multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

RPP MATEMATIKA KELAS IX SEMESTER GENAP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : SMP

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas / Semester : IX / 2

Standar Kompetensi :

6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar :

6.3 Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri.

Indikator :

1. Mengenal pengertian deret aritmetika

2. Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika

3. Mengenal pengertian deret geometri

4. Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret geometri

Alokasi waktu : 4 jam pelajaran (2 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat mengenal pengertian deret aritmetika

2. Siswa dapat.menemukan jumlah n suku pertama dari deret aritmatika

3. Siswa dapat mengenal pengertian deret geometri

4. Siswa dapat menemukan jumlah n suku pertama deret geometri.

B. Materi Ajar

1. Deret aritmatika

2. Jumlah n suku pertama deret aritmatika

3. Deret geometri

4. Jumlah n suku pertama deret geometri

C. Model dan Metode Pembelajaran

Model : Kooperatif STAD

Metode : Tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas

D. Langkah - Langkah Pembelajaran

Pertemuan pertama

Waktu : 2 x 40’

Pendahuluan (10’)

Apersepsi : - Membahas PR yang sulit

- Siswa diingatkan tentang barisan aritmatika

Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan pertama yaitu :

1. Siswa dapat mengenal pengertian deret aritmetika.

2. Siswa dapat menemukan jumlah n suku pertama deret aritmetika.

Motivasi : Jika materi ini dikuasai dengan baik maka siswa akan dapat menyelesaikan

Permasalah sehari-hari. Misal : menghitung bonus akhir tahun, menghitung sisa hutang dan lain-lain.

Kegiatan Inti (65’)

1. Dengan LKS 6.3.1 (a),siswa dijelaskan tentang pengertian deret aritmatika

2. Siswa terpilih mempresentasikan hasil kerjanya dan yang lain menanggapi

3. Siswa berkumpul pada kelompok masing-masing

4. Dengan LKS 6.3.1 (b), siswa dijelaskan cara menentukan rumus jumlah n suku pertama dari deret aritmatika

5. Tiap kelompok mengerjakan soal latihan yang ada di LKS

6. Kelompok terpilih mempresentasikan hasil kerjanya, kelompok yang lain menanggapi

7. siswa diberi tugas individu

Penutup ( 5’ )

1. Siswa diarakan untuk membuat rangkuman

2. Siswa diberi PR

Pertemuan kedua

Waktu : 2 x 40’

Pendahuluan (10’)

Apersepsi : a. Membahas PR yang sulit

b. siswa diingatkan tentang barisan geometri

Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan pertama yaitu :

1. Siswa dapat mengenal pengertian deret geometri

2. Siswa dapat menemukan jumlah n suku pertama deret geometri

Kegiatan Inti (65’)

1. Dengan LKS 6.3.2 (a),siswa dijelaskan tentang pengertian deret geometri

2. Siswa terpilih mempresentasikan hasil kerjanya dan yang lain menanggapi

3. Siswa berkumpul pada kelompok masing-masing

4. Dengan LKS 6.3.2 (b), siswa dijelaskan cara menentukan rumus jumlah n suku pertama dari deret geometri

5. Tiap kelompok mengerjakan soal latihan yang ada di LKS

6. Kelompok terpilih mempresentasikan hasil kerjanya, kelompok yang lain menanggapi

7. Siswa diberi tugas individu

Penutup ( 5’ )

3. Siswa diarakan untuk membuat rangkuman

4. Siswa diberi PR

E. Alat dan Sumber Belajar

Buku siswa dari Dirjen, Bahan ajar dari MGMP Matematika SMP Gresik, LKS dari MGMP Matematika SMP Gresik, Buku Teks dari Erlangga.

F. Penilaian

Pertemuan pertama

Waktu : 10’

Tehnik : Tes

Bentuk instrumen : Tertulis (uraian)

1. Manakah yang merupakan deret aritmatika :

a. 2+5+8+11+14+ ……

b. 2+4+8+16+32+ ……

c. 50+45+40+35+30+ …..

2. Tentukan jumlah 50 suku pertama dari deret : 3+9+15+21+27+ …..

Pertemuan kedua

Waktu : 15’

Tehnik : Tes

Bentuk Instrumen : Tertulis (uraian)

1. Selidikilah mana yang merupakan deret geometri naik

  1. 3 + 9 + 27 + 81 + ….
  2. 6+8+10+12+ ……
  3. 20+10+5+ ……

2. Diketahui deret geometri 3 – 6 + 12 - ….

  1. Tentukan lima suku berikutnya
  2. Tentukan jumlah tiga puluh suku pertama pada deret tersebut.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive