A. Latar Belakang
Sudah sejak lama terapi pijat digunakan oleh manusia sebagai terapi tradisional yang digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit. Selama bertahun tahun, perawat memberikan pijatan pada punggung. Terapi pijat telah dibuktikan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu relaksasi. Bahkan akhir akhir ini keuntungan dari terapi pijat telah dibuktikan secara fisik, mental emosional dan spiritual (Kozier, Glenora, Berman, Snyder, 2004). Mengingat bahwa lansia sangat rentan terkena stres dikarenakan oleh berbagai faktor, maka perlu diadakan salah satu terapi untuk mengurangi stres. Salah satu terapi untuk mengurangi stres adalah terapi pijat yang tidak mempunyai efek samping sebagaimana halnya jika mengkonsumsi obat obatan.
B. Tujuan
a. Tujuan instruksional umum
Setelah Melakukan terapi pijat pada lansia maka keluarga dapat menerapkannya dan melakukannya kepada lansia binaan.
b. Tujuan instruksional khusus
Setelah melakukan terapi pijat pada lansia binaan, keluarga diharapkan mampu :
· Menyebutkan definisi pijat.
· Menyebutkan indikasi pijat.
· Menyebutkan kontraindikasi pijat.
· Menyebutkan manfaat pijat.
· Mengenal dan mengetahui tekhnik tekhnik pijat yang efektif untuk mengurangi stres.
C. Manfaat
Kegiatan ini diharapkan mampu melibatkan dan mengarahkan keluarga lansia dalam melakukan terapi pijat.
D. Pokok Bahasan : Terapi pijat untuk mengurangi stres pada lansia.
E. Sub Pokok bahasan
· Definisi pijat.
· Indikasi pijat.
· Kontraindikasi pijat.
· Manfaat pijat.
· Tekhnik tekhnik pijat yang efektif untuk mengurangi stres.
F. Sasaran
Lansia binaan dan keluarga lansia.
G. Metode
Metode yang digunakan adalah simulasi.
H. Waktu dan tempat Penyuluhan
a. Hari/ tanggal : Jumat/26 Agustus 2005
b. Waktu : 09.00 – 10.00 WIB
c. Tempat : Rumah Ny. S, Jl. Bajak II H Gg. Coklat II No.51, Medan
I. Media Penyuluhan
- Booklet
- Minyak
- Handuk kecil
J. Pelaksanaan kegiatan
No. | Kegiatan | Penyuluh | Peserta | Waktu |
1. | PEMBUKAAN | - Memberi salam dan perkenalan. - Menjelaskan tujuan, manfaat dan cakupan materi. | - Menjawab salam. - Mendengarkan dan memperhatikan. | 2 menit |
2 | KEGIATAN INTI | - Menjelaskan definisi pijat. - Menjelaskan indikasi pijat. - Menjelaskan kontraindikasi terapi pijat. - Menjelaskan manfaat pijat. - Menjelaskan dan mendemonstrasikan tekhnik pijat pada kepala, punggung, leher dan wajah. - Memberikan kesempatan untuk bertanya jika ada yang kurang jelas. | - Mendengarkan dan memperhatikan. - Memperhatikan dan menyimak. - Mendengarkan dan memperhatikan. - Mendengarkan dan memperhatikan. - Mendengarkan dan memperhatikan. - Bertanya jika ada yang kurang jelas. | 15 menit |
3. | PENUTUP | - Mengevaluasi pengetahuan keluarga binaan dan lansia binaan tentang materi yang disampaikan dengan memberi pertanyaan. - Menyimpulkan materi yang telah disampaikan. - Memberi salam. | - Menjawab pertanyaan - Mendengarkan dan memperhatikan. - Menjawab salam. | 3 menit |
K. Evaluasi
a. Evaluasi Struktur
- Kesiapan mahasiswa memberikan materi penyuluhan
- Media dan alat memadai
- Setting sesuai dengan kegiatan
b. Evaluasi Proses
- Pelaksanaan preplanning sesuai dengan alokasi waktu
- Peserta simulasi mengikuti kegiatan dengan aktif
- Peserta simulasi menanyakan tentang hal-hal yang diajukan oleh penyuluh pada saat evaluasi.
c. Evaluasi Hasil
Peserta mampu menjawab 80% pertanyaan yang diajukan oleh penyuluh pada saat evaluasi.
L. REFERENSI
Kozier, Glenora, Berman, Snyder. (2004). Fundamental of Nursing, Concepts, Process & Practice. New Jersey : Pearson Prentice Hall
htttp://www.massagelondon.org/pages/morebenefits.htm
htttp://www.massagelondon.org/pages/benefit_indepth.htm
htttp://www.massagelondon.org/pages/contraindic.htm
htttp://www.massagelondon.org/pages/neckshoulder.htm
No comments:
Post a Comment