multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

Wanita Penjelajah Waktu ( Time Tunnel ) Terekam Kamera !

Dari telusuran ke Wikipedia, handphone pertama dibuat oleh Martin Cooper dari Motorola tahun 1973. Lha, kok ini ada wanita pakai handphone dari film keluaran 1928?
Film dimaksud adalah film Charlie Chaplin berjudul The Circus. Cuplikan The Circus membuat heboh jagad maya setelah muncul di You Tube. Dari klip yang diputar berulang-ulang terlihat seorang wanita paruh baya berjalan sambil tangannya memegang sesuatu ke kupingnya.



Banyak yang mengira, wanita itu memegang handphone alias telepon genggam. Masalahnya, tahun 1928 handphone belum ditemukan. Dari sini muncul spekulasi macam-macam. Gosip yang bertebaran di internet mengatakan, wanita itu adalah penjelajah waktu, datang dari masa depan dengan mesin waktu. Ia sedang menelepon melintasi waktu.

Tapi, benarkah benda yang dipegang wanita itu handphone?
Belum jelas benar. Menurut ahli sejarah yang ditanya LiveScience, Jumat (29/10), bisa jadi benda yang dipegang wanita itu bukan handphone, melainkan alat bantu dengar.

Alat bantu dengar yang dimaksud berbentuk mirip terompet, hingga sering disebut “terompet kuping.” Alat ini sudah ada sejak akhir abad ke-19. Sang wanita yang terlihat di film, mungkin sedang membetulkan alat bantu dengarnya.

“Saya rasa wanita itu berumur lebih dari 50 tahun. Jadi, menggunakan benda dari akhir abad ke-19 di tahun 1928 hal biasa,” kata Philip Skroska, sejarawan dari Bernard Becker Medical Library of Washington University di St. Louis pada LiveScience.

“Ia sepertinya sedang bicara dengan orang yang berjalan di depannya,” kata Skroska. “Akan tak adil jika kita mengesampingkan kalau yang dipegangnya adalah alat bantu dengar.”
kalo pengen liat videonya ada dibawah i:


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive