RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (8)
Sekolah : SMPN 1 DUDUKSAMPEYAN
Mata Pelajaran : PAI
Kelas / Semester : 9 / Genap
Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan (4 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi :
8. Memahami Al Qur’an surat Al Insyiroh.
B. Kompetensi Dasar :
8.1. Menampilkan bacaan Qs. Al Insyiroh dengan tartil dan benar
8.2. Menyebutkan arti Qs. Al Insyiroh .
8.3. Mempraktekan perilaku dalam bekerja selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam Qs. Al Insyiroh
C. Indikator :
1. Membaca Qs. At Insyiroh dengan benar , Tartil dan lancar.
2. Menyalin, menghafal dan mengartikan Qs.At Insyiroh dengan baik dan benar.
3. Mengartikan Qs At Insyiroh setiap ayat dan setiap kalimat dengan benar.
4. Bekerja keras, sungguh-sungguh dan disiplin sampai tuntas dengan ihlas di bidang apapun, kemudian apabila telah selesai baru pindah untuk melakukan pekerjaan lain dengan sungguh-sungguh dan disiplin sampai tuntas dengan ihlas pula.
5. Berjiwa tawakal jika telah selesai melakukan pekerjaan sehingga apabila behasil tidak sombong dan jika gagal tidak putus asa.
D. Tujuan Pembelajarn : Siswa dapat
1. Membaca Qs. At Insyiroh dengan benar , Tartil dan lancar.
2. Menyalin, menghafal dan mengartikan Qs.At Insyiroh dengan baik dan benar.
3. Mengartikan Qs At Insyiroh setiap ayat dan setiap kalimat dengan benar.
4. Bekerja keras, sungguh-sungguh dan disiplin sampai tuntas dengan ihlas di bidang apapun, kemudian apabila telah selesai baru pindah untuk melakukan pekerjaan lain dengan sungguh-sungguh dan disiplin sampai tuntas dengan ihlas pula.
5. Berjiwa tawakal jika telah selesai melakukan pekerjaan sehingga apabila behasil tidak sombong dan jika gagal tidak putus asa
E. Materi Pokok : Al Qor’an Surat Al Insyiroh
F. Strategi Pembelajaran :
Pertemuan pertama
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan a. Guru mengajak untuk tadarus bersama. b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. c. Guru membagi kelompok diskusi. d. Guru mengadakan pre test. | 10 menit | - Pemodelan - Tanya Jawab |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa membaca lafadz Q.S Al Insyirah dengan tartil secara bergiliran yang lain menyimak dan membetulkan dalam kelompoknya. b. Siswa mengartikan Q.S Al Insyirah secara bergiliran yang lain menyimak dan membetulkan dalam kelompoknya. c. Siswa menunjukkan contoh bekerja keras dan berserah diri kepada Allah seperti dalam Q.S Al Insyirah yang lain mengamati d. Guiru memberi penilaian selama proses pembelajaran berlangsung. | 70 menit | - Refleksi - Refleksi - Unjuk kerja - Penilaian proses |
| Penutup a. Guru menyempurnakan bacaan lafadz dan arti Q.S Al Insyirah. b. Guru mengadakan Post test c. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menulis dan menghafalkan Q.S Al Insyirah beserta artinya. | 10 menit | - Ceramah - Tanya Jawab - Penugasan |
Pertemuan ke dua
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan a. Guru mengajak untuk tadarus bersama. b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. c. Guru membagi kelompok diskusi. d. Guru mengadakan pre test. | 10 menit | - Pemodelan - Tanya Jawab |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa menghafal lafadz Q.S Al Insyirah dengan tartil secara bergiliran yang lain menyimak dan membetulkan dalam kelompoknya. b. Siswa menghafalkan arti Q.S Al Insyirah secara bergiliran yang lain menyimak dan membetulkan dalam kelompoknya. c. Guiru memberi penilaian selama proses pembelajaran berlangsung. | 70 menit | - Refleksi - Unjuk kerja - Penilaian proses |
| Penutup a. Guru menyempurnakan bacaan lafadz dan arti Q.S Al Insyirah. b. Guru mengadakan Post test c. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan PR. | 10 menit | - Ceramah - Tanya Jawab - Penugasan |
G. H. | Sumber / Media / Alat Penilaian : Jenis Tagihan Tehnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen | : : : : : | 1. Buku PAI kelas IX Tiga Serangkai 2. Buku PAI kelas IX Cempaka Putih 3. Buku Al Qur’an dan Juz Amma Tes Tes harian, Tugas Individu, Tugas kelompok Unjuk kerja, Jawaban singkat 1. Bacalah Q.S Al Insyirah dengan tartil dan benar | ||||
| No. | Aspek yang dinilai | Skala Skor | ||||
| 1 | 2 | 3 | ||||
| 1. | Kelancaran membaca | | | | ||
| 2. | Tajwid | | | | ||
| 3. | Mahraj | | | | ||
| | | Nilai = Jml Skor yang diperoleh x 100 = … Jml Secor maksimal 2. Terjemahkan Q.S Al Insyirah ayat 5 dan 6 itu ? 3. Tunjukkan contoh yang di maksudkan dalam Q.S Al Insyirah ayat 7 dan 8 itu ! |
I. Tugas
1. Tulislah lafadz beserta bartinya Q.S Al Insyirah !
2. Hafalakan di rumah lafadz Q/S Al Insyirah !
3. hafalakan di rumah arti Q.S Al Insyirah !
Duduksampeyan, 16 Juli 2007
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam
Duduksampeyan
Drs. H. IMRON, M.Pd. ABD. ROHMAT S.Ag
Nip. 131847230 Nip. 131373749
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (9)
Sekolah : SMPN 1 DUDUKSAMPEYAN
Mata Pelajaran : PAI
Kelas / Semester : 9 / Genap
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (2 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi :
9. Memahami ajaran Al Hadits tentang kebersihan.
B. Kompetensi Dasar :
9.1 Membaca Hadits tentang kebersihan.
9.2. Menyebutkan arti Hadits tentang kebersihan.
9.3. Menampilkan perilaku bersih seperti dalam Hadits.
C. Indikator :
1. Membaca Hadits tentang kebersihan. benar , Tartil dan lancar.
2. Menyalin Hadits tentang kebersihan. dengan baik dan benar.
3. Menghafal Hadits tentang kebersihan. dengan benar,fasih dan lancar.
4. Mengartikan Hadits tentang kebersihan setiap suku kata dengan benar.
5. Mengartikan Hadits tentang kebersihan. setiap kalimat dengan benar.
6. Mengartikan Hadits tentang kebersihan secara keseluruhan dengan benar
7. Menjelaskan makna yang terkandung dalam Hadits tentang kebersihan
8. Menerapkan ajaran yang terkandung dalam Hadits dalam kehidupan
D. Tujuan Pembelajarn : Siswa dapat
1.Membaca Hadits tentang kebersihan. benar , Tartil dan lancar.
2.Menyalin Hadits tentang kebersihan. dengan baik dan benar.
3.Menghafal Hadits tentang kebersihan. dengan benar,fasih dan lancar.
4.Mengartikan Hadits tentang kebersihan setiap suku kata dengan benar.
5.Mengartikan Hadits tentang kebersihan. setiap kalimat dengan benar.
6.Mengartikan Hadits tentang kebersihan secara keseluruhan dengan benar
7.Menjelaskan makna yang terkandung dalam Hadits tentang kebersihan
8.Menerapkan ajaran yang terkandung dalam Hadits dalam kehidupan
E. Materi Pokok : Al Hadits tentang kebersihan.
F. Strategi Pembelajaran :
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan a. Guru mengajak untuk tadarus bersama. b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. c. Guru membagi kelompok diskusi. d. Guru mengadakan pre test. | 10 menit | - Pemodelan - Tanya Jawab |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa membaca lafadz Hadits tentang kebersihan secara bergiliran, yang lain menyimak dan membetulkan dalam kelompoknya. b. Siswa mengartikan Hadits tentang kebersihan secara bergiliran yang lain menyimak dan membetulkan dalam kelompoknya. c. Siswa menunjukkan contoh perilaku bersih seperti dalam hadits d. Guru memberi penilaian selama proses pembelajaran berlangsung. | 70 menit | - Refleksi - Refleksi - Unjuk kerja - Penilaian Proses |
| Penutup a. Guru menyempurnakan bacaan lafadz Hadits dan artinya tentang kebersihan b. Guru mengadakan Post test c. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menulis dan menghafalkan Hadits tentang kebersihan beserta artinya. | 10 menit | - Ceramah - Tanya Jawab - Penugasan |
G. H. | Sumber / Media / Alat Penilaian Jenis Tagihan Tehnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen | : : : : : : | 1. Buku PAI kelas IX Tiga Serangkai 2. Buku PAI kelas IX Cempaka Putih Tes Tes harian, Tugas Individu, Tugas kelompok Unjuk kerja, Jawaban singkat 1. Bacalah Hadits tentang kebersihan | ||||
| No. | Aspek yang dinilai | Skala Skor | ||||
| 1 | 2 | 3 | ||||
| 1. | Kelancaran membaca | | | | ||
| 2. | Tajwid | | | | ||
| 3. | Mahraj | | | | ||
| | | Nilai = Jml sekor yang di peroleh x 100 = … Jml sekor maksimal 2. Artikan hadits tentang kebersihan 3. Tunjukkan contoh perilaku bersih sesuai dengan hadits tentang kebersihan |
I. Tugas :
1. Tulislah Hadits beserta artinya tentang kebersihan !
2. Hafalkan hadits beserta artinya hadits tentang kebersihan
Duduksampeyan, 16 Juli 2007
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam
Duduksampeyan
Drs. H. IMRON, M.Pd. ABD. ROHMAT S.Ag
Nip. 131847230 Nip. 131373749
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (10)
Sekolah : SMPN 1 DUDUKSAMPEYAN
Mata Pelajaran : PAI
Kelas / Semester : 9 / Genap
Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan (4 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi :
10. Meningkatkan keimanan kepada Qodlo’ dan Qodhar.
B. Kompetensi Dasar :
10.1. Menyebut ciri-ciri beriman kepada Qodlo’ dan Qodhar.
10.2. Menjelaskan hubungan antara Qodlo’ dan Qodhar.
10.3. Menyebutkan contoh-contoh Qodlo’ dan Qodhar dalam kehidupan sehari – hari.
10.4. Menyebutkan ayayt-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’ dan Qodhar.
C. Indikator :
1. Menjelaskan pengertian Qodlo’ dan Qodhar.
2. Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada Qodlo’ dan Qodhar..
3. Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan Qodhar.
4. Menjelaskan hubungan antara Qodlo’ dan Qodhar.
5. Menjelaskan perbedaan takdir mubrom dengan takdir mualaq
6. Menyebutkan contoh-contoh Qodlo’ dan Qodhar dalam kehidupan sehari-hari.
7. Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan Qodhar
8. Menyebutkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’dan Qodhar.
9. Membaca dan mengartikan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’danQodhar.
10. Menghafalkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’dan Qodhar
D. Tujuan Pembelajarn : Siswa dapat
1. Menjelaskan pengertian Qodlo’ dan Qodhar.
2. Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada Qodlo’ dan Qodhar..
3. Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan Qodhar.
4. Menjelaskan hubungan antara Qodlo’ dan Qodhar.
5. Menjelaskan perbedaan takdir mubrom dengan takdir mualaq
6. Menyebutkan contoh-contoh Qodlo’ dan Qodhar dalam kehidupan sehari-hari.
7. Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan Qodhar
8. Menyebutkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’dan Qodhar.
9. Membaca dan mengartikan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’danQodhar.
10. Menghafalkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’dan Qodhar
E. Materi Pokok : Iman kepada Qodlo’ dan Qodhar.
F. Strategi Pembelajaran :
Pertemuan pertama
No. | Kegiatan | Waktu | Metode |
| |||||
1. | Pendahuluan a. Tadarus Al Quran secara bersama – sama b. Guru menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran c. Guru mengadakan Pre Test | 10 menit | - Pemodelan - Tanya Jawab |
| |||||
2. | Kegiatan Inti : a. Semua siswa secara individu mambaca dan menelaah uraian materi tentang Qodlo dan Qodar b. Secara kelompok siswa berdiskusi tentang beberapa hal yang berhubungan dengan Qodlo dan Qodar dan cirri – cirri orang yang Beriman Kepada Nya serta hubungan antara Qodlo dan Qodar c. Secara kelompok siswa membaca, menelaah dan mengartikan dalil naqli yang berhubungan dengan Qodlo dan Qodar d. Guru menjelaskan dan menyimpulkan hal – hal yang berhubungan dengan Qodlo dan Qodar e. Guru memberikan penilaian selama proses pembelajaran berlangsung. | 70 menit | - Iquire (Menemukan) - Learning Community - Unjuk kerja - Ceramah - Penilaian proses |
| |||||
3. | Penutup a. Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar b. Guru mengadakan post tes c. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyalin dalil naqli yang berhubungan dengan Qodlo dan Qodar | 10 menit | - Refleksi - Tanya Jawab - Penugasan |
| |||||
| Pertemuan ke dua | | |
| |||||
No. | Kegiatan | Waktu | Metode |
| |||||
1. | Pendahuluan a. Tadarus Al Quran secara bersama sama b. Guru menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran c. Guru mengadakan Pre Test | 10 menit | - Pemodelan - Tanya Jawab |
| |||||
2. | Kegiatan Inti a. Secara individu siswa membaca dan menelaah uraian materi tentang hal - hal yang berhubungan dengan contoh – contoh Qodlo dan Qodar baik yang ada di lingkungan alam sekitar maupun diri kita sendiri b. Secara kelompok membaca, menelaah dan mencari bukti – bukti adanya Qodlo dan Qodar c. Guru menjelaskan dan menyimpulkan hal – hal yang berhungan dengan contoh dan bukti – bukti adanya Qodlo dan Qodar d. Guru memberikan penilaian selama proses pembelajaran berlangsung. | 70 menit | - Iquire - (Menemukan) - Learning Community - Ceramah - Penilaian proses |
| |||||
3. | Penutup a. Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar b. Guru mengadakan post tes c. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyalin dalil naqli yang berhubungan dengan Qodlo dan Qodar. | 10 menit | - Refleksi - Tanya Jawab - Penugasan |
| |||||
G. | Sumber / Media / Alat | | | ||||||
H. | Sumber Belajar | : | 1. Buku PAI kelas IX | ||||||
I. | Penilaian : Jenis Tagiahan Tehnik Bentuk Instrumen Soal / Instrumen Tugas | : : : : : | Tes Lisan / Tulis, Tugas Individu Tes Harian Jawaban singkat, Unjuk kerja 1. Apakah yang di maksud dengan Qodlo dan Qodar ? 2. Sebutkan dan jelaskan macam – macam Qodlo dan Qodar ! 3. Sebutkan ciri – ciri orang yang beriman kepada Qodlo dan Qodar ! 4. Apakah hubungan antara Qodlo dan Qodar ? 5. Apakah fungsi Iman Kepada Qodlo dan Qodar ? 6. Tunjukkan contoh atau bukti adanya Qodlo dan Qodar 7. Baca dan artikan dalil naqli yang berkaitan dengan Qodlo dan Qodar ! 1. Tulis dan artikan dalil naqli tentang Qodlo dan Qodar ! 2. Carilah contoh yang membuktikan Qodlo dan Qodar itu ada ! |
| |||||
Duduksampeyan, 16 Juli 2007
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam
Duduksampeyan
Drs. H. IMRON, M.Pd. ABD. ROHMAT S.Ag
Nip. 131847230 Nip. 131373749
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (11)
Sekolah : SMPN 1 DUDUKSAMPEYAN
Mata Pelajaran : PAI
Kelas / Semester : 9 / Genap
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (2 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi :
11. Menghindari perilaku tercela.
B. Kompetensi Dasar :
11.1. Menyebutkan pengertian takabur.
11.2. Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur.
11.3. Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari
C. Indikator :
1. Menjelaskan pengertian takabur.
2. Menyebutkan ciri-ciri takabur.
3. Menyebutkan, membaca , mengartikan dan menghafal dalil yang berkenaan dengan takabur.
4. Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari.
5. Menjelaskan bahaya atau akibat dari sikap takabur.
6. Menjelaskan cara –cara menghindari sikap dan perilaku takabur.
7. Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan bermasyrakat.
D. Tujuan Pembelajarn : Siswa dapat
1. Menjelaskan pengertian takabur.
2. Menyebutkan ciri-ciri takabur.
3. Menyebutkan, membaca , mengartikan dan menghafal dalil yang berkenaan dengan takabur.
4. Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari.
5. Menjelaskan bahaya atau akibat dari sikap takabur.
6. Menjelaskan cara –cara menghindari sikap dan perilaku takabur.
7. Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan bermasyrakat
E. Materi Pokok : Takabur
F. Strategi Pembelajaran :
Pertemuan pertama
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1 | Penuludahan a. Tadarus Al Quran secara bersama sama b. Guru menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran c. Guru mengadakan Pre Test | 10 menit | - Pemodelan - Tanya jawab |
2 | Kegiatan Inti
| 60 Menit | - Inquiri - Unjuk kerja - Penilaian - Ceramah - Penilaian |
3 | Penutup
| 10 Menit | - Refleksi - Penugasan. |
G. Sumber Bah : 1. Buku ahhla1aq.
2. Buku PAI Kelas IX
H. Penilaian :
Penilaian : Jenis Tagiahan Tehnik Bentuk Instrumen Soal / Instrumen Tugas | : : : : : | - Tes Lisan / Tulis, Tugas Individu - Tes Harian - Jawaban singkat, Unjuk kerja 1. Jelaskan pengertian takabur . 2. Sebutkan 2 macam takabur dan contohnya. 3. Sebutkan 3 sasaran takabur. 4. Sebutkan 3 ciri takabur. 5. Jelaskan akibat takabur. 6. Tulis Qs An Namel bahwa Allah tidak suka dengan kesombongan 7. Tulis hadis riwayat Muslim yang menjelaskan bahwa orang yang sombong itu tidak akan masuk surga. - Tulis dan artikan dalil naqli tentang Takabur. |
Duduksampeyan, 16 Juli 2007
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam
Duduksampeyan
Drs. H. IMRON, M.Pd. ABD. ROHMAT S.Ag
Nip. 131847230 Nip. 131373749
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (12)
Sekolah : SMPN 1 DUDUKSAMPEYAN
Mata Pelajaran : PAI
Kelas / Semester : 9 / Genap
Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan (4 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi :
12. Memahami tatacara berbagai sholat sunnah.
B. Kompetensi Dasar :
12.1. Menyebutkan pengetian dan ketentuan sholat sunnah berjamaah dan munfarid.
12.2. Menyebutkan contoh-contoh sholat sunnah berjamaah dan munfarid.
12.3. Mempraktekan sholat sunnah berjamaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari.
C. Indikator :
1. Menyebutkan pengertian berbagai sholat sunnah berjamaah dan munfarid.
2. Macam-macam sholat sunnah berjamaah dan munfarid
3. Ketentuan dan waktu sholat sunnah berjamaah dan munfarid
4. Menyebutkan sholat sunnah yang harus dikerjakan secara berjamaah.
5. Menyebutkan sholat sunnah yang dikerjakan secara munfarid
6. Menyebutkan sholat sunnah yang boleh dikerjakan secara berjamaah atau munfarid
7. Mempraktikan sholat sunnah berjamaah dan munfarid.
8. Membiasakan melakukan sholat sunnah dalam kehidupan sehari-hari
D. Tujuan Pembelajarn : Siswa dapat
1. Menyebutkan pengertian berbagai sholat sunnah berjamaah dan munfarid.
2. Macam-macam sholat sunnah berjamaah dan munfarid
3. Ketentuan dan waktu sholat sunnah berjamaah dan munfarid
4. Menyebutkan sholat sunnah yang harus dikerjakan secara berjamaah.
5. Menyebutkan sholat sunnah yang dikerjakan secara munfarid
6. Menyebutkan sholat sunnah yang boleh dikerjakan secara berjamaah atau munfarid
7. Mempraktikan sholat sunnah berjamaah dan munfarid.
8. Membiasakan melakukan sholat sunnah dalam kehidupan sehari-hari
E. Materi Pokok : holat Sunnah berjamaah dan munfarid.
F. Strategi Pembelajaran :
Pertemuan pertama.
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1 | Penuludahan a. Tadarus Al Quran secara bersama sama b. Guru menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran c. Guru mengadakan Pre Test | 10 menit | - Pemodelan - Tanya jawab |
2 | Kegiatan Inti a. Siwa secara individu membaca dan memahami pengertian sholat jamaah dan munfarid. b. Siswa secara kelompok berdiskusi tentang sholat sunnah berjamaah dan munfarid. c. Setiap kelompok kempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Dan kelompok lsin memberi tanggapan. d. Guru memberi penjelasan dan kesimpulan terhadap pembahasan takabur e. Guru memberi penilaian terhadap masing-masing individu dalam kelompok. | 60 menit | - Inquiri - Learning community. - Unjuk kerja - Ceramah - Penilaian |
3 | Penutup
| 10 menit | - Refleksi - Penugasan. |
Pertemuan ke dua.
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1 | Penuludahan
| 10 menit | - Pemodelan - Tanya jawab |
2 | Kegiatan Inti
| 60 menit | - Unjuk kerja - Penilaian - Ceramah - Penilaian |
3 | Penutup
| 10 menit | - Refleksi - Penugasan. |
G. H. | Sumber / Media / Alat Penilaian Jenis Tagihan Tehnik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen | : : : : : : | 1. Buku Fiqih Sunnsh. 2. Buku PAI Kelas IX Tes Tes harian, Tugas Individu, Tugas kelompok Unjuk kerja, Jawaban singkat Ujian Tulis. 1. 1 Jelaskan pengertian ssholat sunnah berjamaan dan munfarid . 2. Sebutkan sholat sunah pelaksanaannya harus di kerjakan secara berjamaah. 3. Sebutkan sholat sunnah yang sebaiknya dilaksanakan secara berjamaah. 4. Tulis niat sholat sunnah Idul fitri. 5. Tulis niat sholat tahajud dan istikhorah. Ujuian Praktek sholat sunnah berjamaah. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| No | Aspek yang di nilai | Scor Nilai | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 1 | 2 | 3 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 1 | Susunan barisan sholat jamaah ( shof) | | | | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 2 | Keserasian gerakan takbirotul ikhrom | | | | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 3 | Bacaan Fatihah Imam | | | | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 4 | Keserasihan gerakan rukuk | | | | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 5 | Keserasiahan gerakan I’tidal | | | | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 6 | Duduk diantara dua sujud | | | | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 7 | Duduk akhir | | | | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 8 | Salam | | | | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| 9 | Keserasihan takbir srtiap pergantian gerakan sholat. | | | | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| | | Nilai = Jumah sekor yang di peroleh X 100 = Jumlah sekor maksimal Ujian praktek sholat sunnah munfarid
Nilai = Jumah sekor yang di peroleh X 100 = Jumlah sekor maksimal . |
I. Tugas : 1. Menyalin dan menghafalkan Do’a Sholat tahajud
2. Menyalin dan menghafalkan Do’a sholat Istikhoroh.
Duduksampeyan, 16 Juli 2007
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam
Duduksampeyan
Drs. H. IMRON, M.Pd. ABD. ROHMAT S.Ag
Nip. 131847230 Nip. 131373749
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (13)
Mata Pelajaran : PAI
Kelas / Semester : 9 / Genap
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (2 jam pelajaran)
A. Setandar Kompetensi :
13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara.
B. Kompetensi Dasar :
13.1. Menceritakan sejarah budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
13.2. Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
C. Indikator :
1. Menyebutkan berbagai macam seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
2. Menceritakan salah satu seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
3. Mengapresiasikan terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
4. Melakukan cara menghargai terhadap tradisi dan upacara adat Kesukuann Nusantara
D. Tujuan Pembelajarn : Siswa dapat
1. Menyebutkan berbagai macam seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
2. Menceritakan salah satu seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
3. Mengapresiasikan terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
4. Melakukan cara menghargai terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara
E. Materi Pokok : Sejarah tradisi Islam Nusantar.
F. Strategi Pembelajaran :
Petemuan pertama
No | Kegiatan | Waktu | Metode |
1 | Penuludahan
b. Guru menjelaskan kompetensi yang harus di capai dalam kegiatan pembelajaran
| 10 menit | - Pemodelan - Tanya jawab |
2 | Kegiatan Inti a. Siwa secara individu membaca dan memahami materi tentang seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Nusantara. b. Siswa secara kelompok berdiskusi tentang mana yang termasuk seni budaya lokal yang merupakan tradisi Islam c. Setiap kelompok mempresentaskan hasi diskusi di depan kelas . kemudian kelompok lain meberi tanggapan . d. Guru memberi penjelasan dan kesimpulan terhadap pembahasan takabur e. Guru memberi penilaian terhadap masing-masing individu dalam kelompok. | 60 menit | - Inquiri - Learning community - Unjuk kerja - Ceramah - Penilaian |
3 | Penutup a. Guru bersama siswa mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar b. Guru mengadakan post tes c. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk Mencari contoh seni budaya lokal yang merupakan tradisi Islam. | 10 menit | - Refleksi - Penugasan. |
G. Sumber Bahan : 1. Buku sejarah kebudayaan Islam.
2. Buku PAI Kelas IX
H. Penilaian :
Penilaian : Jenis Tagiahan Tehnik Bentuk Instrumen Soal / Instrumen Tugas | : : : : : | - Tes Lisan / Tulis, Tugas Individu - Tes Harian - Jawaban singkat, Porto polio 1. Jelaskan pengertian seni budaya Islam. 2. Sebutkan 2 macam seni budaya yang merupakan tradisi Islam. yang berada di sekitar tempat tingalmu . 3. Sebutkan 3 contoh seni budaya yang merupakan tradisi Islam yang ada di pulau jawaa . 4. Jelaskan manfaat seni budaya yang merupakan tradisi Islam di dalam siar perkembangan Islam 5. Sebutkan 2 contoh seni budaya yang bukan termasuk seni budaya Islam . 1. Sebutkan 2 contoh seni budaya tradisi Islam yang ada di sekitar tempat tinggalmu. 2. Sebutkan 2 contoh seni budaya tradisi Islam yang ada di pulau jawa. 3. sebutkan 2 contoh seni budaya tradisi Islam di luar jawa. |
Duduksampeyan, 16 Juli 2007
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam
Duduksampeyan
Drs. H. IMRON, M.Pd. ABD. ROHMAT S.Ag
Nip. 131847230 Nip. 131373749
No comments:
Post a Comment