Hakikat Pendidikan Nilai dan Sikap
Nilai adalah suatu konsep yang berada dalam pikiran manusia yang sifatnya tersembunyi,tidak berada di dalam dunia yang empiris.Nilai berhubungan dengan pandangan seseorang tentang baik dan buruk,indah dan tidak indah, dan lain sebagainya.Dengan demikian pendidikan nilai pada dasarnya proses penanman nilai kepada peserta didik yang diharapkan,oleh karenanya siswa dapat berperilaku sesuai dengan pandangan yang dianggapnya baik dan tidak bertentangan dengan norma-norma yang berlaku.
Model Strategi Pembelajaran Sikap
Di bawah ini disajikan beberapa model strategi pembelajaran pembentukan sikap :
1. Model Konsiderasi
Model konsiderasi dikembangkan oleh MC.Paul,seorang humanis.Paulmenganggap bahwa pembentukan moral tidak sama dengan pengembangan kognisi yang rasional.Pembelajaran moral siswa menurutnya adalah pembentukan pembentukan kepribadian bukan pengembangan intelektual.Oleh sebab itu,model ini menekankan kepada strategi pembelajaran yang dapat membentuk kepribadian.Tujuannya adalah agar siswa menjadi manusia yang memiliki kepedulian terhadap orang lain.
Implementasi model konsiderasi guru dapat mengikuti tahapan-tahapan pembelajaran
seperti berikut:
a. .menghadapkan siswa pada suatu masalah yang mengandung konflik,yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.Ciptakan situasi”Seandainya siswa ada dalam masalah tersebut “
b. Menyuruh siswa untuk menganalisis sesuatu masalah dengan melihat bukan hanya yang tampak,tapi juga yang tersirat dalam permasalahan tersebut,misalnya perasaan,kebutuhan,dan kepentingan orang lain.
c. Menyuruh siswa untuk menuliskan tanggapannya terhadap permasalahan yang dihadapi.Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat menelaah perasaannya sendiri sebelum mendengar respons orang lain untuk dibandingkan.
d. Mengajak siswa untuk menganalisis respons orang lain serta membuat kategori dari setiap respons yang diberikan siswa.
e. Mendorong siswa untuk merumuskan akibat atau konsekuensi dari setiap tindakan yang diusulkan siswa.Dalam tahapan ini siswa diajak berpikir tentang segala kemungkinan yang akan timbul sehubungan dengan tindakannya.
f. Mengajak siswa untuk memandang permasalahan dari berbagai sudut pandang untuk menambah wawasan agar mereka dapat menimbang sikap tertentu sesuai dengan nilai yang dimilikinya.
g. Mendorong siswa agar merumuskan sendiri tindakan yang harus dilakukan sesuai dengan pilihannya berdasarkan pertimbangannya sendiri.
2.Model Pengembangan Kognitif
Model pengembangan kognisi dikembangkan oleh Lawrence Kohlberg.Model ini banyak diilhami oleh pemikiran John Dewey yang berpendapat bahwa perkembangan manusia terjadi sebagai proses dari restrukturisasi kognitif yang berlangsung secara berangsur-angsur menurut urutan tertentu.Menurut Kolhberg,moral manusia itu berkembang melalui 3 tingkat ,dan setiap tingkat terdiri dari 2 tahap. “
a. Tingkat prakonvensional
Pada tingkat ini setiap individu memandang moral berdasarkan kepentingannya sendiri,Artinya pertimbangan moral didasarkan pada pandangan secara individual tanpa menghiraukan rumusan dan aturan yang dibuat oleh masyarakat,terdiri daridua tahap:
1. Orientasi hukuman dan kepatuhan
Artinya anak hanya berpikir bahwa perilaku yang benar itu adalah perilaku yang tidak akan mengakibatkan hukuman,dengan demikian setiap peraturan harus dipatuhi agar tidak menimbulkan konsekuensi negative.
2. Orientasi instrumental relative
Pada tahap ini perilaku anak didasarka pada perilaku adil,berdasarkan aturan permainan yang telah disepakati.
b. Tahap Konvensional
Pada tahap konvensional meliputi 2 tahap
3. Keselarasan interpersonal
Pada tahap ini ditandai dengan perilaku yang ditampilkan individu didorong oleh keinginan untuk memenuhi harapan orang lain.
4. System social dan kata hati
5. Pada tahap ini perilaku individu bukan didasarkan pada dorongan untuk memenuhi harapan orang lain yang dihormatinya.
c. Tingkat postkonvensional
Pada tingkat ini perilaku bukan hanya didasarkan pada kepatuhan terhadap norma-norma masyarakat yang berlaku,akan tetapi didasari oleh adanya kesadaran sesuai dengan nilai-nilai yang dimiliki secara individu.
6. Kontra social
Pada tahap iniperilaku individu didasarkan pada kebenaran-kebenaran yang diakui oleh masyarakat.
7. Prinsip etis yang universal
Pada tahap ini perilaku manusia didasarkan pada prinsip-prinsip universal.
Kesulitan dalam Pembelajaran Afektif
Pertama, selama ini proses pendidikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku cenderung diarahkan untuk pembentukan intelektual.dengan demikian keberhasilan proses pendidikan dan proses pembelajaran di sekolah ditentukan oleh criteria kemampuan intelektual.
Kedua, sulitnya melakukan control karena banyaknya factor yang dapat mempengaruhi perkembangan sikap seseorang.
Ketiga,keberhasilan pembentukan sikap tidak bisa dievaluasi dengan segera. Berbeda dengan keberhasilan pembentukan kognisi dan aspek ketrampilan yang hasilnya dapat diketahui setelah proses pembelajaran berakhir.
Keempat,pengaruh kemajuan teknologi,khususnya teknologi informasi yang menyuguhkan aneka pilihan program acara,berdampak pada pembentukan karakter anak.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Blog Archive
-
▼
2010
(1596)
-
▼
March
(196)
- Pakar Rusia Ramalkan Perang Dunia Ketiga Semakin D...
- Cara Singkat dan Praktis Membuat Lubang Saluran Pe...
- Asal Usul Kartu Merah dan Kuning Dalam Sepak Bola !
- Patung 200.000 Tahun Ditemukan di Bulan !
- Strategi Pembelajaran Konstekstual Teaching and Le...
- Strategi Pembelajaran Afektif ( nilai Sikap )
- Kapsul Anti Kiamat Dijual Dengan Harga Rp 883 Juta !
- Strategi Pembelajaran Kooperatif ( SPK )
- Rahasia Raja China Menaklukan Ratusan Selir dan Gu...
- Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpi...
- Jakarta Peringkat 4 di Top 10 Kota Terpadat di Dun...
- Vehicle inspection in the United States
- Anda Kaya Jika Lebih Kaya Dari Tetangga !
- Cara Mendapatkan Uang Tanpa Mengeluarkan Uang dari...
- Misteri Foto Genderuwo di Rembang ( Serem ! )
- Strategi Pembelajaran Inkuiri ( SPI )
- Lirik Lagu Blackout – Resiko Orang Cantik
- Lirik Lagu Intan Nuraini - Datanglah Padaku
- Lirik Sandhy Sondoro - End Of The Rainbow
- Lirik Lagu Shanty - Sampai Matiku
- Lirik Ariel, Lukman, Uki, Reza, David - Perjalanan...
- Lirik Lagu Warteg Boys – Disini Senang Disana Senang
- Strategi Pembelajaran Ekspositori ( SPE )
- Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah ( SPBM )
- Indonesia Earthhour
- Ilmuwan Jepang Menciptakan Air Elastis !
- Negara Dengan Kualitas Pendidikan Terbaik !
- Pengefektifan Assesement Alternatif Pada Pembelaja...
- Kumpulan Lengkap Nama Suku di Seluruh Indonesia !
- Bahan Belajar Mandiri( BBM ) Mata Pelajaran Matema...
- Kuburan Luar Biasa di Gurun Tibet !
- Generik Ptk BBM Bahasa Inggris Program Bermutu
- MEWUJUDKAN KONSEP MINA KERA MELALUI KOLAM TERPAL
- Lirik Lagu Padi - Terbakar Cemburu
- Lirik Lagu Monita Keliru
- Lirik Lagu Matta Bergoyang
- Lirik Goliath Hidup Ini Mahal
- Lirik Lagu Goliath Masih Disini Masih Denganmu
- MARKAFA - Sebuah Keunikan Budidaya Perikanan Di La...
- Google Maps Dikecam Karena Foto Anak Bugil !
- Vehicle inspection
- Lomba Olympiade Sains,Olympiade Olah raga,Festival...
- Supplementarity
- Taksi-taksi Paling Berbahaya di Dunia !
- RPP Bahasa Indonesia Kelas IX Semester Genap 2010
- RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII Semester Genap 2010
- RPP Bahasa Indonesia Kelas VII Semester Genap 2010
- Pembelajaran Apresiasi Sastra
- Lirik Five Minutes Satu Hati
- Lirik Lagu Drive Katakanlah
- Lirik Lagu The Dance Company Modal Cinta
- Lirik Lagu Aliva Ku Masih Merindukanmu
- Lirik Lagu Kuburan band Gemes (Ulat Bulu)
- Lirik lagu Aura Kasih Feat Electron 45 Ambigu
- Lirik lagu Saras Kamu Payah Ah
- Lirik lagu The Law Band Pop
- Lirik Lagu Salju Band – Permaisuriku
- Panduan Pembelajaran Tematik Kelas Awal SD (Silabu...
- Contoh KTI Pengembangan Profesi Guru yang Baik
- Menyusun Laporan PTK Menjadi Karya Tulis Pengemban...
- Analisis dan Interpretsi Data Tindak Lanjut dalam PTK
- Arti Dan Lambang Provinsi DKI Jakarta !
- RPP Kelas 4 SD Semester Genap Matematika
- RPP Matematika SD Kelas 5 Semester Genap
- RPP Matematika Kelas 6 SD Semester Genap
- RPP Bahasa Inggris Kelas 4 Semester Genap
- RPP Bahasa Inggris SD Semester Genap Kelas 5
- RPP Bahasa Inggris Semester Genap Kelas 6 SD
- Ibu Bekerja , Bahagia di Rumah dan Kantor !
- Sandbag (non-profit organisation)
- Upacara Horja Bius (Budaya Batak Yang Hilang) !
- Populasi di Kawasan Kota Tua Turun Drastis !
- Challeenging Task (tugas yang menantang ) Pakem IPA
- Predict(pikirkan) Observe (amati) Explore (jelaska...
- Contoh Model Pakem IPA,berbagai model Pembelajaran
- Contoh Model Pembelajaran PAKEM Matematika
- Skenario program Pembelajaran Case Study Program B...
- Case study dan pembelajarannya
- Penilaian Pembelajaran dalam Bahasa Indonesia
- Portable Emissions Measurement System
- Panduan Belajar ICT (TIK) Program Bermutu
- Ditemukan Makhluk Yang Lebih Tua dari Dinosaurus !
- Asteroid Gelap Yang Mengancam Bumi ( Alert ! )
- Kompetensi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Profe...
- Contoh Karya Seni Monumental Sertifikasi,Angka Kredit
- Penelitian Eksperimen Guru Pengembangan Profesi
- Artikel yang dapat dinilai dalam Pengembangan Profesi
- Contoh Teknologi Tepat Guna dalam Alat Peraga Pemb...
- Contoh Alat Peraga Pendidikan Pengembangan Profesi
- Artikel Penelitian dan Non Penelitian Pengembangan...
- Pedoman Penilaian Alat Peraga Pendidikan
- Contoh Makalah Gagasan Hasil Peninjauan
- Penulisan Buku,Diktat dan Modul Pengembangan Profesi
- Model Pembelajaran Inovatif
- Contoh Karya Tulis Pengembangan Profesi Ditolak
- Ditemukan Gorila Berpunggung Perak di Planet Mars !
- Langkah Awal Penulisan PTK
- Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui...
- Berbagai Macam Metode dan model pembelajaran
- Lirik Lagu Nidji – Ku Takkan Bisa
-
▼
March
(196)
No comments:
Post a Comment