multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Stadion Camp Nou Kini Resmi Bebas Asap Rokok

BERITA BOLA - Stadion Camp Nou Kini Resmi Bebas Asap Rokok. Bila anda berkesempatan mengunjungi Camp Nou, markas Barcelona, tak usah kaget bila mendengar imbauan untuk mematikan api rokok dari para petugas di stadion. Ya, sejak Rabu, 4 Januari 2012, Camp Nou memulai sejarah baru sebagai stadion yang bersih dari asap rokok.

Oleh manajemen Barcelona, keputusan membersihan udara Camp Nou dari asap rokok dianggap sebagai wujud keberadaan Barca yang tak hanya tentang sepak bola agen bola.

"Ketika menyangkut kesehatan, Barcelona juga harus menunjukkan bahwa klub ini tak melulu bicara sepak bola," ujar Eduard Coll, Direktur FC Barcelona dan juga Presiden Komite Disiplin.


Di situs klub, Coll memuji sikap para penonton ketika Barcelona menyampaikan kampanye antirokok di dalam stadion saat Camp Nou menjamu Real Zaragoza (20 November 2011) dan Rayo Vallecano (30 November 2011). 

Setelah aturan dilarang merokok di dalam Camp Nou dipublikasikan, laga Barcelona versus Osasuna (5/1) menunjukkan peningkatan yang signifikan dari perilaku penonton. Walau masih terlihat asap dari bangku penonton, jumlah pengunjung Camp Nou yang menyalakan rokoknya sangat jauh berkurang. Apalagi para petugas di lapangan tidak segan-segan menegur para pengunjung Camp Nou.

Sejak stadion ini dibuka tahun 1957, Rabu lalu menjadi hari pertama pertandingan di Camp Nou bebas asap rokok agen bola.

"Para angota klub sadar dengan aturan baru ini dan sekali lagi mereka menunjukkan bahwa Barcelona sangat perduli terhadap hal-hal di luar sepak bola," lanjut Coll.

Tujuan utama membersihkan Camp Nou dari asap rokok tentulah untuk melindungi dan memastikan kesehatan para pendukung Barcelona terjaga saat mereka berada di lingkungan stadion, di semua area termasuk tangga di dalam Camp Nou.

Camp Nou juga dikenal sebagai alasan orang berhenti merokok. Setidaknya seperti keyakinan Coll bahwa anggota resmi Barcelona akan mendukung kampanye antirokok dan dengan kesadaran berhenti merokok.

Tidak takutkah Camp Nou akan dijauhi penggemar sepak bola yang tidak bisa berhenti merokok? Resiko kehilangan sejumlah pemasukan dari tiket pertandingan atau penjualan merchandise tentu sudah masuk kedalam perhitungan manajemen.

Niat Barcelona untuk terlibat dalam kampanye kesehatan tentu mengundang simpati mereka yang membenci asap rokok. Seperti keputusan panitia Euro 2012 yang melarang pengunjung merokok di seluruh stadion penyelenggara.

Tahun 1997, Malaysia juga sebenarnya sudah mencoba menjaukan sepak bola dari rokok. Sebagai tuan rumah Piala Dunia U20, panitia mengancam denda 5 ribu ringgit bagi mereka yang ketahuan merokok di stadion. Bila dikonversi dengan kondisi saat ini, sebatang rokok di dalam stadion di Malaysia berharga 14,4 juta rupiah.


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive