multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Kawah asteroid di bumi Dilihat Dari Luar Angkasa



Kawah AsteroidMulti Info - Kawah Asteroid  adalah salah satu struktur geologi yang paling menarik di planet manapun. Banyak planet lain dan bulan-bulan di tata surya kita, termasuk bulan kita sendiri ditandai dengan banyak kawah efek dari benturan meteor. Tetapi karena bumi memiliki atmosfer sebagai pelindung maka hanya beberapa meteor saja yang mampu menembus hingga mengakibatkan terbentuknya kawah.

Satu contoh terkenal adalah kawah  Meteor Barringer, di Arizona. Gambar di sini menunjukkan beberapa dampak kawah terbesar, tertua dan paling menarik di planet ini.


Kawah Aorounga digambarkan di atas dan di bawah, merupakan salah satu kawah terbaik yang masih tersisa di Bumi  lokasinya di Gurun Sahara di Chad. Dengan lebar kawah 10 kilometer dan berusia 350 juta tahun. Gambar di atas diambil oleh astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional pada bulan Juli. Gambar di bawah ini diambil dari pesawat ulang-alik pada tahun 1994.
















Kawah Shoemaker di Australia Barat, sebelumnya dikenal sebagai kawah Teague. Usia kawah berkisar 1,7 miliar tahun, yang membuatnya menjadi kawah asteroid tertua di Australia. Gambar ini diambil oleh satelit Landsat 7.













Kawah Manicouagan di utara Kanada merupakan salah satu kawah terbesar yang dikenal di Bumi. Terjadi sekitar 210 juta tahun yang lalu pada akhir periode Triassic dan dampaknya  mungkin telah menyebabkan kepunahan massal yang menewaskan sekitar 60 persen dari semua spesies. Meskipun kawah telah banyak terkikis, Danau Manicouagan menguraikan apa yang tersisa dari struktur dampak selebar 43-mil.  Hari ini danau tersebut merupakan reservoir dan lokasi memancing salmon yang sangat populer.




Kawah Spider Australia Barat, terjadi antara 600 juta dan 900 juta tahun lalu dan memiliki lebar   seluas 1.600 kaki.
Gambar di bawah adalah gambar  yang diambil oleh Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer NASA dan Satelit Taiwan formost-2.






Kawah The Gosses Bluff di Northern Territory Australia berada di antara dua pegunungan. Kawah ini terbentuk oleh dampak asteroid sekitar 140 juta tahun yang lalu.

Clearwater Lakes di Quebec Kanada dibentuk oleh sepasang asteroid. Dampak mungkin terjadi secara bersamaan sekitar 290 juta tahun yang lalu. Kawah yang lebih besar berukuran 22 km.


























Kawah Lonar di Maharashta, India dengan lebar sekitar 6.000 kaki dan kedalaman 500 meter berupa danau air asin. Terjadi sekitar 50.000 tahun yang lalu. Gambar ini diambil oleh Spaceborne Advanced Thermal Emisi dan Reflection Radiometer milik NASA.

The Dome Vredefort di Afrika Selatan mungkin adalah yang  tertua dan merupakan dampak asteroid terbesar pada Bumi. Lebar Kawah 155 mil dan terbentuk sekitar 2 miliar tahun yang lalu.


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive