Oleh KARYATUN,S.Pd.
Guru SDN Kedungprahu,Padas,Ngawi
Sumber: Jawa Pos Kamis,7 Februari 2008
Lokasi pasar yang berdekatan dengan sekolah adalah sumber beberapa permasalahan.Namun,dibalik itu,pasti juga bisa menjadi sumber belajar yang nyata.Bahkan melalui pasar,guru bisa memupuk rasa kepedulian social siswa kepada sesame.
Lokasi sekolah yang berdekatan dengan pasar memang banyak menimbulkan masalah.Mulai keamanan,kenyamanan,belajar-mengajar,hingga masalah kebersihan,lebih-lebih jika hal itu terjadi di pedesaan,yang notabene sebagian besar masyarakat kurang peduli pada tiga hal tersebut.Kondisi itu menuntut perhatian lebih dari pengelola sekolah,terutama saat pasar ramai.(pasar di desa biasanya buka hanya lima hari dalam seminggu ).
Ada beberapa keadaan yang mau tidak mau harus dilakukan guru dalam menghadapi kondisi sekolah yang berdekatan dengan pasar.Misalnya,guru ikut mengawasi para siswa ketika berangkat atau pulang sekolah.Bersama satpam/penjaga sekolah,secara bergiliran,guru mesti berangkat lebih pagi untuk membantu menyeberangkan anak-anak.Sebab,saat pasar mulai mulai ramai,lalu lintas padat.Apalagi pengalaman anak tentang tata cara menyeberang di jalan sangat kurang.
Aktivitas pasar yang ramai membuat aktivitas pembelajaran terganngu.Apalagi ,tak jarang ada pedagang yang menawarkan dagangannya dengan pengeras suara.Akibatnya konsentrasi siswa dan guru terpecah.Belum lagi bau busuk sampah dan air selokan di sekitar pasar yang sering terbawa angin.
Pada musim panen,biasanya terjadi peningkatan aktivitas di pasar.Orang tumplek blek menyerbu pasar.Hal ini mengakibatkan pasar meluber hingga ke badan jalan,tak peduli di dekatnya ada sekolah.Kondisi tersebut di perparah dengan parker kendaraan pedagang dan pembeli,yang tak jarang sampai di depan sekolah.Masalah bertambah runyam bila musim penghujan tiba.Tanah becek dibawa anak-anak masuk ke kelas.Sempurnalah penderitaan sekolah ini.
Bagaimana sebaiknya sekolah menyikapi kondisi itu ? Meminta relokasi sekolah atau pasar tampaknya imposible.Sebab ongkos social-ekonominya besar.Belum lagi waktu yang dibutuhkan tidak bisa sekejap mata.
Yang mungkin adalah bersikap saling pengertian dan bijak.Bahkan,sebagai pendidik,kita bisa memanfaatkan pasar sebagai sumber belajar.Tidak terbatas pada aspek kognitif bidang akademi.Kita bisa memanfaatkan sisi positif pasar sebagai sarana untuk mengasah aspek afektif (sikap,nilai-nilai,kepribadian positif ) sekaligus aspek-aspek psikomotornya.
Bagaimana caranya ?. Pada kondisi tertentu,,yang sifatnya darurat,pasar adalah tambang uang (dana) untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat social.Misalnya,ketika terjadi bencana alam yang melanda saudara-saudara kita di tempat lain.
Mengarahkan siswa untuk mengemis ? tidak ! sebab persepsi mengemis akan hilang jika guru pandai membekali anak dengan motivasi. Dengan metode problem solving,siswa diajak mencari solusi pemecahan masalah untuk membantu beban para korban bencana.Barulah secara perlahan,kita giring mereka menuju pembentukan pasukan pramuka sukarelawan.
Dengan perencanaan dan persiapan yang matang,sebar pasukan pramuka sukarelawan tersebut ke pasar dengan fasilitas/alat bertuliskan” dana social korban banjir” guru cukup mengawasi dari kejauhan.
Langkah selanjutnya,masinhg-masing regu (@ 2 anak ) menghitung dana yang bisa dikumpulkan.Pada kegiatan itu,guru bisa menggali kesan mereka selama bertugas.Misalnya,perasaan menjadi sukarelawan,suka duka meminta kerelaan para pedagang dan pembeli untuk membantu korban bencana, dan sebagainya.
Para siswa pasti banyak mendapat pengalaman baru yang berkesan.Ada yang lucu,ada pula yang membuat nyali mereka ciut.Apalagi bila yang mereka minta pedagang yang marah-marah.Dari situ kita bisa melihat ekspresi puas di wajah anak-anak.
Untuk itu,beri mereka penghargaan, dengan mengajaknya menyalurkan dana tertsebut secara langsung ke lokasi bencana.Dalam kegiatan itu guru bisa menjelaskan bahwa apa yang telah mereka lakukan sangat berarti bagi para korban bencana tersebut.Pengorbanan berupa tenaga,waktu,pikiran,harta,serta rasa malu dari para siswa tidak seberapa jika dibandingkan dengan penderitaan korban bencana.Jangan lupa para guru pantas mengucapkan terimakasih kepada anak-anak karena mereka telah menjadi pahlawan kemanusiaan.
Banyak manfaat serta hikmah dari kegiatan di atas.Secara tidak langsung,guru telah menanamkan sikap rela berkorban,tolong-menolong,jujur,dan kerja keras. Kita juga telah member siswa pengalaman yang sangat berkesan,yang tidak akan terlupakan hingga tua kelak. Yang tak kalah penting,kita telah memupuk rasa kepedulian social anak-anak terhadap penderitaan sesame makhluk Tuhan.Bukankah menanamkan sifat terpuji yang diawali sejak dini itu lebih baik.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Blog Archive
-
▼
2010
(1596)
-
▼
April
(94)
- Misteri Lampu Yang Menyala Sejak 1500 Tahum Silam !
- RPP Bimbingan Konseling (BK) Kelas 7,8,9 SMP Semes...
- RPP Bimbingan Konseling (BK) Kelas 7,9 Semester Genap
- Proposal PTK Bahasa Inggris Teaching using Suggest...
- Study: Water vapor may help 'flatten global warmin...
- Lirik Lagu Happy Salma - Mati Menahan Rindu
- Sarjana Pertama Yang Menjadi Tukang Sapu di Riau !
- Lirik Lagu Naima – Wanita Tanpa Cinta (WTC)
- PENTINGNYA SELEKSI BIBIT LELE (GRADING)
- Lirik Lagu Geisha – Pilihan Hatiku
- Lirik Lagu Dyna Fransisca - Betapa Ku Mencintaimu
- Lirik Lagu Mikha Tambayong - Bekas Pacar
- Lirik Lagu Rossa - Memeluk Bulan
- Menghasilkan Uang Dengan Cara Nembaca Artikel R...
- Lirik Lagu ST 12 – Jangan Tinggalkan Aku (JTA)
- Lirik Lagu ST12 Bangsaku
- Cyclonic spray scrubber
- Ditemukan di Toilet, Buku Langka Charles Darwin Di...
- Jakarta Akan Tenggelam Bersama 115 Pulau !
- RPP PKn Kelas 7,8,9 SMP Semester Ganjil
- Lirik lagu ST12 - Aku Terjatuh
- Lirik Lagu ST12 - Cinta Dalam Hati
- Lirik Lagu Afgan - Bawalah Cintaku
- 10 Kerajaan Terbesar Dalam Sejarah Dunia !
- RPP Bahasa Daerah Jawa Kelas 7,8,9 SMP Semester Ga...
- RPP Teknologi Informatika Komunikasi TIK Kelas 7,8...
- RPP IPS Kelas 7,8,9 SMP Semester Ganjil
- RPP IPA Kelas 7,8,9 SMP Semester Ganjil
- Cyclonic separation
- Komponen Mesin Mobil Yang Sering Bermasalah !
- RPP Bahasa Inggris Kelas 7,8,9 SMP Semester Ganjil
- Questions Box, Inovasi Media Pembelajaran Kooperat...
- RPP Matematika Kelas 7,8,9 SMP Semester Ganjil
- Cinta Mati Gadis Remaja Kepada Bung Karno !
- Ditemukan Planet Termuda Yang Mengorbit Seperti Ma...
- Misteri Manusia Bawah Tanah Yang Melegenda !
- Model Pembelajaran Smart Smile untuk Meningkatkan ...
- RPP Bahasa Indonesia Kelas 7,8,9 SMP Semester Ganjil
- Sejarah Tanjung Priok Dan Makam Mbah Priok !
- Biofilter
- Tidak Ada PPN Lagi Untuk Makanan dan Minuman !
- RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 7,8,9, SMP Semest...
- Best available technology
- Film Dokumenter (Filter) dan Lawatan Sejarah (Lase...
- Peningkatan Ketrampilan Menyelesaikan Soal Cerita ...
- Rolet .Magnet Mempermudah Siswa menguasai Perkalia...
- Pria Arab Cendrung Hambat Wanita Berkarir !
- Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Report Bahasa I...
- Papan Sampah,Sarana Melatih Tanggung Jawab (pembel...
- SIPHON DI KOLAM TERPAL
- Kisah Cinta Megawati Dengan 3 Suami !
- “Cari dan Jawab”Teknik Pembelajaran Bahasa Inggris...
- Belajar IPA Sistem Belanja ( inovasi Pembelajaran ...
- Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning (...
- Lebih Paham Negara ASEAN dengan Kartu Kuartet ( In...
- Dari Pemain Film Menjadi Orang Nomor Satu !
- Lirik Lagu Alyssa Soebandono – Cerita Cinta Kita
- Lirik Lagu Aris - 1000 X Maaf
- Belajar Procedure Text dari Barang Bekas (inovasi ...
- Pembelajaran Inkuiri dengan “Kartu Konflik” untuk ...
- Belajar Biologi dengan Strategi Pembelajaran Pusta...
- Lirik lagu Pasto Kamu
- Lirik lagu Pasto Jujur Aku Tak Sanggup
- Lirik Lagu Pasto I Need You
- Lirik Lagu Pasto Bayangan
- Lirik Lagu Pasto Aku Pasti Kembali
- Lirik lagu Pasto Akhir Sebuah Penantian
- Spesies Anggrek Baru di Temukan di Kalimantan !
- Tempe Bisa Bikin Kulit Mulus
- Program Tahunan/Semester Bimbingan dan Konseling (...
- Program Tahunan Layanan Konseling (BK) KTSP Kelas ...
- Program Tahunan Layanan Konseling (BK) KTSP Kelas ...
- Program Tahunan Layanan Konseling (BK) Kelas VII SMP
- Best Available Control Technology
- Download Lagu Piala Dunia Afrika Selatan 2010 (remix)
- Lirik Lagu Afgan Rumahmu Jauh
- Lirik Lagu Afgan - Betapa Aku Cinta Padamu
- Lirik Lagu Judika - Setengah Mati
- Lirik Lagu Angkasa - Datang Dan Hilang (Seperti Ha...
- MODEL KERAMBA JARING APUNG (KJA) SEDERHANA DI KOLA...
- Inilah Film Muslim Terbaik di Dunia !
- Museum Wine Terbesar di China Dibuka Untuk Umum !
- Menjadi Guru Olahraga yang Tahu Pakem (inovasi pem...
- 3 Organisasi Yang Menguasai Dunia !
- Tokoh Dunia Yang Dibunuh Karena Kepintarannya !
- Baffle spray scrubber
- 5 Daya Tarik Pria di Mata Wanita !
- Lirik lagu Gecko Pasti Cemburu
- Aerobic granulation
- Sustained Silent Reading,Alternatif Muatan Lokal (...
- Pembelajaran Kimia Berwawasan Imtak ( inovasi Pemb...
- Pernik-Pernik Pembelajaran Biologi ( pembelajaran ...
- Pasar Sebagai Sumber Belajar ( pembelajaran inovat...
- Lirik Lagu Bondan & Fade 2 Black Ya Sudahlah
-
▼
April
(94)
No comments:
Post a Comment