Asessement Alternatif adalah jenis asessemen yang dapat digunakan pada bidang studi apa pun dan sedang dikembangkan .Dengan melakukan asessement alternative diperoleh keuntungan :
1.Kesulitan dan kelemahan siswa dapat dideteksi sedini mungkin,sehingga guru dapat memberikan bantuan dengan cepat dan tepat sesuai dengan kesulitan masing-masing siswa.
2/Guru mendapatkan masukan tentang kemajuan atau pertumbuhan belajar setiap siswa secara utuh.
3.proses belajar mengajar di kelas berjalan secara efektif dan optimal.
4.Para siswa dapat berhasil bersama-sama dan tidak ada lagi siswa yang belum bisa atau tidak bisa terhadap suatu materi yang dipelajarinya.
Hakikat Assesement alternatif
Karakteristik utama assesement alternative tidak hanya mengukur hasil belajar,tetapi secara lengkap member informasi yang lebih jelas tentang proses pembelajaran menulis permulaan.Assesement alternative sebuah upaya untuk mengintegrasikan kegiatan penilaian hasil belajar dengan keseluruhan prosws pembelajaran.
Selain itu,hasil assesement alternative memberikan informasi bagi pengambil keputusan tentang apa yang telah dipelajari siswa,angka-angka berapakah yang sepatutnya diperoleh siswa,haruskah siswa di tingkatberikutnya.Bantuan macam apakah yang mereka perlukan ,dan sebagaianya (Herman,dkk.1992)
Bentuk-bentuk Tugas Assesement alternative
Assesement alternative bertujuan mengukur ketrampilan seorang siswa pada waktu meragakan suatu kegiatan atau ketika siswa melakukan tugas-tugas assesement alternative.Menurut Herman,dkk.(1992:2) bentuk tugas dalam assesement alternative berupa :
1.Ekshibisi
Siswa memperagakan atau mempertunjukkan ketrampilan yang dimilikinya pada tingkat kemampuan kemampuan tertentu yang dikehendaki guru.
2.Demonstrasi
Siswa menyelesaikan tugas-tugas yang kompleks dalam jangka waktu tertentu yang dapat memperhatikan penguasaan kemampuan sampai pada tingkatan tertentu.
3.Investigasi
Guru meminta meminta siswa melakukan sesuatu tugas,kemudian siswa diteliti atau diperiksa ketika melakukan tugas tersebut.Pemeriksaan ditujukan atas kebenaran dalam melakukan tugas tersebut.
4.Portofolio
Kumpulan karya siswa berdasarkan urutan waktu atau urutan kategori kegiatan.Karya yang dikumpulkan berupa karya terbaik,dan dikumpulkan dalam tempat tertentu berupa map.Tujuan pengumpulan karya ini untuk mengetahui perkembangan siswa,dan dapat juga digunakan landasan memberikan bantuan dan dukungan bagi perkembangannya.
5.Jurnal
Kegiatan yang dilakukan siswa dalam kurun waktu tertentu dan ditulis dalam bentuk catatan singkat yang disebut jurnal.Jurnal ini berisikan peristiwa penting yang dialami siswa dalam sehari.
6.Tanggapan lisan
Siswa menanggapi secara lisan pendapat,pernyataan,dan isi wacana secara lisan.Tanggapan lisan ini tidak hanya menuntut satu jawaban benar atau salah,tetapi berupa uraian lisan secara lengkap.
Pengefektifan Assesement Alternatif Pada Pembelajaran Menulis Permulaan siswa Sd Rendah
Sebelum mengefektifan assesement alternative,guru harus membuat perencanaan penilaian.Perencanaan tersebut berisi unsure yang hendak dinilai,demikian juga pada menulis permulaan.
Menulis permulaan dimulai anak berlatih memegang pensil,menggerakkan tangan dari kiri ke kanan,berlatih menebalkan,dikte sampai dengan menulis karangan sederhana.
Assesement alternative dapat diefektifkan pada kegiatan tersebut sebagai berikut :
1. Memegang pensil
Ketika anak disuruh mengambil dan memegang pensil,guru mengamati dengan seksama.Apakah cara memegangnya sudah benar atau salah.Apakah pensil diletakkan antara ibu jari dan telunjuk.Ujung ibu jari,telunjuk,dan jari tengah menekan pensil dengan luwes.Jika anak yang salah,guru segera membetulkan dengan cara memberikan bantuan sambil penjelasan cara memegang yang benar.
2.Menggerakkan Tangan dari Kiri ke Kanan
Setelah anak sudah dapat memegang pensil dengan benar,anak disuruh berlatih menulis di udara kemudian dilanjutkan pada buku.Arag gerakkan tangan dari kiri ke kanan perlu diperhatikan guru.Jika terdapat siswa yang mengalami kesalahan,guru membantu gerakan yang benar.
3.Berlatih Menebalkan
Latihan ini dimaksudkan siswa tdak hanya memegang pensil dan menggerakkan tangan ke kiri ke kanan,tetapi mulai dikenalkan huruf dengan cara menebalkan atau menghubungkan huruf.Latihan ini dapat dilakukan pada bukiu yang secara khusus menyajikan latihan semacam ini. Guru mengamati setiap anak dalam melakukan kegiatan tersebut.Siswa dapat mengalami kesalahan/kesulitan segera mendapat bantuan guru.
Demikian pula pada kegiatan dikte dan menulis karangan sederhana,guru selalu mengamati setiap siswa dan memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesalahan/kesulitan.Bantuab diberikan secara individual segera setelah mengetahui siswa mengalami kesulitan.
Home » Unlabelled » Pengefektifan Assesement Alternatif Pada Pembelajaran Menulis Permulaan di SD (inovatif)
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Blog Archive
-
▼
2010
(1596)
-
▼
March
(196)
- Pakar Rusia Ramalkan Perang Dunia Ketiga Semakin D...
- Cara Singkat dan Praktis Membuat Lubang Saluran Pe...
- Asal Usul Kartu Merah dan Kuning Dalam Sepak Bola !
- Patung 200.000 Tahun Ditemukan di Bulan !
- Strategi Pembelajaran Konstekstual Teaching and Le...
- Strategi Pembelajaran Afektif ( nilai Sikap )
- Kapsul Anti Kiamat Dijual Dengan Harga Rp 883 Juta !
- Strategi Pembelajaran Kooperatif ( SPK )
- Rahasia Raja China Menaklukan Ratusan Selir dan Gu...
- Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpi...
- Jakarta Peringkat 4 di Top 10 Kota Terpadat di Dun...
- Vehicle inspection in the United States
- Anda Kaya Jika Lebih Kaya Dari Tetangga !
- Cara Mendapatkan Uang Tanpa Mengeluarkan Uang dari...
- Misteri Foto Genderuwo di Rembang ( Serem ! )
- Strategi Pembelajaran Inkuiri ( SPI )
- Lirik Lagu Blackout – Resiko Orang Cantik
- Lirik Lagu Intan Nuraini - Datanglah Padaku
- Lirik Sandhy Sondoro - End Of The Rainbow
- Lirik Lagu Shanty - Sampai Matiku
- Lirik Ariel, Lukman, Uki, Reza, David - Perjalanan...
- Lirik Lagu Warteg Boys – Disini Senang Disana Senang
- Strategi Pembelajaran Ekspositori ( SPE )
- Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah ( SPBM )
- Indonesia Earthhour
- Ilmuwan Jepang Menciptakan Air Elastis !
- Negara Dengan Kualitas Pendidikan Terbaik !
- Pengefektifan Assesement Alternatif Pada Pembelaja...
- Kumpulan Lengkap Nama Suku di Seluruh Indonesia !
- Bahan Belajar Mandiri( BBM ) Mata Pelajaran Matema...
- Kuburan Luar Biasa di Gurun Tibet !
- Generik Ptk BBM Bahasa Inggris Program Bermutu
- MEWUJUDKAN KONSEP MINA KERA MELALUI KOLAM TERPAL
- Lirik Lagu Padi - Terbakar Cemburu
- Lirik Lagu Monita Keliru
- Lirik Lagu Matta Bergoyang
- Lirik Goliath Hidup Ini Mahal
- Lirik Lagu Goliath Masih Disini Masih Denganmu
- MARKAFA - Sebuah Keunikan Budidaya Perikanan Di La...
- Google Maps Dikecam Karena Foto Anak Bugil !
- Vehicle inspection
- Lomba Olympiade Sains,Olympiade Olah raga,Festival...
- Supplementarity
- Taksi-taksi Paling Berbahaya di Dunia !
- RPP Bahasa Indonesia Kelas IX Semester Genap 2010
- RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII Semester Genap 2010
- RPP Bahasa Indonesia Kelas VII Semester Genap 2010
- Pembelajaran Apresiasi Sastra
- Lirik Five Minutes Satu Hati
- Lirik Lagu Drive Katakanlah
- Lirik Lagu The Dance Company Modal Cinta
- Lirik Lagu Aliva Ku Masih Merindukanmu
- Lirik Lagu Kuburan band Gemes (Ulat Bulu)
- Lirik lagu Aura Kasih Feat Electron 45 Ambigu
- Lirik lagu Saras Kamu Payah Ah
- Lirik lagu The Law Band Pop
- Lirik Lagu Salju Band – Permaisuriku
- Panduan Pembelajaran Tematik Kelas Awal SD (Silabu...
- Contoh KTI Pengembangan Profesi Guru yang Baik
- Menyusun Laporan PTK Menjadi Karya Tulis Pengemban...
- Analisis dan Interpretsi Data Tindak Lanjut dalam PTK
- Arti Dan Lambang Provinsi DKI Jakarta !
- RPP Kelas 4 SD Semester Genap Matematika
- RPP Matematika SD Kelas 5 Semester Genap
- RPP Matematika Kelas 6 SD Semester Genap
- RPP Bahasa Inggris Kelas 4 Semester Genap
- RPP Bahasa Inggris SD Semester Genap Kelas 5
- RPP Bahasa Inggris Semester Genap Kelas 6 SD
- Ibu Bekerja , Bahagia di Rumah dan Kantor !
- Sandbag (non-profit organisation)
- Upacara Horja Bius (Budaya Batak Yang Hilang) !
- Populasi di Kawasan Kota Tua Turun Drastis !
- Challeenging Task (tugas yang menantang ) Pakem IPA
- Predict(pikirkan) Observe (amati) Explore (jelaska...
- Contoh Model Pakem IPA,berbagai model Pembelajaran
- Contoh Model Pembelajaran PAKEM Matematika
- Skenario program Pembelajaran Case Study Program B...
- Case study dan pembelajarannya
- Penilaian Pembelajaran dalam Bahasa Indonesia
- Portable Emissions Measurement System
- Panduan Belajar ICT (TIK) Program Bermutu
- Ditemukan Makhluk Yang Lebih Tua dari Dinosaurus !
- Asteroid Gelap Yang Mengancam Bumi ( Alert ! )
- Kompetensi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Profe...
- Contoh Karya Seni Monumental Sertifikasi,Angka Kredit
- Penelitian Eksperimen Guru Pengembangan Profesi
- Artikel yang dapat dinilai dalam Pengembangan Profesi
- Contoh Teknologi Tepat Guna dalam Alat Peraga Pemb...
- Contoh Alat Peraga Pendidikan Pengembangan Profesi
- Artikel Penelitian dan Non Penelitian Pengembangan...
- Pedoman Penilaian Alat Peraga Pendidikan
- Contoh Makalah Gagasan Hasil Peninjauan
- Penulisan Buku,Diktat dan Modul Pengembangan Profesi
- Model Pembelajaran Inovatif
- Contoh Karya Tulis Pengembangan Profesi Ditolak
- Ditemukan Gorila Berpunggung Perak di Planet Mars !
- Langkah Awal Penulisan PTK
- Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui...
- Berbagai Macam Metode dan model pembelajaran
- Lirik Lagu Nidji – Ku Takkan Bisa
-
▼
March
(196)
No comments:
Post a Comment