Oleh :Hendro Suwignyo S.Pd.
Guru Olahraga SD Kartika IV-7 Malang
Sumber Jawa Pos Senin,21 Januari 2008
Pada prinsipnya,sport teacher (guru olahraga) harus bisa berperan sebagai pelatih,teman,orangtua pengganti,konselor,bahkan psikolog bagi anak didik.Jika seorang guru olahraga bisa berperan seperti itu,siswa berbakat akan bisa lebih focus mengembangkan potensi dan prestasi.Siswa juga akan percaya penuh kepada guru olahraganya.
Keterbatasan mendalam guru olahraga harus dilandasi rasa empati kepada anak didiknya.Yakni kemampuan guru menghayati perasaan atau keadaan anak didiknya.Sang guru harus menghayati perasaan atau keadaan anak didiknya.Sang guru harus harus bisa mengerti anak didiknya secara total tanpa kehilangan identitas pribadinya.
Setelah menguasai peran itu,guru akan dihadapkan pola penggalian potensi siswa.Selain kemampuan fisik,juga mengeksplorasi kemampuan intelehensi anak didik.Dalam hal ini penulis mencoba memberikan langkah-langkah dasar penggalian human resources,anak didk pada tingkat elemtary school (SD ).
Sedikitnya,ada tujuh langkah mudah bagi guru olahraga untuk melatih dan menggerakkan anak-anak didik :
1. Guru harus mengetahui healt track record (riwayat kesehatan ) anak melalui blanko yang di isi orangtua.Tujuannya anak didik yang akan kita bina aman.
2. Kelompokkan setiap anak didik berdasar umur dan jenis kelamin.Kemudian dilanjutkan pengecekan anatomi tubuh disertai tes fisik (antropometrik ) yang meliputi pengukuran tinggi badan,berat badan, tinggi duduk,dan lebar depannya.Jangan lupa,cantumkan pula daftar nilai akademik sekolahnya (peringkat di kelas).Sebab intelegensi merupakan salah satu modal untuk menjadi seorang atlet yang andal,selain bakat dan kemauan.
3. Kita perlu membuat kolom masing-masing cabor (cabang olahraga) yang di dalamnya terdapat acuan tentang usia untuk mengawali latihan pada setiap cabor.Diharapkan,daftar tersebut benar-benar kredibel serta valid.Kemudian, masukkan hasil pengelompokan pada langkah kedua ke dalam kolom masing-masing cabor (cabang olahraga ) bergantung guru masing-masing.
4. Lakukan pengukuran kemampuan fisik setiap anak didik yang terjaring pada langkah ketiga.Tes dasarnya kita sesuaikan masing-masing cabor.Begitu pula dengan teknik-teknik dasar yang digunakan,ukurannya harus kredidel agar bisa diperoleh hasil yang valid.Setiap cabor memiliki jenis tes khusus untuk memperkirakan kecakapan atau ketrampilan siswa.
5. Hasil uji bakat kemampuan fisik dan nonfisik anak didik kita laporkan kepada kepala sekolah dan orang tua (wali)siswa.Keterlibatan pimpinan sekolah dan support orang tua sangat penting dalam peningkatan prestasi anak didik.
6. Lakukan kerjasama dengan pengurus cabor di daerah untuk mendapatkan pembinaan anak didik yang lebih terarah.Atau kerjasama dengan perkumpulan olahraga di daerah masing-masing supaya pembinaan yang kita rintis di sekolah tidak sia-sia.
7. Guru olahraga mengaplikasikan seluruh langkah tersebut.Misalnya jika ada siswa yang berpotensi di cabor tertentu,namun sarana dan prasarana di sekolah kurang mendukung,guru bisa mengarahkan (menitipkan) ke sport club agar mendapatkan porsi latihan yang memadai dan berkesinambungan.
Yang jelas,jika guru olahraga menyimpang dari prinsip-prinsip pelatihan dalam membina anak didik,Hampir pasti guru akan sulit meningkatkan prestasi lahraga anak didik.
Satu lagi yang juga patut menjadi catatan upaya pembinaan siswa didik potensial adalah dukungan anggaran.Memang peribahasa jawa mengatakan,jer basuki mawa bea ikut menjadi factor keberhasilan pola pembinaan yang diharapkan.
Paradigma lama pembinaan olahraga harus kita tinggalkan.Bukan zamannya lagi menggunakan trik-trik kotor,menghalalkan segala cara untuk menang atau memalsukan data siswa untuk mencapai keberhasilan anak didik.Cara-cara itulah yang dapat menghancurkan jiwa keolahragaan bibit-bibit atlet kita.
Paradigma baru yang mengdepankan sikap kompetitif,sportif,dan akurat dan akurat harus dijadikan acuan.Guru olahraga pantang mengikutsertakan anak didiknya pada suatu lomba yang hanya untuk berpartisipasi.Kita harus memacu siswa untuk selalu meningkatkan prestasi yang semakin baik.
Akhirnya,sebagai pendidik dan Pembina,guru olahraga harus memegang prinsip-prinsip dasar pembinaan olahraga yang kompetitif,selektif, berbobot,berbudi,berakal,beradab dan tentu saja menjunjung sportivitas dalam menggali potensi serta prestasi siswa.Dengan landasan itu,bukan tidak mungkin kelak kita bisa melahirkan bibit-bibit olahragawan yang andal srta berbudi pekerti.
Tabel di bawah ini bisa menjadi rujukan guru olah raga.
Umur Permulaan Berolahraga,Spesialisasi,dan Prestasi Puncak
berturut-turut mulai Cabang Olahraga, Permulaan Olahraga usia (...sampai.... ). Spesialisasi (usia...sampai... ),Prestasi Puncak (usia ... sampai... )
Atletik 10-12 13-14 18-23
Bola basket 8-9 10-12 20-25
Tinju 13-14 15-16 20-25
Balap sepeda 14-15 16-17 21-24
Loncat indah 6-7 8-10 18-22
Anggar 8-9 10-12 20-25
Senam (putrid) 6-7 8-10 18-22
Senam (putra) 6-7 12-14 18-24
Dayung 12-14 16-18 22-24
Sepak bola 10-12 14-15 18-24
Renang 3-7 10-12 16-18
Tenis lapangan 8-10 12-14 18-25
Bola voli 11-12 14-15 20-25
Angkat besi 14-15 16-18 21-28
Gulat 13-14 15-16 24-28
Bulutangkis 8-9 14-15 18-24
Hoki 12-14 16-18 22-25
Sofbal 11-12 16-18 18-24
Panahan 11-12 16-18 20-28
Pencak silat 10-11 15-16 18-22
Bola tangan 12-13 15-16 18-24
Tenis meja 7-8 10-12 18-24
Polo air 12-13 15-16 18-28
(diadopsi dari Bompa:1986;Yesus dan Trubo;1988;Harsono;1988;Mencek;1978
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Blog Archive
-
▼
2010
(1596)
-
▼
April
(94)
- Misteri Lampu Yang Menyala Sejak 1500 Tahum Silam !
- RPP Bimbingan Konseling (BK) Kelas 7,8,9 SMP Semes...
- RPP Bimbingan Konseling (BK) Kelas 7,9 Semester Genap
- Proposal PTK Bahasa Inggris Teaching using Suggest...
- Study: Water vapor may help 'flatten global warmin...
- Lirik Lagu Happy Salma - Mati Menahan Rindu
- Sarjana Pertama Yang Menjadi Tukang Sapu di Riau !
- Lirik Lagu Naima – Wanita Tanpa Cinta (WTC)
- PENTINGNYA SELEKSI BIBIT LELE (GRADING)
- Lirik Lagu Geisha – Pilihan Hatiku
- Lirik Lagu Dyna Fransisca - Betapa Ku Mencintaimu
- Lirik Lagu Mikha Tambayong - Bekas Pacar
- Lirik Lagu Rossa - Memeluk Bulan
- Menghasilkan Uang Dengan Cara Nembaca Artikel R...
- Lirik Lagu ST 12 – Jangan Tinggalkan Aku (JTA)
- Lirik Lagu ST12 Bangsaku
- Cyclonic spray scrubber
- Ditemukan di Toilet, Buku Langka Charles Darwin Di...
- Jakarta Akan Tenggelam Bersama 115 Pulau !
- RPP PKn Kelas 7,8,9 SMP Semester Ganjil
- Lirik lagu ST12 - Aku Terjatuh
- Lirik Lagu ST12 - Cinta Dalam Hati
- Lirik Lagu Afgan - Bawalah Cintaku
- 10 Kerajaan Terbesar Dalam Sejarah Dunia !
- RPP Bahasa Daerah Jawa Kelas 7,8,9 SMP Semester Ga...
- RPP Teknologi Informatika Komunikasi TIK Kelas 7,8...
- RPP IPS Kelas 7,8,9 SMP Semester Ganjil
- RPP IPA Kelas 7,8,9 SMP Semester Ganjil
- Cyclonic separation
- Komponen Mesin Mobil Yang Sering Bermasalah !
- RPP Bahasa Inggris Kelas 7,8,9 SMP Semester Ganjil
- Questions Box, Inovasi Media Pembelajaran Kooperat...
- RPP Matematika Kelas 7,8,9 SMP Semester Ganjil
- Cinta Mati Gadis Remaja Kepada Bung Karno !
- Ditemukan Planet Termuda Yang Mengorbit Seperti Ma...
- Misteri Manusia Bawah Tanah Yang Melegenda !
- Model Pembelajaran Smart Smile untuk Meningkatkan ...
- RPP Bahasa Indonesia Kelas 7,8,9 SMP Semester Ganjil
- Sejarah Tanjung Priok Dan Makam Mbah Priok !
- Biofilter
- Tidak Ada PPN Lagi Untuk Makanan dan Minuman !
- RPP Pendidikan Agama Islam Kelas 7,8,9, SMP Semest...
- Best available technology
- Film Dokumenter (Filter) dan Lawatan Sejarah (Lase...
- Peningkatan Ketrampilan Menyelesaikan Soal Cerita ...
- Rolet .Magnet Mempermudah Siswa menguasai Perkalia...
- Pria Arab Cendrung Hambat Wanita Berkarir !
- Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Report Bahasa I...
- Papan Sampah,Sarana Melatih Tanggung Jawab (pembel...
- SIPHON DI KOLAM TERPAL
- Kisah Cinta Megawati Dengan 3 Suami !
- “Cari dan Jawab”Teknik Pembelajaran Bahasa Inggris...
- Belajar IPA Sistem Belanja ( inovasi Pembelajaran ...
- Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning (...
- Lebih Paham Negara ASEAN dengan Kartu Kuartet ( In...
- Dari Pemain Film Menjadi Orang Nomor Satu !
- Lirik Lagu Alyssa Soebandono – Cerita Cinta Kita
- Lirik Lagu Aris - 1000 X Maaf
- Belajar Procedure Text dari Barang Bekas (inovasi ...
- Pembelajaran Inkuiri dengan “Kartu Konflik” untuk ...
- Belajar Biologi dengan Strategi Pembelajaran Pusta...
- Lirik lagu Pasto Kamu
- Lirik lagu Pasto Jujur Aku Tak Sanggup
- Lirik Lagu Pasto I Need You
- Lirik Lagu Pasto Bayangan
- Lirik Lagu Pasto Aku Pasti Kembali
- Lirik lagu Pasto Akhir Sebuah Penantian
- Spesies Anggrek Baru di Temukan di Kalimantan !
- Tempe Bisa Bikin Kulit Mulus
- Program Tahunan/Semester Bimbingan dan Konseling (...
- Program Tahunan Layanan Konseling (BK) KTSP Kelas ...
- Program Tahunan Layanan Konseling (BK) KTSP Kelas ...
- Program Tahunan Layanan Konseling (BK) Kelas VII SMP
- Best Available Control Technology
- Download Lagu Piala Dunia Afrika Selatan 2010 (remix)
- Lirik Lagu Afgan Rumahmu Jauh
- Lirik Lagu Afgan - Betapa Aku Cinta Padamu
- Lirik Lagu Judika - Setengah Mati
- Lirik Lagu Angkasa - Datang Dan Hilang (Seperti Ha...
- MODEL KERAMBA JARING APUNG (KJA) SEDERHANA DI KOLA...
- Inilah Film Muslim Terbaik di Dunia !
- Museum Wine Terbesar di China Dibuka Untuk Umum !
- Menjadi Guru Olahraga yang Tahu Pakem (inovasi pem...
- 3 Organisasi Yang Menguasai Dunia !
- Tokoh Dunia Yang Dibunuh Karena Kepintarannya !
- Baffle spray scrubber
- 5 Daya Tarik Pria di Mata Wanita !
- Lirik lagu Gecko Pasti Cemburu
- Aerobic granulation
- Sustained Silent Reading,Alternatif Muatan Lokal (...
- Pembelajaran Kimia Berwawasan Imtak ( inovasi Pemb...
- Pernik-Pernik Pembelajaran Biologi ( pembelajaran ...
- Pasar Sebagai Sumber Belajar ( pembelajaran inovat...
- Lirik Lagu Bondan & Fade 2 Black Ya Sudahlah
-
▼
April
(94)
No comments:
Post a Comment