multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Cara mengobati bisul

Multi Info - Agar para PB (Penyandang Bisul)  tidak kesulitan mencari obatnya maka saya ringkas obat Traditional dan Antibiotik untuk Bisul berdasarkan pengalaman Pribadi, ataupun Saudara dan di Internet. agar bisa dimanfaatkan sesuai keadaan masing-masing.
 
Bisul, Wudun (Jawa) atau Furunkel adalah Peradangan atau infeksi pada folikel rambut dan menyebar ke jaringan kulit disekitarnya.

Bisul biasanya disebabkan oleh Bakteri gram positif seperti Staphylococcus atau Streptococcus. Bakteri ini berbentuk bulat dan bergerombol seperti sekumpulan anggur.

Bisul terjadi karena :

1. Alergi atau makan makanan terutama yang mengandung protein tinggi : telur, susu , ayam negeri dll.
2. Terutama dan paling sering adalah karena menurunnya daya tahan tubuh dan pada saat itu kebersihan kulit kurang terjaga seperti: tidak mandi , mandi dengan air dan handuk kurang bersih. memakai pakaian kotor atau menggaruk kulit dengan kuku kotor dll.

Gejala Bisul dan Obatnya.

(Pengobatan bisul jangan asal diobati lihat cara pengobatan dibawah sesuai stadium)

* Stadium 1 : Kulit terasa hangat, ada benjolan sedikit jika ditekan tidak terlalu sakit

– A. Obat Traditional :

Dewasa :

- Injet (rendaman gamping ) dan Gula aren perbandingan 1:1 ditambah air secukupnya dioleskan ke bisul, Beberapa kali aku coba resep ini bisul tidak jadi muncul.

- Bawang putih + Kentang diparut dan ditempelkan ke Bisul

- Daun Pohon Ungu yg biasa dipakai untuk wasir. Daun ditumbuk dan ditempelkan pada bisul atau daun diolesi minyak kelapa dibakar dan ditempelkan di bisul


Tambahan dari para PB (Penyandang Bisul):

- Kata Maman dibawah : Pakai Getah kamboja

Anak-anak :

- Daun ungu ditumbuk dan ditempelkan pada bisul

- Daun Bawang putih ditumbuk halus dan ditempelkan ke Bisul

– B. Antibiotik :

* Lyncomycin 500mg 3×1 selama 4 hari. Harga bervariasi 1000 (generik) atau 11 rb (paten) perkapsul . Aku pakai yang generik antibiotik ini efektif banget untuk menghilangkan Bisul dan jerawat. Adik saya baru-baru ini juga sembuh dengan minum antibiotik ini

– C. Salep :

Gentamycin (3-5rb) atau Garamycin (25-35rb) salep dioleskan untuk stadium 1-2

Salep Ichtiyol sebaiknya tidak dipakai pada stadium 1 karena penggunaan antibiotik lyncomycin dan salep Gentamyscyn / Garamycin sudah cukup efektif dan meredakan bengkak kecil bisul.

* Stadium 2 : Kulit terasa hangat , mulai timbul benjolan Bisul area sekitar mulai sakit dan jika ditekan mulai sakit, badan mulai pegal dan terasa ngregesi.

– A. Obat Traditional : sama dengan stadium 1

– B. Antibiotik : Sama dengan stadium 1 jika tidak sembuh maka bisa dicoba antibiotik lain yaitu :

Amoxcylin 500 mg 3×1 selama 4. total 12 butir. Harga Perbutir 1000-2000 / butir. Amoxyclin ini efektif karena

Staphylococcus ini rentan terhadap antibiotik ini. Saya sudah mencoba dan memberikan efek positif. Bengkak mulai berkurang dan sakit mulai mereda.

– C. Salep : sama dengan stadium 1


* Stadium 3 : Kulit hangat panas , timbul benjolan besar mulai ada bintil atau tidak ada bintil sama sekali . Sekitar area terasa sakit.Demam dan badan tersa pegal2dan ngregesi

– A. Obat Traditional : Jika sudah besar sebaiknya tidak digunakan obat tradisional tapi obat Antibiotik dan salep

– B. Antibiotik : Atibiotik sama dengan stadium 1 dan 2 tapi jika belum sembuh juga bisa digunakan

Ceradolan dengan zat aktif Sefotiam diHCl. Obat ini berbentuk tablet 200mg x20 biji harga + 245rb. Efektif untuk Bisul

Batu, Geromboloan Bisul dan semua organ tubuh yang terkena infeksi akibat turunan Staphylococcus

– C. Salep : Karena benjolan sudah besar (isinya mata lemak dan nanah) sebaiknya dikeluarkan agar cepat matang diberi salep Ichtiyol.

(Urutan Stadium 1-3 aku buat sendiri untuk memudahkan perbedaan cara pengobatan secara traditional dan antibiotik)

Cara mengeluarkan mata bisul yang sudah matang:

(Jika tidak bisa sendiri sebaiknya dilakukan oleh mantri kesehatan atau Dokter yang lebih ahli).

Bisul besar Stadium 3 baru bisa sembuh jika mata bisul (berupa benjolan kecil bulat lemak) bisa dikeluarkan. Mata bisul baru bisa dikelurkan jika bisul sudah membesar dan untuk mempercepat pembesaran bisa diolesi ichtiyol.

1. Siapkan kapas, kain kasa steril , plester dan gunting, Betadine, alkohol 70% , Jarum suntik steril, Jika ada sarung tangan karet untuk operasi

2. Cuci tangan sebelum mulai mengeluarkan isi mata bisul atau pakai sarung tangan karet khusus untuk operasi kecil.

3. Olesi area bisul dengan alkohol 70%, dan lap dengan kain kasa steril

4. Buka jarum suntik dan tusukkan pada mata bisul untuk membuat jalan agar nanah atau darah bisa keluar.

5. Tekan Bisul dan semua kotoran keluar semua. Usahan sampai semua kotoran dan mata bisul keluar.

6. Jika mata bisul belum keluar jangan dipaksa kalau tidak bisa, tutup dulu dengan kasa steril + betadine dan tutup luka dengan plester ulangi lagi prosedur diatas setelah mata bisul siap atau bisa dikeluarkan.

7. Setelah selesai bersihkan semua bekas luka dengan betadine .tutup bekas luka dengan kain kasa steril yg telah diolesi Betadine. kemudian diplester.

8. Jangan lupa minum antibiotik diatas agar tidak infeksi. dan banyak makan Buah atau minum Vitamin C 1000mg/perhari untuk membantu mempercepat penyembuan luka.



SARAN:

* Pengobatan bisul jangan asal diobati lihat cara pengobatan diatas sesuai stadium.
* Bisul yang belum matang (stadium 1 &2 sebaiknya tidak dipencet percuma saja malah sakit cukup obati dengan obat tradisional injet gula aren atau antibiotik Lyncomycin / amoxycyln dan salep Gentamycin / Garamycin tidak usah diberi ichtiyol karena dengan minum antibitiok bisul ditambah salep atau injet akan hilang sendiri larut dalam darah.
* Bisul Stadium 3 bisur sudah besar selain minum antibiotik, bisa diolesi salep ichtiyol agar cepat matang.
* Bisul setelah diolesi salep Ichtiyol dan belum matang2 dan tidak keluar titik putih sebaiknya jangan dipencet sendiri karena tidak ada kotoran putih yang keluar. Olesi saja Ichtiyol dan Minum antibiotik saja secara teratur.
* Bisul ada yang sudah membesar dan tidak bisa memecah sendiri sebaiknya dikeluarkan kotorannya oleh orang yg profesional seperti dokter atau mantri kesehatan.
* Jika bisul sudah matang dan gunungnya dipegang mulai adem dan lunak. mata bisul bisa dikeluarkan oleh orang profesional atau kalo bisa sendiri tetapi harus steril agar tidak infeksi.
*

Penderita PB sebaiknya menjaga kebersihan, mandi dengan air hangat bersih dan sabun antibiotik. Pakai handuk dan pakaian yang bersih.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive