multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Objek Wisata di Tapanuli Tengah


Tapanuli Tengah memang namanya belum terkenal sebagai daerah pariwisata. Namun kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatra Utara ini sejatinya memiliki potensi wisata yang cukup baik. Namun, kini kawasan ini sedang berbenah untuk terus mempromosikan keindahan alamnya. Berikut adalah beberapa objek wisata menarik yang dapat dikunjungi di Tapanuli Tengah.

Pulau Mursala

pulau mursala tapanuli tengah medanObyek wisata Pulau Mursala terletak Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara. Pulau ini memiliki luas sekitar 8.000 hektar, dan merupakan daerah perbukitan yang sangat indah.
Di Pulau Mursala terdapat beberapa sungai yang mengalir cukup deras membelah Pulau Mursala. Perairan Pulau Mursala dijadikan sebagai tempat konservasi terumbu karang, sedangkan pulaunya sendiri memiliki potensi untuk dijadikan tempat wisata berburu dan resort. Jika ditempuh dari Kota Sibolga, Pulau Mursala memerlukan waktu sekitar 1 jam mempergunakan speed boat, atau 3 jam dengan perahu biasa.
Tempat menarik yang wajib dikunjungi jika berlibur ke pulau ini adalah air terjun yang berada di pinggir Pulau Mursala, yang airnya langsung jatuh ke laut. Jika anda tertarik untuk mengunjunginya, anda dapat menyewa kapal dan mengamati keindahannya secara langsung dari atas lautan.

Bukit Anugerah

bukit anugerah tapanuli tengah medanBukit Anugerah terdapat di Bonan Dolok, Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah. Karena berupa bukit, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah yang dapat dilihat dari lokasi ini dengan ketinggian sekitar 1.500 m diatas permukaan laut. Dari sini akan terlihat pemandangan pulau-pulau sekitar, lautan, Kota Pandan, serta Kota Sibolga. Kabarnya, di kawasan ini akan dibangun sebuah patung megah yang disebut Patung Anugerah. Desain patung ini menggambarkan sosok Nabi Nuh yang berdiri di atas hotel yang berbentuk kapal. Saat ini Patung Anugerah sedang dikerjakan di workshop milik Nyoman Nuarta, seniman kenamaan asal Bali. Dikatakan juga bahwa jika terealisasi dengan baik, tinggi patung ini dapat mengalahkan patung liberty di Amerika. Hotelnya sendiri memiliki 200 kamar, Ballroom, serta dilengkapi arsitektur unik yang dirancang oleh Tim Nyoman Nuarta.

Pantai Indah Pandan

pantai indah pandanPantai Indah Pandan merupakan salah satu objek wisata favorit di Tapanuli Tengah. Objek wisata ini terletak di Desa Pandan, Kecamatan Pandan, Ibukota Kabupaten Tapanuli Tengah,Sumatera Utara.
Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang indah. Lokasinya yang berupa teluk, membuat ombak di sekitar pantai ini cukup tenang sehingga cocok untuk dijadikan tempat berenang dan bermain bersama keluarga. Selain itu, pasirnya yang putih juga menambah keindahan pantainya yang membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di sini. Tersedia juga permainan air seperti banana boat ataupun ban pelampung yang dapat disewa dan digunakan untuk bersantai di atas air.
Di Pantai Indah Pandan ini juga tersedia beberapa penginapan, penjual sovenir, dan rumah makan dimana anda dapat mencicipi berbagai jenis makanan Tradisional yang harganya relatif murah.
Letak objek wisata Pantai Indah Pandan ini persis dipinggir jalan lintas Pandan dan Padang Sidempuan, jadi tidaklah terlalu susah untuk dicari. Selain itu, karena kemudahan aksesnya pantai ini dapat dikunjungi mempergunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum, maupun kendaraan besar (bus). Pantai ini memang ramai dikunjungi terutama pada saat akhir pecan, saat dimana masyarakat sekitar berlibur bersama keluarga mereka.

Pantai Indah Kalangan

pantai indah kalangan tapanuli tengah medanPantai ini jaraknya tidak jauh dari Pantai Indah Pandan yaitu hanya sekitar 2 kilometer. Soal keindahan pun pantai ini tak kalah dengan pantai tersebut. Bukit hijau terlihat mengelilingi sekitar pantai. Selain itu, tepat di arah barat dari pantai ini terdapat banyak bongkahan bebatuan yang terletak di atas laut. Tempat ini biasanya digunakan oleh masyarakat untuk memancing.
Pantai Indah Kalangan memang merupakan pantai yang sangat populer di Kota Sibolga. Berbagai even olah raga pun telah dilaksanakan di Pantai Indah Kalangan seperti Lomba Renang dan Motorcross. Selain itu, berbagai acara hiburan rakyat juga biasanya digelar di Pantai Indah Kalangan ini.
Jika anda ingin berkeliling ke pulau-pulau di sekitar Kota Sibolga ini, anda dapat menyewa perahu yang sesekali melintasi pantai ini. Terdapat juga beberapa buah gazebo untuk bersantai menikmati pemandangan sambil memesan makanan atau minuman dari warung yang ada di sektar pantai.

Pantai Kahona

pantai kahona tapanuli tengah medanPantai ini begitu eksotis dan menarik. Pesonanya memang sangat menakjubkan, ditambah keindahan alam yang mampu memikat hati para wisatawan untuk berkunjung. Banyak yang mengatakan bahwa panorama pantai Kahona ini tak kalah menarikya dengan pantai-pantai eksotis yang ada di Bali maupun di luar negeri. Karena keindahannya, pantai ini pun dijadikan lokasi syuting film mursala yang memang bertujuan mengekspose beberapa tempat-tempat wisata menawan di Tapanuli Tengah. Airnya yang berwarna biru kehijauan serta kawasannya yang dikelilingi bukit memang membuat pantai ini pantas disandingkan dengan pantai-pantai serupa yang ada di Bali.
Keeksotisan pantai ini telah menjadikannya sebagai tempat liburan favorit bagi masyarakat Tapanuli Tengah sendiri. Namun, namanya yang belum terlalu terkenal di luar Tapanuli Tengah membuat pantai ini tidak terlalu banya dikunjungi wisatawan luar daerah maupun luar negeri. Namun dengan komitmen dari pemerintah daerah, diharapkan pantai ini segera mendapat pembenahan dan pengembangan agar potensinya dapat dilirik oleh wisatawan mancanegara.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive