multi info, hiburan, pengetahuan, dan aneka informasi

KIAT SUKSES MENJADI INSTRUKTUR/PELATIH

Program pelatihan adalah usaha untuk mengubah (SINA) kumpulan keyakinan seseorang baik mengenai ha yang diinginkan.l-hal yang berhubungan dengan dirinya,maupun yang berhubungan dengan lingkungannya. Agar (SKSM) suatu system yang mengontrol gerakan motorik seseorang,baik yang berupa reflex maupun yang berupa instrumental. Memungkinkan untuk trampil melakukan aktifitas
A.Materi Program Pelatihan
Setiap program pelatihan minimal mengandung materi
1. Pengalaman Terkendali
2. Diskusi Kelompok
3. Ceramah Singkat
4. Penugasan dan Latihan
5. Interaksi Intensif Pelatih dan Peserta
6.
B.Penyusunan Program Pelatihan
1 Analisis Terhadap Model Ideal
- Penelitian literature dan empiris tentang syarat kognitif dan konatif
2. Penyusunan model ideal
- Seluruh kegiatan diarahkan kepada tujuan
3. Penyusunan jenjang belajar
- Tahapan yang harus dilalui peserta
4. Penyusunan Pengalaman Terkendali
- Kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta agar data dapat diperoleh
5. Penyusunan (Alternatif) Sekuen pelatihan
- Urutan kegiatan penciptaan situasi,penjelasan model ideal,kesempatan meniru model.

C.Pelaksanaan Program Pelatihan

1 . Patuhi rencana sekuen panduan
2. Hafalkan nama peserta
3. Libatkan peserta dalam proses pengambilan kesimpulan
4. Penyusunan jenjang belajar
5. Jangan tergesa=gesa menjawab pertanyaan
6. Hindari debat dengan peserta
7. Gunakan feed back
8. Sadari keterbatasan anda

D.Penilaian Program Pelatihan

1. Sejauh mana Pelatih mematuhi rencana pelatihan
2. Bagaimana tanggapan peserta
3. Aspek lain yang mendukung

RINCIAN TUGAS DAN AKTIVITAS PELATIH

A.Menyiapkan Program Pelatihan

1. Mempelajari rencana pelatihan
- pertimbangkan tujuan
- pertimbangkan rencana aktivitas
2. Menyampaikan kerangka diskusi
- perbanyak fakta
- kaitkan fakta = tarik kesimpulan
3. Menyusun kerangka observasi
4. Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan

B. Melaksanakan Program Pelatihan

1. Memberi instruksi
- instruksi perlu disampaikan dengan singkat dan jelas
- instruksi sebaiknya tertuli
- sebaiknya jangan menggabungkan dua atau lebih
2. Mengawasi Kegiatan
- kegiatan adalah sarana mengumpulkan temuan yang akan digunakan
- catat temuan-temuan yang dijumpai
- bayangkan cara yang akan digunakan
3. Memimpin diskusi Kelas
- member instruksi
- menjawab pertanyaan
- menjelaskan definisi
- mengajukan contoh
- memberikan konfirmasi
- menanyakan maksud peserta
- mengendalikan arah diskusi
- menekankan jawaban peserta
- memancing data
- merangkai induksi
- member konsekuensi

Ingat !!!!
- Aktivitas yang sebaiknya dikurangi menjelaskan definisi,menjawab pertanyaan,dan
Member konfirmasi

- Aktivitas yang sebaiknya ditambah, memancing data,mengendalikan arah diskusi,me
nanyakan maksud peserta,mengajukan pertanyaan,dan menekankan jawaban peserta.

4.Memberi ceramah singkat

- rumusan
- elaborasi
- argumentasi
- contoh
- humor

C.Menilai dan Menyusun Berita Acara Pelatihan
1. Sejauh mana pelatih menyimpang dari rencana pelatihan
2. Membandingkan proporsi aktivitas pelatih
3. Sejauh mana pelatih member instruksi dengan baik,
Memimpin diskusi dengan baik
Member ceramah dengan baik.

Renungkan : Keterburu-buruan tidak pernah menghasilkan kebaikan !!!!

Disarikan dari :Training Of Triner (TOT)
IKA Unesa Di Gresik, 9 Agustus 2009

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Blog Archive