TIPS Cara Melobi | cara melobi orang


Melobi
Cara melobi, cari teman atau cari relasi. Cara-cara ini adalah cara yang bukan tersedia di buku-buku teori, tetapi memang berdasarkan Praktek di lapangan langsung. Cara Melobi ini tentunya bertujuan untuk yang positif loh ya. Bisa saja untuk hal yang negatif tetapi sangat tidak dianjurkan. Melobi yang tidak dianjurkan adalah negosiasi untuk melepaskan dari jeratan tilang Polisi, melobi untuk melanggar hukum, melobi Markus(makelar kasus) dan melobi yang negatif lainnya sangat tidak dianjurkan.

Melobi-melobi yang bertujuan postif adalah supaya mendapatkan tender Bisnis, mendapatkan pekerjaan. Jadi jika anda menemukan atau ingin mendapatkan Peluang Bisnis yang jitu bisa dipastikan nantinya ada hal-hal terkait pekerjaan melobi ini.

Apa saja cara-cara Melobi yang baik itu?
1. Dengan menulis blog ini juga bisa sebagai sarana melobi, sarana mencari teman, yang tidak terbatas jarak dan waktu. Jadi gunakan blog untuk hal yang positif yaitu melobi.
2. Jika sedang ke luar rumah dan bertemu rekan baru yang prospek, rekan baru yang belum dikenal tetapi anda ingin mengenal orang tersebut, jangan segan-segan menawarkan untuk mengajak perkenalan. Perkenalan adalah satu hal penting dalam sebuah lobi.
3. Meyiapkan kartu nama, supaya kelihatan profesional. Bagi anda yang posisinya sebagai marketing adalah hal yang biasa melakukan lobi. Tetapi jika kita karyawan biasa melobi adalah hal yang tidak biasa.
4. Kalau tidak bisa tukeran kartu nama, jangan luma menanyakan identitasnya. Supaya kita bisa kontak dia kembali jika memerlukannya. Pertanyaan umum biasanya tentang nama, alamat, dan nomor telphone atau email.
5. Jangan terlalu banyak bicara jika dalam moment baru saja berkenalan. Ajak komunikasi dua arah supaya tidak menjemukan. Anda bertanya dan rekan baru tersebut juga diberikan kesempatan bertanya. Baru deh setelah akrab adakan jurus jitu untuk melobi sesuatu yang anda inginkan. "Slowly but sure"
6. Sikap pada waktu berbicara harus menatap dengan ramah lawan bicara kita. Jangan sampai berbicara sambil menunduk atau menoleh ke lain arah. Karena bisa menimbulkan kesan kurang respeknya kita terhadap orang yang kita ajak bicara tersebut.
7. Berpakaian rapi untuk menarik kesan pertama yang menyenangkan.
8. Jangan lupa selalu beretika dalam bersikap dan santun dalam berucap.
9. Jangan lupa closing statement. Mengucapkan kalimat closing yang tepat adalah perlu kehati-hatian dan kita perlu mengetahui apa yang diinginkan pihak yang kita ajak bicara tersebut.

Kita sudah berusaha untuk melobi yang baik, tetapi kenapa terkadang prospek masih tidak sesuai dengan kehendak kita? Yah itulah namanya hasil. Hasil tidak bisa instan saat itu juga harus sukses mungkin suatu saat bisa diulang kembali. Tetapi paling tidak manfaat utama melobi adalah tambah relasi baru dan menambah daftar prospek baru. Gagal ! Jangan takut gagal, coba saja terus pasti ada hasilnya. Keep fighting !!!
sumber:http://tanyajawabbisnis.blogspot.com/2010/03/cara-melobi.html
Salam Jitu,

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...