Konsep danb Prinsip Penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspositori
Strategi pembelajaran ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara optimal.
Strategi Pembelajaranb ekspositori akan efektif apabila :
- Guru akan menyampaikan bahan-bahan baru serta kaitannya dengan yang akan dan harus dipelajari siswa.
- Apabila guru menginginkan agar siswa mempunyai gaya model intelektual tertentu,misalnya agar siswa bisa mengingat bahan pelajaran,sehingga ia akan dapat mengungangkapkannya kembali manakala diperlukan.
- Jika bahan pelajaran yang akan diajarkan cocok untuk dipresentasikan,artinya dipandang dari sifat dan jenis materi pelajaran memang materi itu hanya mungkin dapat dipahami oleh siswa manakala disampaikan oleh guru,misalnya materi pelajaran hasil penelitian berupa data-data khusus.
- Jika ingin membangkitkan keingintahuan siswa tentang topic tertentu.
- Guru menginginkan untuk mendemonstrasikan suatu teknik atau prosedur,biasanya merupakan suatu teknik atau prosedur tertentu untuk kegiatan praktik.
- Apabila seluruh siswa memiliki tingkat kesulitan yang sama sehingga guru perlu menjelaskan untuk seluruh siswa.
- Apabila guru akan mengajar pada sekelompok siswa yang rata-rata memiliki kemampuan rendah.
- Jika ligkungan tidak mendukung untuk menggunakan strategi yang berpusat pada siswa,misalnya tidak adanya sarana dan prasarana yang dibutuhkan.
- Jika tidak memiliki waktu yang cukup untuk menggunakan pendekatan yang berpusat pada siswa.
Prosedur Pelaksanaan Strategi Ekspositori
1.Rumuskan tujuan yang ingin dicapai
2.Kuasai materi pelajaran dengan baik
3.Kenali medan dan berbagai hal yang dapat memengaruhi proses penyampaian
Ada beberapa langkah dalam penerapan strategi ekspositori yaitu :
a. Persiapan
b. Penyajian
c. Menghubungkan
d. Menyimpulkan
e. Penerapan
a.Persiapan
Dalam strategi ekspositori,langkah persiapan merupakan langkah yang sangat penting,tujuan yang ingin dicapai dalam melakukan persiapan adalah :
- Mengajak siswa keluar dari kondisi mental yang positif.
- Membangkitkan motivasi dan minat siswa untuk belajar
- Merangsang dan menggugah rasa ingin tahu siswa
- Menciptakan suasana dan iklim pembelajaran yang terbuka.
Beberapa langkah yang harus dilakukan dalam persiapan diantaranya :
-.Berikan sugesti yang positif dan hindari sugesti yang negative
-.Mulailah dengan mengemukakan tujuan yang harus dicapai
-.Bukalah file dalam otak siswa
b.Penyajian
-Penggunaan bahasa, bahasa yang digunakan sebaiknya bahasa yang komunikatif dan mudah dipahami.
- Intonasi suara, pengaturan nada suara akan akan membuat perhatian siswa tetap terkontrol,sehingga tidak akan mudah bosan.
- Menjaga kontak mata dengan siswa,melalui kontak mata yang selamanya terjaga,siswa bukan merasa dihargai oleh guru,akan tetapi juga mereka seakan-akan diajak terlibat dalam proses pembelajaran.
c.Korelasi
Langkah korelasi adalah langkah menghubungkan materi pelajaran dengan pengalaman siswa atau dengan hal-hal lain yang memungkinkan siswa dapat menangkap keterkaitannya dalam struktur-struktur pengetahuan yang telah dimilkinya.
d.Menyimpulkan
Menyimpulkan adalah tahapan untuk memahami inti dari materi pelajaran yang telah disajikan.
f. Mengaplikasikan
Langkah aplikasi adalah langkah unjuk kemampuan siswa setelah mereka menyimak penjelasan guru.
Keunggulan dan Kelemahan Strategi Ekspositori
Keunggulan
a. Dengan strategi ekspositori,guru bisa mengontrol urutan dan keluasan materi pembelajaran.
b. Dianggap sangat efektif apabila materi pelajaran yang harus dikuasai siswa sangat luas,sementara waktu yang disediakan cukup terbatas.
c. Selain siswa dapat mendengar melalui penuturan ,siswa juga bisa melihat atau mengobservasi.
d. Bisa digunakan untuk jumlah dan ukuran kelas yang besar.
Kelemahan
a. Hanya mingkin dapat dilakukan terhadap siswa yang memiiki kemampuan mendengar dan menyimak secara baik.
b. Tidak mungkin dapat melayani perbedaan setiap individu baik perbedaan kemampuan,pengetahuan,minat dan bakat serta perbedaan gaya belajar.
c. Karena lebih banyak disampaikan melalui ceramah,maka akan sulit mengembangkan kemampuan siswa dalam sosialisasi,serta kemampuan berpikir kritis
d. Keberhasilan strategi ini sangat bergantung pada persiapan guru,baik persiapan,pengetahuan,semangat,antusiasme,motivasi dan berbagai kemampuan yang lain.
e. Karena lebih banyak satu arah,maja kesempatan untuk mengontrol pemahaman siswa akan materi pembelajaran akan terbatas pula.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Blog Archive
-
▼
2010
(1596)
-
▼
March
(196)
- Pakar Rusia Ramalkan Perang Dunia Ketiga Semakin D...
- Cara Singkat dan Praktis Membuat Lubang Saluran Pe...
- Asal Usul Kartu Merah dan Kuning Dalam Sepak Bola !
- Patung 200.000 Tahun Ditemukan di Bulan !
- Strategi Pembelajaran Konstekstual Teaching and Le...
- Strategi Pembelajaran Afektif ( nilai Sikap )
- Kapsul Anti Kiamat Dijual Dengan Harga Rp 883 Juta !
- Strategi Pembelajaran Kooperatif ( SPK )
- Rahasia Raja China Menaklukan Ratusan Selir dan Gu...
- Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpi...
- Jakarta Peringkat 4 di Top 10 Kota Terpadat di Dun...
- Vehicle inspection in the United States
- Anda Kaya Jika Lebih Kaya Dari Tetangga !
- Cara Mendapatkan Uang Tanpa Mengeluarkan Uang dari...
- Misteri Foto Genderuwo di Rembang ( Serem ! )
- Strategi Pembelajaran Inkuiri ( SPI )
- Lirik Lagu Blackout – Resiko Orang Cantik
- Lirik Lagu Intan Nuraini - Datanglah Padaku
- Lirik Sandhy Sondoro - End Of The Rainbow
- Lirik Lagu Shanty - Sampai Matiku
- Lirik Ariel, Lukman, Uki, Reza, David - Perjalanan...
- Lirik Lagu Warteg Boys – Disini Senang Disana Senang
- Strategi Pembelajaran Ekspositori ( SPE )
- Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah ( SPBM )
- Indonesia Earthhour
- Ilmuwan Jepang Menciptakan Air Elastis !
- Negara Dengan Kualitas Pendidikan Terbaik !
- Pengefektifan Assesement Alternatif Pada Pembelaja...
- Kumpulan Lengkap Nama Suku di Seluruh Indonesia !
- Bahan Belajar Mandiri( BBM ) Mata Pelajaran Matema...
- Kuburan Luar Biasa di Gurun Tibet !
- Generik Ptk BBM Bahasa Inggris Program Bermutu
- MEWUJUDKAN KONSEP MINA KERA MELALUI KOLAM TERPAL
- Lirik Lagu Padi - Terbakar Cemburu
- Lirik Lagu Monita Keliru
- Lirik Lagu Matta Bergoyang
- Lirik Goliath Hidup Ini Mahal
- Lirik Lagu Goliath Masih Disini Masih Denganmu
- MARKAFA - Sebuah Keunikan Budidaya Perikanan Di La...
- Google Maps Dikecam Karena Foto Anak Bugil !
- Vehicle inspection
- Lomba Olympiade Sains,Olympiade Olah raga,Festival...
- Supplementarity
- Taksi-taksi Paling Berbahaya di Dunia !
- RPP Bahasa Indonesia Kelas IX Semester Genap 2010
- RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII Semester Genap 2010
- RPP Bahasa Indonesia Kelas VII Semester Genap 2010
- Pembelajaran Apresiasi Sastra
- Lirik Five Minutes Satu Hati
- Lirik Lagu Drive Katakanlah
- Lirik Lagu The Dance Company Modal Cinta
- Lirik Lagu Aliva Ku Masih Merindukanmu
- Lirik Lagu Kuburan band Gemes (Ulat Bulu)
- Lirik lagu Aura Kasih Feat Electron 45 Ambigu
- Lirik lagu Saras Kamu Payah Ah
- Lirik lagu The Law Band Pop
- Lirik Lagu Salju Band – Permaisuriku
- Panduan Pembelajaran Tematik Kelas Awal SD (Silabu...
- Contoh KTI Pengembangan Profesi Guru yang Baik
- Menyusun Laporan PTK Menjadi Karya Tulis Pengemban...
- Analisis dan Interpretsi Data Tindak Lanjut dalam PTK
- Arti Dan Lambang Provinsi DKI Jakarta !
- RPP Kelas 4 SD Semester Genap Matematika
- RPP Matematika SD Kelas 5 Semester Genap
- RPP Matematika Kelas 6 SD Semester Genap
- RPP Bahasa Inggris Kelas 4 Semester Genap
- RPP Bahasa Inggris SD Semester Genap Kelas 5
- RPP Bahasa Inggris Semester Genap Kelas 6 SD
- Ibu Bekerja , Bahagia di Rumah dan Kantor !
- Sandbag (non-profit organisation)
- Upacara Horja Bius (Budaya Batak Yang Hilang) !
- Populasi di Kawasan Kota Tua Turun Drastis !
- Challeenging Task (tugas yang menantang ) Pakem IPA
- Predict(pikirkan) Observe (amati) Explore (jelaska...
- Contoh Model Pakem IPA,berbagai model Pembelajaran
- Contoh Model Pembelajaran PAKEM Matematika
- Skenario program Pembelajaran Case Study Program B...
- Case study dan pembelajarannya
- Penilaian Pembelajaran dalam Bahasa Indonesia
- Portable Emissions Measurement System
- Panduan Belajar ICT (TIK) Program Bermutu
- Ditemukan Makhluk Yang Lebih Tua dari Dinosaurus !
- Asteroid Gelap Yang Mengancam Bumi ( Alert ! )
- Kompetensi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Profe...
- Contoh Karya Seni Monumental Sertifikasi,Angka Kredit
- Penelitian Eksperimen Guru Pengembangan Profesi
- Artikel yang dapat dinilai dalam Pengembangan Profesi
- Contoh Teknologi Tepat Guna dalam Alat Peraga Pemb...
- Contoh Alat Peraga Pendidikan Pengembangan Profesi
- Artikel Penelitian dan Non Penelitian Pengembangan...
- Pedoman Penilaian Alat Peraga Pendidikan
- Contoh Makalah Gagasan Hasil Peninjauan
- Penulisan Buku,Diktat dan Modul Pengembangan Profesi
- Model Pembelajaran Inovatif
- Contoh Karya Tulis Pengembangan Profesi Ditolak
- Ditemukan Gorila Berpunggung Perak di Planet Mars !
- Langkah Awal Penulisan PTK
- Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui...
- Berbagai Macam Metode dan model pembelajaran
- Lirik Lagu Nidji – Ku Takkan Bisa
-
▼
March
(196)
No comments:
Post a Comment