waktu untuk Anda beristirahat dan mengerjakan hobi. Setelah pikiran segar, pastinya tugas dan pekerjaan bisa dihadapi dengan kepala dingin dan ide cemerlang.

4. Atur waktu Anda dengan sebaik-baiknya. Jika Anda merasa tak lagi punya banyak waktu sebaiknya pikirkan 2 kali untuk ikut dalam kegiatan yang benar-benar tidak Anda butuhkan saat ini. Hindari sikap-sikap negatif dan cobalah untuk selalu berpikir positif agar pikiran Anda tak selalu terbebani oleh hal-hal yang tak benar.

5. Selain menjaga pikiran, stres tidak akan muncul dalam raga yang sehat. Oleh karena itu jagalah kesehatan Anda dengan makan dan olahraga yang teratur. Hindari mengkonsumsi rokok dan tidurlah dengan teratur.

Sumber : detikHot

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive