1.Konsep Dasar dan Karakteristik SPBM
Ciri utama SPBM
a.SPBM merupakan aktivitas pembelajaran,artinya ada kegiatan yang harus dilaManakalakukan siswa.
b.Aktivitas pembelajaran diarahkan untuk memecahkan masalah.
c.Pemecahan masalah dengan menggunakan pendekatan berpikir secara ilmiah.
Untuk mengimplementasikan SPBM, guru perlu memilih bahan pelajaran yang memiliki permasalahan yang dapat dipecahkan.
Sedangkan pembelajaran dengan pemecahan masalah dapat diterapkan :
- Manakala guru menginginkan agar siswa tidak hanya sekadar hanya dapat mengingat metri pelajaran,akan tetapi menguasai dan memahaminya secara utuh.
- Apabila guru bermaksud untuk mengembangkan ketrampilan berpikir rasional siswa.
- Manakala guru menginginkan kemampuan siswa untuk memecahkan masalah serta membuat tantangan intelektual siswa.
- Jika guru ingin mendorong siswa untuk lebih bertanggung jawab dalam pembelajarannya.
- Jika guru ingin agar siswa memahami hubungan antara apa yang dipelajari dengan kenyataan dalam kehidupannya.
Kriteria Pemilihan Bahan Pelajaran SPBM
1. Bahan pelajaran harus mengandung isu-isu yang mengandung konflik yang bisa bersumber dari berita,rekaman,video dan lain sebagainya.
2. Bahan yang dipilih adalah bahan yang bersifat familiar dengan siswa,sehingga setiap siswa dapat mengikutinya dengan baik.
3. Bahan yang dipilih merupakan bahan yang berhubungan dengan kepentingan orang banyak,sehingga terasa manfaatnya.
4. Bahan yang dipilih adalah bahan yang mendukung tujuan atau kompetensi yang harus dimiliki oleh siswa sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
5. Bahan yang dipilih sesuai dengan minat siswa sehingga setiap siswa merasa perlu untuk mempelajarinya.
Tahapan-Tahapan SPBM
Joh Dewey,menjelaskan 6 langkah SPBM yang kemudian dia namakan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving),yaitu :
1. Merumuskan masalah,yaitu langkah siswa menentukan masalah yang akan dipecahkan.
2. Menganalisis masalah,yaitulangkah siswa meninjau masalah secara kritis dari berbagai sudut pandang.
3. .Merumuskan hipotesis,yaitu langkah siswa merumuskan berbagai kemungkinan pemecahan masalah sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya.
4. 4.Mengumpulkan data,yaitu langkah siswa mencari dan menggambarkan informasi yang diperlukan untuk pemecahan masalah.
5. Pengujian hipotesis,yaitu langkah siswa mengambil atau merumuskan kesimpulan sesuai dengan penerimaan dan penolakan hipotesis yang diajukan.
6. Merumuskan rekomendasi pemecahan masalah,yaitu langkah siswa menggambarkan rekomendasi yang dapat dilakukan sesuai rumusan hasil pengujian hipotesis dan rumusan kesimpulan.
Keunggulan dan Kelemahan SPBM
Keunggulan:
a. Pemecahan masalah merupakan teknik yang cukup bagus untuk lebih memahami isi bacaan.
b. Pemecahan masalah dapat memantang kemampuan siswa serta memberikan kepuasan utnuk menemukan pengetahuan baru bagi siswa.
c. Pemecahan masalah dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa.
d. Pemecahan masalah dapat membantu siswa bagaimana mentranfer pengetahuan mereka untuk memahami masalah dalam kehidupan siswa.
e. Pemecahan masalah dapat membantu siswa untuk mengembangkan pengetahuan barunya dan bertanggung jawab dalam pembelajaran yang mereka lakukan.
f. Melalui pemecahan masalah bisa memperlihatkan kepada siswa bahwa setiap mata pelajaran, pada dasarnya merupakan cara berpikir,dan sesuatu yang harus dimengerti oleh siswa,bukan hanya sekedar belajar dari guru atau dari buku-buku saja.
g. Pemecahan masalah dianggap lebih menyenangkan dan disukai siswa.
h. Pemecahan masalah dapat mengembangkan kemampuan siswa utnuk berpikir kritis dan mengembangkan kemampuan mereka untuk menyesuaikan dengan pengetahuan baru.
i. Pemecahan masalah dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka miliki dalam dunia nyata.
j. Pemecahan masalah dapat mengembangkan minat siswa untuk secara terus-menerus belajar sekalipun belajar pada pendidikan formal telah berakhir.
Kelemahan Pemecahan Masalah
1. Manakala siswa tidak memiliki minat atau tidak mempunyai kepercayaan bahwa masalah yang dipelajari sulit untuk dipecahkan,maka mereka akan merasa enggan untuk mencoba.
2. Keberhasilan strategi pembelajaran berbasis masalah membutuhkan cukup waktu utnk persiapan.
3. Tanpa pemahaman mengapa mereka berusaha untuk memecahkan masalah yang sedang dipelajari,maka mereka tidak akan belajar apa yang mereka ingin pelajari.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Blog Archive
-
▼
2010
(1596)
-
▼
March
(196)
- Pakar Rusia Ramalkan Perang Dunia Ketiga Semakin D...
- Cara Singkat dan Praktis Membuat Lubang Saluran Pe...
- Asal Usul Kartu Merah dan Kuning Dalam Sepak Bola !
- Patung 200.000 Tahun Ditemukan di Bulan !
- Strategi Pembelajaran Konstekstual Teaching and Le...
- Strategi Pembelajaran Afektif ( nilai Sikap )
- Kapsul Anti Kiamat Dijual Dengan Harga Rp 883 Juta !
- Strategi Pembelajaran Kooperatif ( SPK )
- Rahasia Raja China Menaklukan Ratusan Selir dan Gu...
- Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpi...
- Jakarta Peringkat 4 di Top 10 Kota Terpadat di Dun...
- Vehicle inspection in the United States
- Anda Kaya Jika Lebih Kaya Dari Tetangga !
- Cara Mendapatkan Uang Tanpa Mengeluarkan Uang dari...
- Misteri Foto Genderuwo di Rembang ( Serem ! )
- Strategi Pembelajaran Inkuiri ( SPI )
- Lirik Lagu Blackout – Resiko Orang Cantik
- Lirik Lagu Intan Nuraini - Datanglah Padaku
- Lirik Sandhy Sondoro - End Of The Rainbow
- Lirik Lagu Shanty - Sampai Matiku
- Lirik Ariel, Lukman, Uki, Reza, David - Perjalanan...
- Lirik Lagu Warteg Boys – Disini Senang Disana Senang
- Strategi Pembelajaran Ekspositori ( SPE )
- Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah ( SPBM )
- Indonesia Earthhour
- Ilmuwan Jepang Menciptakan Air Elastis !
- Negara Dengan Kualitas Pendidikan Terbaik !
- Pengefektifan Assesement Alternatif Pada Pembelaja...
- Kumpulan Lengkap Nama Suku di Seluruh Indonesia !
- Bahan Belajar Mandiri( BBM ) Mata Pelajaran Matema...
- Kuburan Luar Biasa di Gurun Tibet !
- Generik Ptk BBM Bahasa Inggris Program Bermutu
- MEWUJUDKAN KONSEP MINA KERA MELALUI KOLAM TERPAL
- Lirik Lagu Padi - Terbakar Cemburu
- Lirik Lagu Monita Keliru
- Lirik Lagu Matta Bergoyang
- Lirik Goliath Hidup Ini Mahal
- Lirik Lagu Goliath Masih Disini Masih Denganmu
- MARKAFA - Sebuah Keunikan Budidaya Perikanan Di La...
- Google Maps Dikecam Karena Foto Anak Bugil !
- Vehicle inspection
- Lomba Olympiade Sains,Olympiade Olah raga,Festival...
- Supplementarity
- Taksi-taksi Paling Berbahaya di Dunia !
- RPP Bahasa Indonesia Kelas IX Semester Genap 2010
- RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII Semester Genap 2010
- RPP Bahasa Indonesia Kelas VII Semester Genap 2010
- Pembelajaran Apresiasi Sastra
- Lirik Five Minutes Satu Hati
- Lirik Lagu Drive Katakanlah
- Lirik Lagu The Dance Company Modal Cinta
- Lirik Lagu Aliva Ku Masih Merindukanmu
- Lirik Lagu Kuburan band Gemes (Ulat Bulu)
- Lirik lagu Aura Kasih Feat Electron 45 Ambigu
- Lirik lagu Saras Kamu Payah Ah
- Lirik lagu The Law Band Pop
- Lirik Lagu Salju Band – Permaisuriku
- Panduan Pembelajaran Tematik Kelas Awal SD (Silabu...
- Contoh KTI Pengembangan Profesi Guru yang Baik
- Menyusun Laporan PTK Menjadi Karya Tulis Pengemban...
- Analisis dan Interpretsi Data Tindak Lanjut dalam PTK
- Arti Dan Lambang Provinsi DKI Jakarta !
- RPP Kelas 4 SD Semester Genap Matematika
- RPP Matematika SD Kelas 5 Semester Genap
- RPP Matematika Kelas 6 SD Semester Genap
- RPP Bahasa Inggris Kelas 4 Semester Genap
- RPP Bahasa Inggris SD Semester Genap Kelas 5
- RPP Bahasa Inggris Semester Genap Kelas 6 SD
- Ibu Bekerja , Bahagia di Rumah dan Kantor !
- Sandbag (non-profit organisation)
- Upacara Horja Bius (Budaya Batak Yang Hilang) !
- Populasi di Kawasan Kota Tua Turun Drastis !
- Challeenging Task (tugas yang menantang ) Pakem IPA
- Predict(pikirkan) Observe (amati) Explore (jelaska...
- Contoh Model Pakem IPA,berbagai model Pembelajaran
- Contoh Model Pembelajaran PAKEM Matematika
- Skenario program Pembelajaran Case Study Program B...
- Case study dan pembelajarannya
- Penilaian Pembelajaran dalam Bahasa Indonesia
- Portable Emissions Measurement System
- Panduan Belajar ICT (TIK) Program Bermutu
- Ditemukan Makhluk Yang Lebih Tua dari Dinosaurus !
- Asteroid Gelap Yang Mengancam Bumi ( Alert ! )
- Kompetensi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Profe...
- Contoh Karya Seni Monumental Sertifikasi,Angka Kredit
- Penelitian Eksperimen Guru Pengembangan Profesi
- Artikel yang dapat dinilai dalam Pengembangan Profesi
- Contoh Teknologi Tepat Guna dalam Alat Peraga Pemb...
- Contoh Alat Peraga Pendidikan Pengembangan Profesi
- Artikel Penelitian dan Non Penelitian Pengembangan...
- Pedoman Penilaian Alat Peraga Pendidikan
- Contoh Makalah Gagasan Hasil Peninjauan
- Penulisan Buku,Diktat dan Modul Pengembangan Profesi
- Model Pembelajaran Inovatif
- Contoh Karya Tulis Pengembangan Profesi Ditolak
- Ditemukan Gorila Berpunggung Perak di Planet Mars !
- Langkah Awal Penulisan PTK
- Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui...
- Berbagai Macam Metode dan model pembelajaran
- Lirik Lagu Nidji – Ku Takkan Bisa
-
▼
March
(196)
No comments:
Post a Comment